Belanda 3-1 Amerika Serikat: De Oranje Pesan Tempat di Perempat Final

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 04 Desember 2022
Belanda 3-1 Amerika Serikat: De Oranje Pesan Tempat di  Perempat Final
Selebrasi timnas Belanda (twitter/fifaworldcup)

BolaSkor.com - Belanda menjadi perempat finalis pertama Piala Dunia 2022. Tiket diraih De Oranje setelah mengalahkan Amerika Serikat (AS) 3-1 pada pertandingan 16 Besar di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12) malam WIB.

Belanda unggul lewat gol Memphis Depay dan Daley Blind di babak pertama. AS memperkecil skor lewat Haji Wright, sebelum gol Denzel Dumfries memastikan kemenangan Belanda.

Di awal laga AS sempat mengejutkan Belanda. Pada menit ketiga Christian Pulisic lolos dari perangkap offside. Namun meski tinggal berhadapan dengan kiper, bola sepakan Pulisic dari jarak dekat bisa diblok Andries Noppert memakai kainya.

AS terus menekan dan menyulitkan Belanda di menit-menit awal. Tetapi, justru Belanda yang menjadi tim pertama pencetak gol. Adalah Memphis Depay yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-10.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup H Piala Dunia 2022: Dampingi Portugal, Korsel Lolos Dramatis ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Penjelasan di Balik Gestur Kontroversial Cristiano Ronaldo

Tampil Bagus dengan Timnas Inggris, Karier Harry Maguire Bisa Bangkit di Manchester United

Depay mengakhiri bangun serangan cepat Bealnda yang diawali kerja sama Cody Gakpo dengan Denzel Dumfries. Depay menyambut umpan Dumfries dengan kaki kanannya dan mengirim bola ke dalam gawang AS.

Setelah gol pertama, Belanda bermain lebih nyaman. Belanda seakan sengaja membiarkan AS menguasai bola dan mencoba menyerang balik seperti yang terjadi di menit ke-21.

Umpan panjang Virgil van Dijk menemui Memphis di sisi kanan, yang kemudian menusuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan ke tiang jauh, tapi bola masih melebar.

AS mendapatkannya peluang di menit ke-42. Tim Weah mendapat bola di kotak penalti dari serangan di sisi kanan, tapi bola sepakannya dibendung Noppert.

Di perngujung babak pertama Belanda menggandakan skor lewat Daley Blind. Blind dengan tenang meneruskan bola umpan tarik Dumfries dari sisi kanan.

Di babak kedua AS membuat peluang setelah sundulan Weston McKennie memaksa Noppert terbang untuk menepis bola. Noppert kembali membendung bola rebound yang disambar Tim Ream.

Pada menit ke-61, kiper AS Matt Turner harus terbang untuk menepis bola tandukan dari Memphis.

Turner kembali beraksi dengan membuat dua penyelamatan beruntun pada menit ke-72 saat mengadang bola sepakan jarak jauh Koopmeiners. Lalu, Turner dengan cepat menghalau bola rebound yang disambar Memphis.

Pada menit ke-76, AS memperkecil skor. Umpan silang dari sisi kanan menemui Haji Wright di tiang dekat. Meski dikawal ketat Van Dijk Wright masih bisa menyontek bola melambung melambung ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Noppert dan Dumfries.

Setelah membuat dua assist, Dumfries akhirnya ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-81.

Dumfries menyambut umpan silang Blind dengan kaki kirinya dan menjebol jala Turner sekaligus mengubah skor jadi 3-1. Belanda mempertahankan keunggulan itu hingga akhir laga dan berhak lolos ke babak delapan besar.


Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon, Daley Blind; Davy Klaassen; Memphis Depay, Cody Gakpo

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson; Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie; Timothy Weah, Jesus Ferreira, Christian Pulisic

Piala Dunia Piala dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan