Berencana Gelar Liga, ASBWI Berharap Perhatian Ketum PSSI Baru

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 10 Februari 2023
Berencana Gelar Liga, ASBWI Berharap Perhatian Ketum PSSI Baru
Liga 1 Putri. (Twitter Persija)

BolaSkor.com - Sepak bola putri Indonesia membutuhkan perhatian yang lebih besar. Para pemain sepak bola putri membutuhkan kompetisi berjenjang, butuh liga yang bergulir secara baik, agar bisa membawa Merah Putih terbang tinggi.

Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menilai keberhasilan lolos ke Piala Asia Wanita 2022 lalu layak menjadi pertimbangan adanya perhatian yang lebih besar dari PSSI. Maklum, selama ini publik menilai PSSI tak serius dalam membina pesepak bola putri Indonesia.

“Sekarang kita sedang berdiskusi juga dengan PSSI bagaimana (masa depan kompetisi sepak bola wanita). Tapi kita terus mendorong untuk lahirnya Liga 1 sepak bola putri,” kata Monica Desideria, wakil ketua umum ASBWI, menjawab BolaSkor.com ketika ditemui SMA Labschool Unesa 1, Surabaya.

“Nanti caranya bagaimana, apakah kita dilibatkan ataukah PSSI yang menjalankan, tidak masalah buat kami. Tetapi kita adalah pendobrak penggerak mungkin kita tuh PSSI lebih strategis kita di lapangan,” tambahnya.

Baca Juga:

Seto Nurdiyantoro Tak Puas dengan Permainan PSS meski Kalahkan Persik, Mengapa?

Terungkap, Ini Alasan Fabio Lefundes Sempat Ingin Mundur dari Madura United


PSSI sebenarnya sudah memutar kompetisi sepak bola khusus wanita, yakni Liga 1 Putri yang musim perdananya dimulai pada 2019. Akan tetapi, kompetisi musim 2020 dan 2021 ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Komite Eksekutif ASBWI, Zulkarnaen mengatakan pihaknya telah memiliki gagasan untuk menggulirkan kompetisi sepak bola wanita. Menurutnya, peserta di liga sepak bola wanita nantinya tidak perlu sama dengan peserta seperti di Liga 1 putra.

Monica Desideria, wakil ketua umum ASBWI bersama Komite Eksekutif ASBWI, Zulkarnaen. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

“Kalau yang ke depan ada pemikiran liga sepak bola putri itu berbeda dengan tahun sebelumnya. Tidak ketergantungan terhadap tim Liga 1 putra, kalau andai tim Liga 1 putra degradasi sementara tim Liga 1 putrinya masuk top three itu bakal jadi kendala seperti tahun lalu. Nah itu diharapkan ada solusinya ada berbeda dengan yang sebelumnya. Tetapi tentu ini melalui diskusi yang intens dengan PSSI,” bebernya.

“Setelah kongres (Kongres Luar Biasa PSSI) ini kita sebenarnya sudah punya agenda yang namanya piala Pertiwi dan ASBWI Cup. Sebenarnya gelaran itu sebelum kongres, tapi berbagai peristiwa sepakbola yang terjadi (membuat) kita harus reschedule. Insya Allah bisa jalan. Mohon dukungannya,” tambah Zulkarnaen.

Di sisi lain, ASBWI resmi mencalonkan Monica Desideria untuk maju sebagai Komite Eksekutif PSSI periode 2023-2027. Bersama dengan Zulkarnaen. PSSI akan menggelar KLB PSSI pada 16 Februari mendatang.

Sebagai informasi, ASBWI merupakan anggota resmi PSSI sejak awal berdiri yaitu pada 7 Desember 2017. ASBWI telah menggelar berbagai event sepak bola wanita.

Mulai dari Piala Pertiwi, Piala Gubernur DKI Jakarta 2022, hingga Workshop Career and Coaching Clinic dan Festival U-12 Sepak Bola Putri yang telah digelar di berbagai kota di Indonesia. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Liga 1 Putri Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan