Ada Piala Asia dan Pemilu 2024, Liga 1 Musim Depan Bakal Dihentikan Sementara

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 27 Mei 2023
Ada Piala Asia dan Pemilu 2024, Liga 1 Musim Depan Bakal Dihentikan Sementara
Ilustrasi Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berupaya agar Liga 1 2023/2024 bisa dimulai sesuai rencana pada 1 Juli mendatang. Ini supaya timeline kompetisi yang disusun dapat dieksekusi dengan baik.

Pasalnya, pada periode 20 Desember 2023 sampai 14 Februari 2024, PT LIB akan menghentikan pelaksanaan kompetisi.

Keputusan ini diambil karena dalam periode tersebut ada dua agenda besar, yaitu Piala Asia 2023 dan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Adapun Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Ferry mengatakan Liga 1 mulai off pada 20 Desember. Pada tanggal tersebut rencananya Timnas Indonesia akan memulai persiapan menghadapi Piala Asia.

Baca Juga:

PSSI dan PT LIB Matangkan Rencana Penggunaan VAR di Liga 1 2023/2024

PSSI Akan Kerja Sama dengan DFB, CV Calon Dirtek Sedang Dikaji

Menpora Dito Minta PSSI Kerja Lima Kali Lipat Persiapkan Timnas untuk Asian Games

"Kita mau ada prestasi di tim nasional, makanya kita kosongkan (jadwal) di tanggal 20 (Desember) sampai dengan Piala Asia (selesai). (Liga 1) sudah off dari TC (training camp) tim nasional supaya kita tidak tarik-tarikan lagi (dengan klub)," kata Ferry Paulus kepada awak media di Hotel Fairmont, Jakarta.

"Kemudian kita (Liga 1) masih off (setelah Piala Asia) karena persiapan Pemilu. Kan ada Pemilu tanggal 14 (Februari)," ujar Ferry menambahkan.

Setelah Pemilu selesai, Ferry berharap Liga 1 bisa kembali dilanjutkan sesuai jadwal. PT LIB akan memutar lagi kompetisi pada dua sampai tiga hari pasca pemungutan suara.

"Kita juga sepakat reguler series Liga 1 berakhir sebelum Lebaran, kemudian final four championship series-nya di bulan Mei," tutur mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Sebagai informasi, Liga 1 musim depan akan mengalami perubahan format, yaitu dibagi ke series reguler dan final four. Babak final four akan diikuti oleh empat tim teratas di seri reguler untuk saling berhadapan menjadi juara.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Ferry paulus Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.430

Bagikan