Cody Gakpo Ungkap Transformasi Peran dari Winger Menjadi Penyerang Tengah

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 Juni 2023
Cody Gakpo Ungkap Transformasi Peran dari Winger Menjadi Penyerang Tengah
Cody Gakpo (Twitter)

BolaSkor.com - Tahun 2022 menjadi momen ketika penyerang asal Belanda, Cody Gakpo, mencuri perhatian dengan performa apiknya bersama PSV Eindhoven dan timnas Belanda yang berujung transfernya ke Liverpool pada Januari 2023.

Pemain berusia 24 tahun tampil apik pada posisinya sebagai penyerang sayap sebelum bertransformasi jadi penyerang tengah atau false nine. Sebelum pindah ke Liverpool, Gakpo menorehkan 9 gol dan memberikan 12 assists untuk PSV besutan Ruud van Nistelrooy pada musim 2022-2023.

Di Piala Dunia 2022, Gakpo membantu timnas Belanda lolos hingga perempat final sebelum langkah mereka dihentikan Argentina. Pada turnamen itu juga Louis van Gaal menempatkan Gakpo sebagai penyerang tengah, meski posisi terbaiknya ada di posisi sayap.

Gakpo pun menuturkan kepada AD bahwa ia tak ingin bermain sebagai penyerang tengah, tetapi perannya di Piala Dunia 2022 meyakinkannya. Kendati demikian, sosok pertama yang memberikannya saran untuk bermain di posisi itu bukanlah Van Gaal melainkan Guus Hiddink dan Roger Schmidt.

Baca Juga:

Gabung Inter Miami, Lionel Messi Tuturkan Alasan Tinggalkan Sepak Bola di Eropa

Tebus Rp649 Miliar, Liverpool Resmi Dapatkan Alexis Mac Allister

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Rekrutan Baru Liverpool, Alexis Mac Allister

"Hiddink adalah yang pertama (menyebutkan perubahan peran). Dia menghabiskan beberapa waktu di PSV dengan direksi, melihat saya sibuk dan berkata, 'Kamu harus menjadi striker atau false nine, Cody'. Saya tidak ingin memercayainya," tutur Gakpo.

"Dan juga tidak ketika Roger Schmidt mengatakan hal yang sama kemudian di PSV. Saya lebih keras kepala dari sekarang, merasa nyaman di sayap kiri. Tapi di Piala Dunia lalu, saya sudah lebih sentral di lapangan dan di Liverpool bahkan secara permanen pada enam bulan terakhir. Itu bagus."

"Saya hanya lebih bersemangat untuk menjadi lebih baik di tempat itu dalam waktu dekat. Ya, sejauh yang saya ketahui juga dengan Orange," terangnya.

Alhasil, Jurgen Klopp juga memainkan Gakpo di posisi penyerang tengah dan memberinya kebebasan bergerak dalam membangun serangan. Setengah musim bersama Liverpool, Gakpo mencetak tujuh gol dan memberikan tiga assists dari 21 laga Premier League.

"Kami bermain dengan dua pemain sayap yang tetap ada di depan dan seorang striker yang juga bisa menurunkan dirinya untuk berpartisipasi di lini tengah. Klopp melihat saya melakukan itu, katanya setelah kedatangan saya di bulan Januari. Dan sekarang saya juga melakukannya," tambah Gakpo.

"Bersama kami Anda memiliki Mo Salah di depan sayap kanan, dia telah menunjukkannya di level atas selama bertahun-tahun. Saya lebih suka melihatnya sebagai 'pemimpin' dalam serangan kami. Saya tidak berpikir status itu penting. Saya ingin membantu tim tempat saya bermain. Dan saya sekarang menikmati melakukan itu dari posisi ini," pungkasnya.

Cody Gakpo Liverpool Premier League Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan