7 Momen Besar Sepak Bola Dunia pada 2022

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 01 Januari 2023
7 Momen Besar Sepak Bola Dunia pada 2022
Selebrasi timnas Argentina di kampung halaman (Twitter)

BolaSkor.com - Tahun 2022 telah berlalu dan dalam kurun waktu 12 bulan begitu banyak event sepak bola yang sudah berlangsung. Bahkan tahun 2022 bisa disebut sebagai tahunnya sepak bola dengan klimaks Piala Dunia 2022 Qatar.

Virus corona pada 2022 masih ada di dunia tetapi tidak lagi menjadi pandemi karena manusia sudah beradaptasi dengannya. Tak ayal kehidupan kembali berjalan normal dan publik sudah tahu sikap yang harus dilakukan jika terpapar Covid-19.

Baca Juga:

Resmi Main di Arab Saudi, Cristiano Ronaldo Terima Gaji 200 Juta Euro per Tahun

Cristiano Ronaldo Hancurkan Dirinya Sendiri

Akhir Cerita Dua Rival: Warisan Cristiano Ronaldo Ternodai, Lionel Messi Pemenang Sejati

Gabung Al-Nassr, Cristiano Ronaldo Jadi Atlet dengan Bayaran Termahal di Dunia

Menilik tahun 2022 yang baru saja berlalu dan menyambut 2023, berikut tujuh momen besar sepak bola dunia pada 2022 yang sudah dirangkum oleh BolaSkor:

1. Juara Afrika Baru

Piala Afrika 2021 berlangsung dari 9 Januari hingga 6 Februari 2022 di Kamerun. Pada turnamen tersebut juara baru muncul yakni timnas Senegal besutan Aliou Cisse yang berisikan pemain seperti Sadio Mane, Kalidou Koulibaly, dan Edouard Mendy.

Senegal melawan Mesir yang diperkuat Mohamed Salah di final yang dimainkan di Olembe Stadium. Laga berakhir imbang tanpa gol di waktu normal dan Senegal memenangi drama adu penalti dengan skor 4-2. Sekedar informasi, Mesir berstatus raja Piala Afrika setelah memenanginya sebanyak tujuh kali.

2. Raja Eropa Patenkan Status

Pada Mei 2022 di Stade de France, Prancis, final Liga Champions 2021-2022 berlangsung antara Liverpool kontra Real Madrid. The Reds bertarung di empat kompetisi berbeda dan Los Blancos juga bertarung di LaLiga.

Laga dihadiri penonton dan untuk kali pertama sejak final pada 2019 stadion dipenuhi suporter, setelah dua final terakhir dipengaruhi oleh pandemi virus corona.

Pertandingan dimenangi Real Madrid dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Vinicius Junior di menit 59. Madrid pun mematenkan status mereka sebagai Raja Eropa dengan 14 titel Liga Champions.

3. Dominasi Manchester City

Manchester City melanjutkan dominasi mereka di Inggris pada era Pep Guardiola. Pasca juara Premier League 2020-2021 The Citizens mempertahankannya kembali untuk musim 2021-2022, sekaligus mengubur impian quadruple titel Liverpool.

The Reds benar-benar membuat Man City tak bisa lengah untuk sesaat, bahkan sampai laga terakhir alias pekan 38. Pada akhirnya jarak kedua tim hanya dipisahkan dengan satu poin.

Man City juara dengan 93 poin dari 38 laga dan Liverpool punya 92 poin dari 38 laga.

4. Akhir Penantian Scudetto AC Milan

11 tahun. Itulah penantian panjang fans AC Milan untuk melihat tim kesayangan mereka kembali memenangi Scudetto atau titel Serie A. Semua itu menjadi nyata pada musim 2021-2022 di bawah arahan Stefano Pioli.

Rival sekota AC Milan, Inter Milan, memberikan perlawanan ketat dalam perebutan Scudetto dan pada akhirnya kedua tim hanya dipisahkan dengan dua poin: Milan di urutan satu dengan 86 poin dan Inter di peringkat dua dengan 84 poin.

Keberhasilan Milan tak lepas dari peran besar Pioli dalam menyatukan skuad. Milan tak bergantung kepada satu pemain dan itu bisa dilihat dari daftar top skorer Serie A, di mana tidak ada satu pun pemain Milan yang berada di 10 besar.

5. Era Baru Chelsea

Menyusul konflik panas Rusia-Ukraina, pergantian kepemilikan dalam skuad Chelsea pun tak terhindarkan. Roman Abramovich, pengusaha asal Rusia, terpaksa menjual klub pada Maret 2022 dan melepas Chelsea setelah 19 tahun lamanya.

The Blues memasuki era baru ketika pada Mei 2022 pengusaha Amerika Serikat, Todd Boehly, membeli saham besar klub. Boehly langsung merevolusi Chelsea dengan menggantikan Bruce Buck, Marina Granovskaia, Petr Cech, hingga Thomas Tuchel.

6. Piala Dunia 2022, Timnas Argentina, dan Lionel Messi

Piala Dunia 2022 Qatar jadi satu anomali dalam sejarah Piala Dunia. Bukan hanya untuk kali kedua dimainkan di Asia sejak 2022 di Jepang dan Korea Selatan, tetapi itu dihelat pada November-Desember di mana itu seyogyanya jadwal kompetisi liga-liga Eropa.

Liga-liga Eropa pun 'mengalah' dan memasuki jeda selama Piala Dunia 2022 berlangsung. Pada akhirnya timnas Argentina keluar sebagai juara dan pertama sejak 1986 di kala skuad masih memiliki Diego Maradona.

Albiceleste memenangi trofi Piala Dunia ketiga setelah menang 4-2 atas juara bertahan, Prancis, via drama adu penalti pasca laga di waktu normal berakhir imbang 3-3.

Keberhasilan timnas Argentina juga menyusul kesuksesan juara Copa America 2021 dan memasukkan nama pelatih timnas, Lionel Scaloni, dalam buku sejarah sepak bola dunia.

Tak hanya itu Lionel Messi juga dipastikan bersanding dengan nama-nama legendaris sepak bola setelah memenangi Piala Dunia, menyempurnakan perjalanan kariernya yang telah memenangi Liga Champions, LaLiga, Ligue 1, dan tujuh Ballon d'Or.

7. Drama Cristiano Ronaldo

Tahun 2022 ditutup dengan akhir drama megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Dimulai dari wawancaranya kepada Piers Morgan yang membuat heboh karena menyinggung beberapa individu, hingga akhirnya kontraknya diputus Manchster United, kemudian semua berakhir di Arab Saudi.

Tangis Ronaldo di Piala Dunia 2022 setelah Portugal tersingkir di perempat final menyita perhatian, sebab pada usia 37 tahun itu bisa jadi Piala Dunia terakhirnya bersama Portugal. Kala itu Ronaldo masih berstatus free agents.

Pasca gosip mengenainya banyak dibicarakan pada akhirnya Ronaldo meninggalkan Eropa setelah 20 tahun berkarier, meraih sukses besar di Eropa. Ronaldo dikontrak klub Arab Saudi Al-Nassr - kabarnya - dengan durasi kontrak dua tahun setengah.

Di sana penilik lima Ballon d'Or mendapatkan gaji mendekati 200 juta euro per tahun, menjadikan Ronaldo sebagai atlet dengan bayaran termahal di dunia.

Lionel Messi Cristiano Ronaldo Trivia Sepak Bola Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.353

Bagikan