Arema FC Batal Merekrut Andre Zanga, Mengapa?

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 15 Juni 2023
Arema FC Batal Merekrut Andre Zanga, Mengapa?
Andre Zanga (kanan). (Istimewa)

BolaSkor.com - Arema FC memilih keputusan krusial di tengah upaya untuk membangun kekuatan pada kompetisi Liga 1 2023/2024 nanti. Rencana untuk menambah satu pemain asing lagi di posisi lini tengah, nyatanya harus dibatalkan.

Situasi itu terjadi kepada Andre Ulrich Zanga, yang digadang-gadang segera resmi menjadi pemain asing ke-4 Tim Singo Edan musim ini. Namun, gelandang bertahan asal Kamerun itu batal direkrut karena gagal dalam tes medis.

Eks pemain LA Galaxy II di kompetisi kasta kedua Amerika Serikat periode 2018-2019 itu sudah datang di Malang, akhir pekan lalu. Menurut rencana, ia akan segera diperkenalkan ke awak pers begitu hasil tes medisnya dinilai memuaskan.

"Kami batal merekrut Andre Zanga, karena tidak lolos dalam tes medis. Kami percaya penuh kepada tim medis dan ada penilaian Andre Zanga tidak memungkinkan bisa menjalani satu musim kompetisi musim ini secara normal," kata Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Baca Juga:

Ganti Nomor di Arema FC, Evan Dimas Ingin Kembali ke Performa Terbaik

Kushedya Hari Yudo Tak Masuk Skuat Kompetisi Musim Depan, Didepak Arema FC?

Tes medis memang bertujuan diantaranya untuk mengetahui 2 hal, terkait kondisi terbaru pemain maupun riwayat cederanya. Situasi serupa juga sudah dijalani oleh 3 pemain asing Arema FC yang datang sebelumnya.

Meski demikian, pihak klub menilai situasi ini sudah menjadi resiko dalam perekrutan pemain asing. Yang jelas, Arema FC sudah mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah dalam upaya mendatangkan Andre Zanga.

"Tidak masalah meski rugi, mulai pengurusan administrasi, tiket penerbangan (Kemarun ke Indonesia) dan lainnya. Yang penting, ini kebaikan untuk semua pihak. Daripada memaksa untuk merekrut tapi kondisinya demikian, bisa rugi lebih besar," tandas Wiebie.

Keputusan ini lantas membuat Arema FC dipastikan kembali mengubah komposisi pemain asing untuk kompetisi musim ini. Sejauh ini, tim peraih juara Piala Presiden 2017, 2019 dan 2022 sudah berkekuatan 3 pemain asing, yaitu Gustavo Almeida (Brasil), Ichaka Diarra (Mali), dan Charles Lokoli Ngoy (Australia). (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.118

Bagikan