Bentuk Tanggung Jawab, Jakmania Bantu Persija Bayar Denda dari Komdis PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 05 Agustus 2023
Bentuk Tanggung Jawab, Jakmania Bantu Persija Bayar Denda dari Komdis PSSI
Sekum Jakmania Muhammad Aditya Putra menyerahkan surat permohonan terhadap manajemen Persija yang diwakili Bung Ferry. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pengurus Pusat (PP) The Jakmania memutuskan untuk bertanggung jawab terhadap sanksi yang dijatuhkan Komite Disiplin (Komdis) PSSI terhadap tim kesayangannya, Persija Jakarta.

Berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI pada 2 Agustus 2023, panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persija didenda Rp25 juta karena dinilai gagal mengantisipasi kehadiran suporter tamu saat Persija menjamu Persebaya Surabaya pada pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/7).

Pihak The Jakmania melalui Sekretaris Umum (Sekum) Muhammad Aditya Putra kemudian mendatangi kantor Persija di Rasuna Office Park, Jakarta Selatan. Kedatangan lelaki yang juga fans Manchester United itu untuk menyerahkan dana sebesar Rp25 juta sekaligus menyampaikan permintaan maaf secara lisan maupun tertulis kepada manajemen yang diwakili oleh Ferry Indrasjarief selaku Manajer Fans Engagement Persija.

"Kami Pengurus Pusat the Jakmania memohon maaf sebesar-besarnya kepada Persija karena tingkah laku anggota kami yang masih belum dapat mematuhi regulasi pada pertandingan Persija vs Persebaya kemarin sehingga Persija harus terkena sanksi."

"Sebagai bentuk pertanggung jawaban, kami akan membayar sanksi tersebut yang kami ambil dari uang kas organisasi the Jakmania. Kami pun memohon maaf kepada Polda Metro Jaya karena adanya komitmen yang dilanggar oleh kami. Semoga kejadian kemarin tidak menghilangkan kepercayaan para stakeholder sepak bola Jakarta kepada the Jakmania dan Persija,” bunyi isi surat Jakmania kepada Persija.

Baca Juga:

Puas Menang atas PSS, Thomas Doll Bangga dengan Para Pemain Persija

Menang di Kandang PSS, Persija ke Puncak Klasemen

Dalam surat itu, The Jakmania menyatakan sudah melakukan tindakan preventif dengan mengimbau kepada Bonek maupun Bonita untuk tidak hadir di Jakarta sebagai bentuk kecintaan terhadap klub masing-masing. Diketahui, Persebaya juga dijatuhi denda Rp25 juta karena hal ini.

"Sayangnya rasa ingin bertemu dan silaturahmi tidak bisa menahan itu. Kami sangat menyanyangkan hal tersebut yang berimbas kepada kerugian klub yang kita cintai,” isi lanjutan surat tersebut.

Sementara itu, Ferry Indrasjarief yang mewakili manajemen Persija mengapresiasi bentuk tanggung jawab yang dilakukan Jakmania. Namun, di sisi lain, Bung Ferry -sapaan akrab Ferry Indrasjarief- berharap ke depannya para pemangku kepentingan, seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), dan kepolisian bisa mengevaluasi regulasi larangan kehadiran suporter tamu di setiap pertandingan.

"Kami apresiasi pemberian Jakmania. Denda itu sebenarnya ditujukan ke Persija, tapi Jakmania merasa bertanggung jawab karena masuknya Bonek di pertandingan kemarin dengan fasilitas tiket ekonomi yang notabene sudah diserahkan kepada Jakmania,” ujar Bung Ferry.

"Tapi ada hal positif di laga kemarin (vs Persebaya). Setelah sekian lama akhirnya Bonek bisa menonton di SUGBK dengan berdampingan bersama Jakmania. Hal ini hanya pelanggaran regulasi. Tak ada kerusuhan atau pelemparan-pelemparan."

"Terima kasih Jakmania atas bantuan ini. Ke depanya sama-sama menjaga aturan yang telah ditetapkan. Untuk para pemangku kebijakan, kehadiran Bonek yang bisa berdampingan dengan Jakmania ini semoga bisa menjadi evaluasi. Semoga suporter bisa berdampingan seperti dulu,” pungkas Bung Ferry yang merupakan salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum The Jakmania.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Persija jakarta Persebaya surabaya The jakmania Bonek Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan