Premier League

7 Statistik yang Menunjukkan Bukayo Saka Sudah Naik Level, Bukan Lagi Pemain Potensial

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 18 Februari 2024
7 Statistik yang Menunjukkan Bukayo Saka Sudah Naik Level, Bukan Lagi Pemain Potensial
Bukayo Saka (twitter/premierleague)

BolaSkor.com - Bukayo Saka telah lama dianggap sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan, namun dengan penampilannya musim ini, menjadi jelas bahwa ini lebih dari sekadar potensi.

Sejak masuk ke tim utama Arsenal saat berusia 17 tahun pada 2018, Saka semakin kuat dan dengan cepat menjadi pilar harapan.

Muncul sebagai bek kiri serbabisa, tidak lama kemudian kualitas membuatnya bergerak lebih jauh di lini depan. Enam tahun telah berlalu sejak debutnya, sekarang Saka sudah menjadi salah satu pemain sayap kanan yang secara konsisten menjadi ancaman menakutkan.

Baca Juga:

Catatan Gol Erling Haaland Kontra Big Six di Premier League

Cole Palmer dan 5 Pemain Manchester City yang Menyeberang ke Chelsea

3 Calon Pengganti Mauricio Pochettino jika Dipecat Chelsea

Di bawah Arteta, Arsenal telah berhasil kembali ke eselon atas Premier League dan kembali ke Liga Champions. Saka sangat penting dalam kebangkitan itu.

Di usianya yang baru 22 tahun, dia telah memperkuat timnas Inggris sebanyak 32 kali dan menyumbang lebih dari 100 gol dalam 210 penampilan untuk The Gunners.

Meski begitu, tidak sedikit orang meragukan kredibilitas Saka sebagai pemain sayap kelas dunia. Sepanjang musim 2023-24, Saka telah mencetak 15 gol dan 13 assist di semua kompetisi hanya dari 32 pertandingan.

Berikut tujuh statistik yang membuktikan bahwa Saka telah masuk dalam jajaran pemain kelas dunia.

1. Bukayo Saka kini telah mencetak lebih banyak gol di Premier League (enam dalam lima pertandingan) dibandingkan pemain lain pada 2024.

2. Sejak awal musim lalu, Saka adalah satu dari hanya lima pemain yang mencetak setidaknya tujuh gol Premier League dengan kedua kakinya, bersama Ollie Watkins, Mohamed Salah, Erling Haaland dan Son Heung-min.

3. Ditambah lagi, sejak awal musim 2021/22, Saka dan Salah menjadi dua pemain Premier League yang mencatatkan 40+ gol dan 30+ assist.

4. Menyusul dua golnya saat Arsenal mengalahkan Burnley 5-0 di Turf Moor, Saka kini telah berkontribusi dalam 20 gol (mencetak dan assist) di Premier League sejauh musim ini. Hanya 3 pemain yang memiliki lebih banyak.

5. Hanya Viktor Gyokeres (188) dan Kylian Mbappe (183) yang melakukan sentuhan lebih banyak di dalam kotak lawan dibandingkan Saka (181) di tujuh liga top Eropa.

6. Saka menjadi pemain termuda (22 tahun, 159 hari) yang mencapai 50 gol untuk Arsenal sejak Frank Stapleton pada 1978, mencapai tonggak sejarah tersebut pada pertandingannya yang ke-210 untuk The Gunners.

7. Dua golnya melawan Burnley juga menjadi pertama kali dalam kariernya pemain berusia 22 tahun itu mencetak gol dalam empat penampilan Premier League berturut-turut.

Arsenal Premier League Bukayo Saka Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan