Bintang Laga Inggris Vs Senegal: Phil Foden, Kreator Serangan The Three Lions

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Desember 2022
Bintang Laga Inggris Vs Senegal: Phil Foden, Kreator Serangan The Three Lions
Phil Foden (Twitter)

BolaSkor.com - Performa bintang lima diperlihatkan timnas Inggris kala menghadapi juara Piala Afrika, timnas Senegal, di 16 besar Piala Dunia 2022 yang dimainkan di Al Bayt Stadium, Senin (05/12) dini hari WIB.

The Three Lions menunjukkan superioritas mereka saat melawan Senegal arahan Aliou Cisse dan laga pun berjalan bak David vs Goliath. Goliath, dalam hal ini Inggris, dominan hingga David (Senegal) pun tak berdaya.

Meski sempat mengejutkan pertahanan Inggris di awal laga, Senegal justru tertinggal di menit 38 ketika tak mampu membendung serangan yang dibangun di sisi kanan, berujung assist dari Jude Bellingham kepada Jordan Henderson.

Jelang turun minum keunggulan Inggris bertambah melalui serangan balik. Phil Foden mengawali serangan balik sebelum memberikan assist untuk gol pertama Harry Kane di Piala Dunia 2022. Inggris sudah unggul 2-0 di babak pertama.

Baca Juga:

Prancis 3-1 Polandia: Kylian Mbappe Gendong Les Bleus ke Perempat Final

Inggris 3-0 Senegal: The Three Lions Tantang Prancis di Perempat Final

Daftar Top Skorer Sementara Piala Dunia 2022: Mbappe, Rashford, dan Morata Saling Sikut

Cisse melakukan sejumlah pergantian pemain di awal babak kedua tetapi itu tidak berarti banyak. Inggris tetap dominan hingga gol pembunuh laga tercipta di menit 57 melalui gol yang dicetak Bukayo Saka, assist dari Phil Foden.

Inggris pun lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 dan menantang timnas Prancis, juara bertahan, yang mengalahkan Polandia di 16 besar dengan skor 3-1. Laga itu akan dihelat di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) pukul 02.00 dini hari WIB.

Bintang Laga

Inggris dominan dengan 62 persen penguasaan bola, delapan tendangan, empat tepat sasaran, berbanding satu tendangan tepat sasaran Senegal dari 10 percobaan dan penguasaan bola 38 persen.

Senegal memiliki pemain-pemain yang berkarier di Inggris tetapi tak berdaya menghadapi kualitas dan kedalaman skuad Inggris. Satu pemain juga tampil menonjol di pertandingan tersebut dan layak jadi Bintang Laga alias Man of the Match.

Dia adalah pemain berusia 22 tahun Phil Foden. Pemain Manchester City menjadi kreator serangan Inggris dengan visi bermainnya yang berbuah dua assists, untuk gol Kane dan Saka. Pertahanan Senegal dibuat kesulitan dengan pergerakannya.

Dari catatan Sofascore Foden bermain selama 65 menit dengan 40 sentuhan bola, dua assists, dua kali menciptakan peluang besar, melepaskan tiga operan kunci, akurasi operan 25 dari 31, sekali sukses mendribel lawan, memenangi tiga duel perebutan bola dari enam percobaan.

Foden pun menjadi pemain termuda dengan rekor dua assists di Piala Dunia dalam satu laga sejak Ronaldo melakukannya bersama Brasil pada 1998.

Phil Foden Bintang Laga Piala Dunia 2022 Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Inggris Timnas Inggris Senegal Timnas Senegal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.103

Bagikan