7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Rekrutan Baru Liverpool, Alexis Mac Allister

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 10 Juni 2023
7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Rekrutan Baru Liverpool, Alexis Mac Allister
Alexis Mac Allister (Twitter)

BolaSkor.com - Pergerakan cepat dilakukan Liverpool jelang bursa transfer musim panas 2023. Berbenah usai dekadensi performa di musim 2022-2023 yang menandakan akhir era dan awal regenerasi skuad, Liverpool langsung merekrut pemain baru.

Guna menambah kekuatan di lini tengah, Liverpool telah sukses mendatangkan gelandang timnas Argentina, Alexis Mac Allister, dari Brighton & Hove Albion. Ia dikontrak jangka panjang dan 'hanya' dibeli sebesar 35 juta poundsterling.

Liverpool dengan jeli melihat klausul pembelian pemain berusia 24 tahun tersebut dan mengaktifkannya. Allister pun senang transfer berakhir dengan cepat, tidak berlarut-larut, hingga ia bisa mengikuti pramusim Liverpool.

Baca Juga:

Gabung Inter Miami, Lionel Messi Tuturkan Alasan Tinggalkan Sepak Bola di Eropa

Tebus Rp649 Miliar, Liverpool Resmi Dapatkan Alexis Mac Allister

Liverpool Gagal Lolos Liga Champions, Mohamed Salah Minta Maaf

“Rasanya luar biasa. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, luar biasa berada di sini dan saya tidak sabar untuk memulai," ujar Mac Allister di laman resmi Liverpool.

"Saya ingin berada (dari) hari pertama pramusim, jadi bagus kalau semuanya sudah selesai. Saya menantikan untuk bertemu dengan rekan satu tim saya."

"Itu (2022-2023) adalah musim yang fantastis bagi saya – Piala Dunia, apa yang kami raih bersama Brighton – tetapi sekarang saatnya untuk memikirkan Liverpool dan mencoba menjadi pemain yang lebih baik dan manusia yang lebih baik setiap hari."

Dikutip dari laman resmi Liverpool, berikut 9 hal yang perlu Anda ketahui mengenai Alexis Mac Allister:

1. Peran Penting di Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022

Pasca absen bermain di laga pembuka grup lawan Arab Saudi, Mac Allister tak pernah lagi absen di sisa laga pada susunan awal pemain. Ia bahkan mencetak gol krusial ke gawang Polandia untuk menyegel tempat di 16 besar.

Mac Allister juga memberikan assist pada laga final melawan Prancis, berkontribusi besar dalam kesuksesan Argentina mengakhiri penantian panjang trofi Piala Dunia.

"Di atas lapangan, menjuarai Piala Dunia membuat saya menjadi pemain yang lebih percaya diri. Bahkan lawan melihat Anda secara berbeda. Ini luar biasa. Anda lebih dikenal saat bermain dan orang-orang memberi Anda lebih banyak perhatian," tutur Mac Allister kepada Daily Mail.

2. Nominasi Pemain Muda Terbaik Premier League 2022-2023

Pada musim 2022-2023 dengan Brighton, Mac Allister bermain 35 kali dengan keterlibatan 12 gol (10 gol dan 2 assists). Ia adalah pemain kunci yang membantu Brighton ikut turnamen antarklub Eropa musim depan, untuk kali pertama dalam sejarah.

Mac Allister pergi dari Brighton dengan total 112 laga di seluruh kompetisi, mencetak 20 gol dan memberikan 9 assists pasca direkrut dari Argentinos Juniors pada 2019.

3. Pemain Serba Bisa

Mac Allister bermain di banyak peran berbeda untuk klub dan juga negaranya sejauh ini. Ia sudah memperlihatkan dapat bermain pada posisi jangkar (gelandang bertahan), dengan kemampuan bertahan, kedisiplinan, di Brighton kala dilatih Graham Potter.

Perannya berevolusi dengan Roberto De Zerbi dan Allister jadi lebih aktif juga membantu serangan, mencetak gol, selain dengan tugas bertahan - seperti di timnas Argentina. "Alexis dapat bermain di mana pun dalam pertandingan," papar De Zerbi.

4. Garis Keturunan Republik Irlandia

Untuk ukuran nama Argentina, Alexis Mac Allister, tidak seperti kebanyakan nama dari negara Amerika Selatan tersebut. Faktanya, Mac Allister memang memiliki keturunan Eropa, lebih tepatnya Republik Irlandia.

Lahir di Santa Rosa, garis keturunan keluarga Mac Allister dapat dilacak jauh dari Republik Irlandia.

"Menurut keluarga kami, kami datang dari Irlandia, bukan Skotlandia," kata ayah Mac Allister, Carlos kepada The Athletic pada Juli 2020.

"Kami datang ke Argentina, ke tempat bernama Pergamino, tapi itu tiga atau empat generasi yang lalu, dan kemudian saya ayah dan ibu menikah dan pindah ke tempat yang berbeda – Santa Rosa di Provinsi La Pampa, tempat kelahiran Alexis."

5. Keluarga Sepak Bola

Darah atlet atau sepak bola sudah ada dalam keluarga Mac Allister. Bak istilah apel tidak jatuh jauh dari pohon, ayahnya, Carlos merupakan mantan rekan setim Diego Maradona (legenda Argentina) di Boca Juniors dan timnas Argentina.

Sementara dua kakak tertua Mac Allister, Kevin dan Francis, saat ini membela Argentinos Juniors dan Rosario Central. Tiga bersaudara itu pernah bermain bersama di Argentinos Juniors.

6. Perjalanan Sepak Bola Dimulai dari Akademi Top

Pada usia lima tahun, Mac Allister gabung Club Social Parque, akademi sepak bola yang terkenal di Buenos Aires, Argentina. Maradona, Carlos Tevez, Esteban Cambiasso, hingga Juan Roman Riquelme alumni terkenal dari akademi tersebut.

"Saya masih kecil tetapi saya belajar banyak. Kami berlatih dua kali seminggu dan mereka memberi kami kecintaan pada sepak bola."
Dari sana, Mac Allister bergabung dengan tim muda Argentinos Juniors dan kemudian promosi ke tim utama. Sisanya? Cerita yang membawanya ke Brighton, Argentina, dan terkenal.

7. Pemain Argentina Ketujuh untuk Liverpool

Pemain asal Argentina bukan hal yang baru untuk Liverpool. Klub Merseyside itu sudah pernah diperkuat enam pemain dari Argentina dan kini Mac Allister jadi pemain ketujuh.

Keenam pemain itu adalah axi Rodriguez, Javier Mascherano, Emiliano Insua, Mauricio Pellegrino, Gabriel Paletta, dan Sebastian Leto. Kebanyakan di antara mereka direkrut ketika tim dilatih Rafael Benitez.

Liverpool Alexis Mac Allister Trivia Sepak Bola Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan