Declan Rice Memiliki Mental Baja yang Dibutuhkan Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 19 Maret 2024
Declan Rice Memiliki Mental Baja yang Dibutuhkan Arsenal
Declan Rice, Kai Havertz, dan Jurrien Timber (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal menghabiskan banyak uang untuk merekrut empat pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Tetapi, transfer yang mereka lakukan tepat sasaran karena mereka mengangkat kualitas tim.

Minus Jurrien Timber yang cedera panjang, Kai Havertz, Declan Rice, dan David Raya memberikan kontribusi signifikan. Arsenal pun bertarung merebutkan titel Premier League dan kini berada di perempat final Liga Champions setelah 14 tahun lamanya.

Di antara mereka, kontribusi Rice paling terlihat sebagai gelandang bertahan. Rice melapis lini belakang sekaligus menjadi gelandang yang mengatur transisi bermain, tetapi tidak itu saja, ia bahkan dapat jadi solusi mencetak gol Arsenal.

Rice, 25 tahun, memiliki kemampuan membaca permainan dan musim ini sudah bermain sebanyak 39 kali di seluruh kompetisi dengan catatan enam gol dan tujuh assists.

Baca Juga:

Dikabarkan Hengkang ke Arsenal, Kylian Mbappe Tertawa

Kylian Mbappe Diisukan Gabung Madrid, Robert Lewandowski: Keren

3 Alasan Real Madrid Tetap Menjadi Magnet untuk Pemain Bintang

Banderol 116 juta euro lebih yang dikeluarkan Arsenal untuk Rice saat direkrut dari West Ham United tidak sia-sia, bahkan relatif murah jika melihat kontribusinya.

Rice masih dapat berkembang pesat dan menurut legenda Arsenal, Gilberto Silva, mantan klubnya bertindak tepat kala merekrutnya. Rice memiliki mentalitas baja yang dibutuhkan Arsenal yang terakhir juara liga pada 2004.

"Saya mendengar banyak pakar mengatakan posisinya telah berubah, tapi saya tidak begitu yakin. Bagi saya, prinsipnya tetap sama," ucap Silva dikutip dari Caughtoffside.

"Saya masih memandang Declan sebagai gelandang bertahan yang melindungi empat bek dan memberikan dukungan kepada pemain depan. Itu adalah pekerjaan yang sama yang diminta untuk saya lakukan."

"Yang terpenting dalam posisi ini adalah passing-nya. Tidak masalah berapa banyak bola yang Anda menangkan kembali jika Anda kehilangan penguasaan bola."

"Jadi, Anda memerlukan sebuah visi: mengetahui bagaimana Anda akan memenangkan bola, lalu apa yang akan Anda lakukan dengannya."

"Declan melakukan ini dengan sangat baik. Dia tidak pernah berjalan mundur atau maju tanpa rencana. Dan secara fisik dia adalah monster, dan yang menakutkan adalah dia masih menaikkan levelnya."

"Saya pikir dia luar biasa untuk Arsenal. Rasanya dia sudah sangat lama mengenal klub dan para pemainnya. Dia beradaptasi begitu cepat sejak bergabung dari West Ham."

"Saya juga yakin dia bisa bermain dengan Thomas Partey atau Jorginho. Saya tahu mereka memainkan peran yang kurang lebih sama, tetapi karena Rice bisa beradaptasi, kemampuan mereka saling melengkapi," urai Silva.

Declan Rice Arsenal Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan