APPI Sebut 5 Klub Liga 1 Tunggak Gaji Pemain

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 02 November 2023
APPI Sebut 5 Klub Liga 1 Tunggak Gaji Pemain
Ilustrasi Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - Permasalahan tunggakan gaji terhadap pemain kembali terjadi di Liga 1 2023/2024. Berdasarkan keterangan dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia atau APPI, ada lima klub Liga 1 yang menunggak gaji para pemainnya.

Meski demikian, CEO APPI, M Hardika Aji menjelaskan bahwa belum ada laporan resmi dari para pemain klub-klub tersebut. Mereka, kata Aji, baru sebatas melakukan komunikasi dengan APPI.

"Jumlahnya (tunggakan) berapa, ya cukup lumayan, artinya enggak banyak banget. Cuma, dibanding tahun lalu di tengah musim ini lebih banyak untuk yang tunggakan gaji. Ada laporan, tapi bukan laporan untuk memberikan kuasa ke APPI bertindak. Lebih kepada informasi dan bagaimana untuk mensiasati agar terjadi win-win solution," kata Aji.

"Sekitar 5 atau lebih," jawab Aji saat ditanya jumlah klub Liga 1 yang menunggak gaji pemain-pemainnya.

Aji menjelaskan, nominal gaji yang ditunggak oleh klub-klub itu bervariatif.

"Bahkan, di dalam satu tim itu berbeda-beda (jumlah tunggakannya)," ucap Aji.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Diragukan Tampil, Pelatih Dewa United FC Sorot Ketajaman Gustavo Almeida

Persib Curi 3 Poin dari Madura United, Bojan Hodak Akui Ezra Walian Tampil sebagai Pembeda

Karena baru sebatas komunikasi dan belum ada yang mengajukan laporan resmi, Aji mengatakan APPI belum tahu pasti alasan klub-klub itu menunggak gaji para pemainnya.

"Apakah karena musim politik, meski itu sebenarnya tidak cukup okelah, cuma ya penganggaran klub yang harusnya dilihat dari awal, apakah memang karena ada pembatasan suporter yang mana beberapa klub menjadikan penonton di stadion sebagai salah satu income (pemasukan) mereka, bisa jadi juga."

"Ya, kalau (alasannya) tahun politik, urusannya sama sponsor. Kita tahu di dunia usaha sekarang masih belum mudah pasca COVID-19, (Tragedi) Kanjuruhan, dan sekarang masuk tahun politik, pasti enggak akan semudah itu. Tapi seyogyanya apa yang sudah dicapai di awal dijalankan dengan komitmen. Kita perlu lihat tim mananya, apakah make sense (masuk akal) dengan alasannya, perlu dilihat lebih jauh," jelas Aji.

Aji menuturkan, APPI belum bisa mengambil langkah apa pun sebagai respons dari permasalahan ini. APPI, kata Aji, masih menunggu perkembangan dari para pemain.

"Apakah setelah ada kesepakatan antara pemain dan klub, apakah klub ada komunikasi yang intensif atau baik antara pemain dan klub, apakah perlu APPI untuk mewakili mereka, itu masih kita tunggu beberapa hari ke depan," tutur Aji.

Liga 1 Appi Appi Gaji Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.344

Bagikan