Akhirnya Melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24, Persis Solo Beberkan Alasan

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 25 September 2023
Akhirnya Melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24, Persis Solo Beberkan Alasan
Selebrasi Ramadhan Sananta usai bobol gawang Timor Leste. (PSSI)

BolaSkor.com - Persis Solo akhirnya melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24, yang tengah berkiprah di Asian Games 2022. Persis sebelumnya tak melepas pemain jelang keberangkatan skuat Garuda ke Asian Games.

Ramadhan Sananta seharusnya terbang ke China pada Minggu (17/9). Ia masuk kloter dua penerbangan.

Ia urung terbang karena Persis Solo mengeluarkan sikap terkait pemanggilan Sananta, merujuk pada surat nomor 3632/AGB/560/IX-2023 tertanggal 12 September 2023.

Persis memberikan respons sekaligus mengajukan permohonan maaf karena Muhammad Ramadhan Sananta akan tetap bersama tim untuk mengikuti kompetisi Liga 1.

Persis Solo mendadak tak melepas Sananta karena Fernando Rodriguez harus pulang ke Spanyol karena urusan keluarga. Praktis, lini depan kehabisan stok karena Arkhan Kaka Putra Purwanto dilepas ke Timnas Indonesia U-17.

Sementara satu nama lain, Irfan Jauhari, mengakhiri Liga 1 2023/2024 lebih cepat. Jauhari mengalami cedera lutut saat tampil di Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:

Tekuk Hong Kong Lagi, Uzbekistan Jadi Lawan Timnas Indonesia U-24 di Babak 16 Besar

Ramadhan Sananta Terbang ke Hangzhou Bela Timnas U-24, Beckham Putra Masih Observasi Dulu

"Berdasarkan koordinasi antara klub dengan Tim Nasional U-24, Persis Solo memutuskan untuk mengirimkan Ramadhan Sananta guna memperkuat Garuda Muda di babak 16 besar Asian Games. Sananta bertolak ke Hangzhou untuk menyusul skuad timnas U-24 per hari ini, Senin (25/9)," tulis Persis Solo di laman klub.

"Sikap Persis untuk melepas Sananta bukan karena didasari motif untuk terhindar dari hukuman seperti narasi tak berdasar yang disampaikan oleh pengamat di media beberapa waktu lalu, tapi karena pertimbangan klub yang melihat bahwa timnas sedang membutuhkan Sananta berdasarkan performa tim di babak penyisihan Asian Games."

Ramadhan Sananta pun akan menjadi tambahan tenaga bagi Timnas Indonesia U-24, yang akan berlaga di babak 16 besar sepak bola Asian Games 2022 melawan Uzbekistan pada 28 September.

"Kami mengapresiasi keputusan Ketua Umum PSSI yang berkomitmen untuk memperbaiki jadwal liga agar tidak berbenturan dengan jadwal timnas di kemudian hari. Karena bagi Persis, keputusan ini bisa menjadi jalan tengah untuk kepentingan bersama, sehingga tujuan kompetisi agar PSSI mendapatkan bermain berkualitas bisa sejalan dengan visi-misi para anggota. Persis juga sudah berkoordinasi, bahwa Sananta akan langsung bergabung bersama tim setelah selesai menunaikan tugas kenegaraan bersama timnas."

"Bagi Persis, melepas Sananta ke timnas bukan berarti melepas target tiga angka pada laga selanjutnya kontra Persija, yang akan berlangsung di Stadion Manahan pada Sabtu (30/9) mendatang. Persis berharap, keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter, dan masyarakat Solo untuk bisa memenangkan laga kandang terakhir di bulan September. Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak."

Ramadhan Sananta Timnas indonesia u-23 Persis Solo Asian games Asian Games 2022 Hangzhou
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan