Piala Asia U-23 2024

Benang Merah Ernando Ari dengan Emiliano Martinez: Tengil, Doyan Joget, dan Jago Tepis Penalti

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 26 April 2024
Benang Merah Ernando Ari dengan Emiliano Martinez: Tengil, Doyan Joget, dan Jago Tepis Penalti
Ernando Ari (PSSI)

BolaSkor.com - Penjaga gawang Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi, menunjukkan tajinya ketika bersua Korea Selatan U-23 pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024, di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4) dini hari WIB. Ia tampil apik di bawah mistar gawang Indonesia. Aksinya mengingatkan kepada kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez.

Timnas Indonesia U-23 menghadapi laga penting melawan Korea Selatan U-23. Pemenang duel tersebut akan melaju ke semifinal Piala Asia U-23 dan satu langkah lebih dekat ke Olimpiade 2024 Paris.

Pertandingan berlangsung menarik. Dua gol Indonesia yang dicetak Rafael Struick (15', 45+3') dibalas oleh gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45 dan aksi Jeong Sang-bin pada menit ke-84.

Baca Juga:

Deretan Keputusan Wasit Shaun Evans yang Menguntungkan Timnas Indonesia U-23

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Tanding Hari Senin (29/4)

Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Tembus Semifinal, Erick Thohir Bangga Sejarah Tercipta

Karena tidak ada pemenang pada waktu normal, duel pun dilanjutkan ke babak tambahan. Namun, pada babak tersebut kedua tim juga gagal mencetak gol. Walhasil, penentuannya adalah adu tendangan penalti.

Pada fase itulah Ernando Ari tampil sebagai pahlawan. Ia menepis dua tembakan pemain Korea Selatan, yakni Kang Sang-yoon dan Kang-Hee Lee. Sementara itu, dari kubu Indonesia, hanya Arkhan Fikri yang gagal mencetak gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 11-10 untuk kemenangan Indonesia.

Menariknya, Ernando tidak diam saja usai berhasil menepis tendangan penalti pemain Korea Selatan. Ia langsung berjoget di dekat aksekutor penalti tersebut.

Hal itu mengingatkan dengan apa yang dilakukan Emiliano Martinez pada final Piala Dunia 2022 menghadapi Prancis. Martinez yang juga menepis tendangan penalti lawan melakukan selebrasi dengan berjoget.

Pada Juni 2023, Ernando pernah berhadapan langsung dengan Emiliano Martinez. Ketika itu, Timnas Indonesia menggelar laga persahabatan melawan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno. Timnas Garuda keok dengan skor 2-0 dari sang juara dunia.

Usai pertandingan, Ernando mendapatkan jersei dari Emiliano Martinez. Ernando merasa bahagia dan berharap bisa mengikuti jejak penjaga gawang Aston Villa tersebut.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Terima kasih untuk jerseinya. Ini adalah sebuah pengalaman untuk bertanding melawan juara Piala Dunia. Saya berharap suatu hari nanti bisa menyamai level Anda. Sukses selalu Emiliano Martinez," tulis Ernando di media sosialnya ketika itu sembari memamerkan jersei yang didapat dari Emiliano.

Selebrasi berjoget yang dilakukan Ernando bukanlah cara untuk menganggap remeh lawan. Namun, itu bisa jadi jalan untuk menjatuhkan mental lawan, seperti yang dulu dilakukan Emiliano Martinez.

Ernando Ari Sutaryadi
Ernando mendapat jersey Emiliano Martinez. (Instagram Ernando)

Ernando Ari Sutaryadi Emiliano Martinez Piala Asia U-23 2024 Timnas indonesia u-23
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.580

Bagikan