Dari Jerman hingga Inggris, Erick Thohir Pertimbangkan Empat Kandidat Dirtek PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 23 Maret 2024
Dari Jerman hingga Inggris, Erick Thohir Pertimbangkan Empat Kandidat Dirtek PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Empat nama tengah dipertimbangkan mengisi jabatan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku sedang me-review keempat calon tersebut.

Pencarian Dirtek PSSI yang baru masih terus berjalan. Posisi tersebut akan lowong karena PSSI meminta dirtek saat ini, Indra Sjafri, fokus menukangi Timnas Indonesia U-20 yang diberi target lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2025.

"Sudah ada tiga sampai empat nama yang masuk. Saya sedang review siapa yang terbaik," kata Erick Thohir.

Keempat kandidat Dirtek PSSI baru itu semuanya berasal dari Eropa. Salah satunya dari Jerman.

"Ada dari Jerman, ada dari Belanda, ada dari Spanyol. Satu lagi dari Inggris," ujar Erick Thohir.

Erick menjelaskan bahwa proses pencarian Dirtek PSSI terkesan panjang karena posisi tersebut harus diisi orang tepat dan terbaik. Sebab ada tiga tugas besar yang akan diemban oleh dirtek tersebut.

"Nomor satu, bagaimana memastikan para coach yang sudah ada di Indonesia bisa memastikan dengan review secara independen mereka ada tolok ukur atau KPI yang bisa dihasilkan," ucapnya.

Baca Juga:

Erick Thohir Sebut Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Berpeluang Tampil di Kandang Vietnam

5 Pemain Timnas Indonesia Mengalami Demam Jelang Keberangkatan ke Hanoi

Kedua, Erick berharap Dirtek PSSI baru nanti bisa membantu meningkatkan kualitas pelatih-pelatih muda di Tanah Air. Nantinya, ada pelatih muda lokal yang akan jadi asisten bagi dirtek tersebut.

"Bagaimana pelatihan di Indonesia dua tahun ke depan ini harus punya jumlah data pelatih yang tarafnya sudah taraf bagus. Karena salah satu review yang saya dapat dari beberapa pelatih tim yang saya turunkan ke lapangan dari luar negeri mereka melihat standar pelatihan kita harus ditingkatkan," tutur Erick.

Kemudian, yang ketiga, tugasnya adalah bersama-sama dengan Shin Tae-yong (pelatih Timnas Senior dan U-23), Indra Sjafri (Timnas U-20), Nova Arianto (Timnas U-16) dan Satoru Mochizuki (Timnas Putri) menyempurnakan Filanesia, sebagai pedoman untuk para pelatih dan pemain di Indonesia.

"Ya kita bisa mulai menemukan apa sih (filosofi) pemain sepak bola versi Indonesia. Ya memang dulu sudah ada (Filanesia), tapi kembali kan dunia berubah (berkembang), jadi permainannya juga berubah," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.308

Bagikan