Piala Asia U-23 2024

Deretan Keputusan Wasit Shaun Evans yang Menguntungkan Timnas Indonesia U-23

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 26 April 2024
Deretan Keputusan Wasit Shaun Evans yang Menguntungkan Timnas Indonesia U-23
Shaun Evans (x)

BolaSkor.com - Wasit asal Australia, Shaun Evans, menjadi pengadil dalam duel Timnas Indonesia U-23 melawan Korea Selatan U-23 pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullan bin Khalifa, Jumat (26/4) dini hari WIB. Shaun Evans tercatat mengambil keputusan yang menguntungkan untuk Garuda Muda.

Sebelum pertandingan, sudah ada kekhawatiran akan kepemimpinan wasit Shaun Evans. Sebab, ia pernah memimpin laga Timnas Indonesia dan menghasilkan beberapa keputusan kontroversial. Satu di antaranya adalah dua tendangan penalti untuk Uni Emirates Arab.

Selain itu, Shaun Evans juga jadi buah bibir atas kepemimpinannya pada duel Persija melawan Persib yang dilangsungkan hampir tujuh tahun lalu.

Baca Juga:

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Tanding Hari Senin (29/4)

Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Tembus Semifinal, Erick Thohir Bangga Sejarah Tercipta

Hasil Piala Asia U-23 2024: Lolos Semifinal, Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan Lewat Adu Penalti

Namun, kekhawatiran itu tidak terbukti. Shaun Evans memimpin pertandingan dengan baik dan mengambil sejumlah keputusan yang menguntungkan Timnas Indonesia U-23.

Pertama, ia menganulir gol Korea Selatan U-23 pada menit ke-8. Evans mengeluarkan keputusan tersebut setelah melihat VAR. Sebab, sebelum Lee Kang-hee mendulang gol, ada pemain Korea Selatan U-23 yang berada dalam posisi offside.

Keputusan lainnya adalah kartu merah yang diterima Lee Young-jun pada menit ke-70. Evans tidak ragu memberikan kartu merah usai melihat rekaman ulang Lee Young-jun menginjak kaki Justin Hubner.

Tidak hanya pemain, Evans juga memberikan kartu merah kepada pelatih timnas Korea Selatan U-23, Hwang Sun-hong. Penyebabnya adalah protes terlalu keras yang dilakukan sang juru taktik.

Tidak berhenti sampai di situ, kepemimpinan Evans yang tegas pada laga kali ini juga menyasar disiplin dalam menerapkan waktu.

Indonesia U-23 Vs Korsel U-23 (PSSI)

Ia membatalkan tendangan bebas Korea Selatan U-23 yang berada di posisi berbahaya pada babak tambahan kedua. Menurut Evans, waktu pertandingan sudah habis dan laga dilanjutkan ke adu tendangan penalti.

Puncaknya tersaji pada babak tos-tosan. Sekali lagi keputusan tepat Evans memberikan keuntungan untuk Indonesia.

Cerita bermula dari Justin Hubner yang menjadi penendang kelima Timnas Indonesia U-23. Jika tidak masuk, Korea Selatan yang melaju ke semifinal.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Apa yang ditakutkan terjadi. Tendangannya berhasil ditepis Baek Jong-bum. Para pemain Korea Selatan pun berlarian ke dalam lapangan untuk melakukan selebrasi.

Namun, Evans memutuskan penalti tersebut harus diulang. Sebab, kaki penjaga gawang Korea Selatan tidak menyentuh garis ketika bola ditendang Hubner.

Untungnya, Hubner tidak membuang peluang pada kesempatan kedua. Penalti pun berlanjut hingga akhirnya Timnas Indonesia U-23 menang 11-10.

Timnas indonesia u-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News Shaun Evans
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.580

Bagikan