Anggaran Olahraga Hanya 0,1 Persen dari APBN, NOC Indonesia Ajak Pengusaha Ambil Peran

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 30 Juni 2023
Anggaran Olahraga Hanya 0,1 Persen dari APBN, NOC Indonesia Ajak Pengusaha Ambil Peran
Menpora Dito Ariotedjo bersama Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Kecilnya alokasi anggaran untuk olahraga dalam APBN jadi atensi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Karena itu, dukungan dari pihak ketiga dalam hal ini swasta atau pengusaha sangat diharapkan.

"Kami memahami bersama bahwa postur APBN yang dialokasikan untuk olahraga masih sangat kecil, kurang dari 0,1 persen. Sementara negara lain, contohnya SIngapura sudah berani mengalokasikan 4 persen anggarannya untuk olahraga," kata Ketua Umum (Ketum) NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

"Tapi kita juga tidak bisa berpangku tangan kepada pemerintah. Tentu dibutuhkan kantung-kantung dana yang dapat membantu peningkatan prestasi olahraga kita. Tak cuma dari BUMN sebagai 'orang tua asuh', tapi juga saya pribadi ingin pihak swasta dalam pembinaan prestasi. NOC Indonesia tentu terbuka lebar untuk bekerja sama dengan kelompok-kelompok usaha," ucapnya menambahkan.

Baca Juga:

Kongres NOC, Menpora Dito Puji Kinerja Raja Sapta Oktohari

NOC Indonesia Dorong Penyegaran DBON, Berharap Cabor Non-Olimpiade Dapat Ruang Sama

Okto bersyukur sudah banyak pengusaha yang bersedia menjadi pengurus teras federasi-federasi olahraga di Indonesia, salah satunya adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid. Lelaki yang lahir pada 16 Maret 1970 itu diberi amanah sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP PERPANI) periode 2023-2027.

"Dan juga di sini ada beberapa teman-teman dari BPP HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) yang juga sudah concern untuk membantu perkembangan olahraga kita. Bagaimana kalau kita manfaatkan dua kelompok usaha ini agar mau bahu-membahu mendukung prestasi olahraga Indonesia," tutur Okto.

Okto menegaskan bahwa NOC Indonesia tidak berdiam diri dan akan terus berusaha mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki dalam mencari sumber pendanaan demi mendorong pembinaan prestasi olahraga.

"Sehingga fokus kita untuk membuat olahraga Indonesia berdiri di panggung dunia dapat terwujud," ucapnya.

NOC Indonesia pada hari ini, Jumat (30/6) menggelar Kongres di Hotel Fairmont, Jakarta. Kongres dilaksanakan untuk memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Komite Eksekutif, dan Dewan Etik periode 2023-2027.

Penulis: Rizqi Ariandi

Raja Sapta Oktohari NOC Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan