7 Talenta yang Aksinya Layak Dinanti di Piala Dunia U-17 2023

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 10 November 2023
7 Talenta yang Aksinya Layak Dinanti di Piala Dunia U-17 2023
Timnas Spanyol U-17 (LOC PIala Dunia U-17 2023)

BolaSkor.com - Piala Dunia U-17 2023 akan dimulai pada Jumat (10/11) sore hingga malam WIB. Event bergengsi untuk kategori usia muda itu menjadi momen bagi talenta-talenta muda bersinar, mengembangkan kariernya di panggung besar.

Turnamen besar pada usia muda, seperti U-17, acapkali menjadi etalase bagi para pemandu bakat klub-klub top Eropa dalam mencari bakat muda. Mereka dapat dijadikan investasi jangka panjang untuk klub di masa depan.

Bak berlian muda yang perlu diasah, cukup banyak talenta yang aksinya layak dinanti pada perhelatan Piala Dunia U-17 yang pertama kali dihelat di Indonesia, juga di Asia Tenggara untuk event besar yang diselenggarakan FIFA.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-17 Antisipasi Nervous di Laga Pertama Kontra Ekuador

Piala Dunia U-17 2023 Gunakan VAR, Arkhan Kaka Sebut Timnas U-17 Harus Hati-hati

Brasil merupakan juara bertahan Piala Dunia U-17 dengan koleksi total empat trofi. Talenta dari Brasil banyak, tetapi juga negara lainnya.

Acapkali talenta-talenta dari Piala Dunia U-17 di masa lalu namanya terkenal saat ini seperti Phil Foden, Cesc Fabregas, Toni Kroos, dan lainnya. Berikut nama-nama yang aksinya layak dinanti dari Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

1. Marc Guiu - Spanyol

Dua alumni La Masia, Barcelona, seyogyanya dapat bermain bersama dengan timnas Spanyol U-17. Akan tapi Lamine Yamal (16 tahun) sudah membela timnas Spanyol senior, plus servisnya dibutuhkan Xavi di Barcelona.

Tak ayal menyisakan Marc Guiu (17 tahun) sebagai talenta dari Spanyol yang aksinya layak dinanti. Berposisi sebagai penyerang tengah, aksi Guiu sudah dapat dilihat kala Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao beberapa waktu lalu.

Guiu mencatatkan debut sekaligus mencetak gol penentu kemenangan Barcelona. Momen yang akan dikenangnya selamanya.

2. Chris Rigg - Inggris

Usia 16 tahun namun sudah berpengalaman di level klub, dengan membela tim senior Sunderland dan sejauh ini, Chris Rigg sudah tampil 10 kali untuk The Black Cats sejak memulai debutnya pada Januari 2023.

Rigg berposisi sebagai gelandang dan di Sunderland ia sudah memecahkan rekor pencetak gol termuda klub, serta pencetak gol termuda di Piala Liga. Wajar apabila klub seperti Newcastle United dan Manchester United membidiknya.

3. Claudio Echeverri - Argentina

Tak ada habisnya membahas talenta dari Amerika Selatan. Usia Lionel Messi, megabintang Argentina, tak lagi muda dan ia idola bagi pemain-pemain muda Albiceleste. Penggantinya tidak akan ada, tetapi suksesor dengan bakat lainnya banyak muncul.

Salah satunya adalah Claudio Echeverri. Pemain berusia 17 tahun kerap dibandingkan dengan Lionel Messi dan ia membela River Plate. Echeverri juga kapten timnas Argentina U-17.

Pada perhelatan Copa America U-17 2023, Echeverri menjadi top skorer dengan catatan lima gol - padahal posisinya gelandang serang. Kelincahan bermain dan naluri mencetak gol menjadikannya salah satu komoditas muda panas di dunia.

4. Lorran - Brasil

Rival Argentina, Brasil juga memiliki talenta bernama Lorran. Ia salah satu kunci di balik kesuksesan Brasil U-17 juara Copa America U-17 2023. Aksinya akan dinantikan kembali di Piala Dunia U-17 2023.

Gelandang berusia 17 tahun juga telah mengukir sejarah dengan Flamengo sebagai pencetak gol termuda. Itu dicatatkannya sejak membuat debut untuk Flamengo pada Januari. Klub-klub top Eropa tidak akan luput memantaunya.

5. Gaku Nawata - Jepang

Pemain Terbaik dan juga top skorer pada perhelatan Piala Asia U-17 2023 ketika Jepang U-17 menjadi juara. Gaku Nawata bahkan mencetak dua gol ketika Jepang mengalahkan Korea Selatan di final.

Talenta besar sudah diperlihatkan Nawata yang di kampung halamannya, bermain di level SMA pada usia 17 tahun. Di sana ia punya catatan rata-rata satu gol dan satu assist per laga pada 2023.

Nawata penyerang lincah yang dapat melihat celah di pertahanan lawan, plus ia piawai mengambil tendangan bebas dan dapat melakukan tendangan jarak jauh.

6. Mathis Lambourde - Prancis

Stade Rennes sudah mengorbitkan banyak pemain muda yang namanya tenar di Eropa, seperti Ousmane Dembele, Eduardo Camavinga, dan Mathys Tel. Akademi klub tak berhenti melakukannya.

Seperti halnya Mathis Lambourde, pemain berusia 17 tahun asal Prancis yang punya kecepatan dalam bermain dan melakukan penetrasi. Lambourde dapat bermain di kedua sisi sayap dan penyelesai akhir yang unggul.

Pada berbagai kelompok umur di Rennes, Lambourde telah menorehkan 25 gol pada musim 2022-2023.

7. Amara Diouf - Senegal

Pemain termuda dalam daftar ini, tetapi Amara Diouf sudah jadi buah bibir di kalangan pemandu bakat. Baru berusia 15 tahun, Amara Diouf telah membantu Senegal U-17 juara Piala Afrika U-17 untuk kali pertama.

Diouf mencatatkan lima gol di turnamen dan menjadi top skorer, melalui rekor Victor Osimhen sebagai pencetak gol terbanyak. Diouf sudah memiliki pengalaman main di timnas senior Senegal pasca lulus dari akademi Generation Foot, yang pernah mengorbitkan Sadio Mane, Ismaila Sarr.

Nama lain selain tujuh pemain yang disebut di atas, yang aksinya layak dinanti juga adalah: Gael Alvarez (Meksiko), Karol Borys (Polandia), Paris Brunner (Jerman), Pau Cubarsi (Spanyol), Noah Darvich (Jerman), Keyrol Figueroa (Amerika Serikat), Ethan Nwaneri (Inggris), Allen Obando (Ekuador), Assan Ouedraogo (Jerman), Estevao Willian (Brasil).

Trivia Sepak Bola Piala Dunia U-17
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.335

Bagikan