Buntut Insiden di Patriot, PSSI Ingin Jakmania dan Viking Rekonsiliasi Sampai Akar Rumput

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 04 September 2023
Buntut Insiden di Patriot, PSSI Ingin Jakmania dan Viking Rekonsiliasi Sampai Akar Rumput
Arya Sinulingga. (PSSI)

BolaSkor.com - Laga pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persija Jakarta dan Persib Bandung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9), menyisakan cerita memilukan. Terjadi beberapa insiden di dalam dan di luar stadion.

Di dalam stadion, terjadi pemukulan terhadap beberapa orang yang diduga sebagai pendukung Persib. Beruntung, para Korlap Jakmania serta suporter lain sigap dalam mengamankan para 'penyusup' itu sehingga keributan tidak meluas dan tidak sampai memakan korban jiwa. Kemudian di luar area stadion juga sempat terjadi keributan antarpendukung Persija.

Insiden-insiden itu bahkan membuat kepulangan tim Persija dan Persib dari stadion menjadi sedikit terlambat. Kepolisian bersama Pengurus Pusat (PP) The Jakmania menunggu sampai situasi kondusif.

Baca Juga:

Presiden Persija Siap Dievaluasi atas Hasil Buruk dalam 5 Laga Beruntun

Arti Selebrasi Emosional David da Silva Usai Selamatkan Persib dari Kekalahan Kontra Persija

Ketua Komite Ad-hoc bagian suporter PSSI, Arya Sinulingga, menyayangkan insiden yang terjadi di laga Persija kontra Persib. Arya berharap segera ada rekonsiliasi di antara kedua suporter sampai ke akar rumput.

"Sejak tadi pagi kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Viking Persib dan Bomber Persib serta Jakmania. Kami sudah koordinasi, sudah meminta supaya dilakukan secepatnya pertemuan dan rekonsiliasi sampai level akar rumput khususnya apalagi di daerah perbatasan antara teman-teman di Persib (Bobotoh) dan teman-teman di Persija (Jakmania)," kata Arya Sinulingga dalam keterangan resminya yang diterima awak media.

"Karena kita percaya teman-teman di elitenya suporter itu mereka oke, bahkan tadi malam (Jumat malam) sebelum pertandingan, Diky (Soemarno, Ketum Jakmania) dengan Tobi (Tobias Ginanjar, Ketua Viking) melakukan IG (Instagram) live bersama-sama, tapi ternyata di bawah (akar rumput) sudah juga jadi kejadian seperti kemarin," tambahnya.

Hubungan antara Jakmania dan Viking sebetulnya sudah mulai mencair, terutama di level antarpengurus. Bahkan, di beberapa daerah, kedua kelompok suporter sudah saling bersilaturahmi.

"Jadi saya sudah dorong mereka untuk lakukan pertemuan, tidak hanya pertemuan di level atas (pengurus), tapi sampai level akar rumput di bawah supaya ada rekonsiliasi dan tidak merembet ke depannya dan tidak ada lagi dendam. Kita coba ini mendamaikan sampai level bawah. Ini yang kita lakukan dengan mendorong teman-teman dari Viking dan teman-teman dari Bomber dan teman-teman dari Jakmania," ucap Arya yang juga menjabat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Laga antara Persija dan Persib sendiri berakhir dengan skor 1-1. Persija mencetak gol terlebih dulu lewat Marko Simic pada menit 14, sebelum disamakan oleh David da Silva di menit ke-85.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Persija jakarta Persib Bandung The jakmania Viking Viking Persib Club (VPC) Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan