7 Rekor Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 April 2024
7 Rekor Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan di Liga Champions
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, tidak lagi bermain di Eropa sejak Januari 2023. Ronaldo, 39 tahun, bermain di Arab Saudi bersama Al-Nassr setelah 'menaklukkan' Eropa melalui kesuksesan besar.

Dalam kariernya, Ronaldo pernah membela Manchester United (dua periode), Real Madrid, dan Juventus. Lima titel Liga Champions telah diraihnya, begitu juga lima penghargaan Ballon d'Or bersama titel lain seperti tiga Premier League, dua LaLiga, dan dua Serie A.

Persaingannya dengan Lionel Messi juga pernah mewarnai sepak bola Eropa dan menghibur penonton. Era keemasan keduanya telah berlalu, tetapi sejarah akan terus mencatatkan warisan atau kesuksesan yang pernah mereka raih.

Baca juga:

Nostalgia: Ketika Antonio Conte dan Arturo Vidal Jadi Judas di Derby d'Italia

Paul Pogba Dihukum Larangan Bermain Selama 4 Tahun

Bukan Trofi Liga Champions, Gianluigi Buffon Ungkap Penyesalan Terbesar dalam Kariernya

Ronaldo juga mengukir banyak rekor dan beberapa rekornya, khususnya di Liga Champions, sulit dipecahkan pemain mana pun. Apa saja rekor tersebut?

1. Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Tanpa Messi dan Karim Benzema yang tidak lagi bermain di Eropa, rekor gol Ronaldo sebanyak 140 gol di Liga Champions masih aman sejauh ini.

Guna mengejar catatan tersebut, satu pemain setidaknya harus mencetak 10 gol Liga Champions untuk 14 musim beruntun. Erling Haaland dan Kylian Mbappe berpotensi mengejarnya, tetapi saat ini mereka terpaut 90 gol dari Ronaldo.

2. Gol Terbanyak di Fase Gugur

Catatan lainnya, yang berpotensi dilalui Mbappe dan Haaland tetapi tidak mudah dilakukan adalah gol terbanyak di fase gugur. Ronaldo sudah menetapkan standar tinggi.

Eks pemain Sporting Lisbon punya catatan 67 gol dari fase gugur Liga Champions. Hanya pemain dengan mental baja yang dapat melakukannya konsisten di fase gugur.

3. Gol Terbanyak dari Perempat Final dan Seterusnya

Mencetak banyak gol di fase gugur bukan untuk semua pemain, hebatnya lagi Ronaldo melakukannya dengan konsisten bahkan dari perempat final dan seterusnya.

Catatannya? 42 gol dan bahkan Messi berada di bawahnya dengan 20 gol. Ronaldo acapkali jadi pembeda dengan gol-golnya di panggung besar sepak bola Eropa.

4. Gol Terbanyak di Satu Musim

Musim 2013-2014 akan selalu bersejarah untuk Ronaldo. Ia berandil besar memenangi titel Liga Champions pertama Madrid sejak musim 2001-2002.

Dalam proses memenaginya, Ronaldo mencetak 17 gol dan itu sudah lebih banyak dari pemain mana pun di satu musim Liga Champions. Karim Benzema dan Robert Lewandowski hanya bisa mendekatinya dengan 15 gol.

5. Mencetak Gol di 11 Laga Beruntun

Pada medio Juni 2017 hingga April 2018, Ronaldo mencetak gol pada 11 laga beruntun Liga Champions. Rekor itu belum dilalui siapa pun, meski tak mustahil untuk dipecahkan.

6. Penampilan Terbanyak

Dari 2003 hingga 2022, Ronaldo memiliki catatan 183 penampilan di Liga Champions dan itu sudah melebihi pemain mana pun. Dari mereka yang masih aktif bermain, Thomas Muller - Bayern Munchen - mendekatinya karena terpau 34 penampilan.

7. Tujuh Kali Memenangi Sepatu Emas

Berkat gol-golnya tersebut Ronaldo juga pernah memenangi tujuh penghargaan Sepatu Emas Liga Champions, catatan itu juga melebihi pemain lainnya.

Messi seyogyanya terpaut satu penghargaan dari Ronaldo, tetapi sulit melihatnya melakukan hal tersebut karena ia kini bermain di Inter Miami, dan sudah tak lagi ada di era keemasan. Namun, Haaland atau Mbappe berpotensi melakukannya.

Trivia Sepak Bola Cristiano Ronaldo Liga Champions Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan