Batal Main di Piala Dunia U-17, Proses Naturalisasi Chow Yun Damanik Dilanjut

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 31 Oktober 2023
Batal Main di Piala Dunia U-17, Proses Naturalisasi Chow Yun Damanik Dilanjut
Aksi Chow Yun Damanik. (Instagram Yun Damanik)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memastikan proses naturalisasi Chow Yun Damanik tetap dilanjutkan, meski sang pemain batal membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Sebelumnya, Chow Yun Damanik batal membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Pasalnya, status sang ibu yang bukan lagi menjadi WNI, membuat proses naturalisasi pemain berumur 16 tahun itu harus memakan waktu.

Proses naturalisasi Chow Yun Damanik tak dapat selesai saat deadline penyerahan skuad final Timnas Indonesia U-17 2023.

Meski begitu, proses naturalisasi Chow Yun Damanik tetap dilanjutkan. PSSI melihat potensi Chow Yun Damanik yang bagus untuk masa depan Timnas Indonesia.

"Kalau nunggu semua (dokumen) beres baru di trial, kita enggak akan ketemu-ketemu pemain terbaik berdarah Indonesia. Kalau enggak bisa sekarang nanti kan bisa. (Tetap dilanjut proses naturalisasinya) yes," kata Arya Sinulingga.

Baca Juga:

PSSI Beri Penjelasan soal Batalnya Chow Yun Damanik Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17

Chow Yun Damanik Batal, Timnas Indonesia U-17 Hanya Diperkuat Dua Pemain Diaspora di Piala Dunia

Chow Yun Damanik merupakan pemain keturunan Indonesia berkewarganegaraan Swiss. Sang ayah merupakan Warga Negara Pantai Gading, sedangkan sang ibu yang tadinya Warga Negara Indonesia (WNI) berpindah jadi Warga Negara Swiss.

Chow Yun Damanik sudah bergabung di Timnas Indonesia U-17 sejak mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jerman pada 18 September sampai 23 Oktober kemarin. Selama di Jerman, pemain berusia 16 tahun itu berhasil menyumbang satu gol.

Gol tercipta saat pemain kekahiran 24 Agustus 2007 tersebut membela Skuad Garuda Muda ketika kalah 2-3 dari FC Koln U-17, dalam uji coba yang digelar di RheinEnergie Sportpark, Koln, Jerman, Jumat (20/10) malam WIB.

Saat ini, Timnas Indonesia U-17 sedang berlatih di Jakarta hingga 3 November mendatang, sebelum bertolak ke Surabaya.

Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia dari 10 November sampai 2 Desember mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Seluruh laga Grup A dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Timnas Indonesia U-17 menjalani laga perdana menghadapi Ekuador pada 10 November.

Adapun tiga venue lainnya untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (JIS, Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo).

Pssi Arya Sinulingga Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.097

Bagikan