Liga 1

7 Laga Digelar Serentak, Begini Skema Penentuan Tim Terakhir ke Championship Series Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 27 April 2024
7 Laga Digelar Serentak, Begini Skema Penentuan Tim Terakhir ke Championship Series Liga 1
Selebrasi kemenangan para pemain Dewa United FC atas Persebaya. (Media Dewa United FC)

BolaSkor.com - Seri reguler Liga 1 2023/2024 mencapai akhir pada Selasa (30/4). Berikut jadwal pekan terakhir (pekan 34) yang terdapat sejumlah laga penentuan tim terakhir yang mendapatkan tiket ke championship series serta klub ketiga yang harus turun kasta menyusul Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Pekan terakhir Liga 1 musim ini akan dibuka dengan duel antara Persebaya Surabaya dan Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (28/4). Keesokan harinya, Senin (29/4) berlangsung laga Persikabo 1973 dengan Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Kedua laga ini digelar terlebih dulu karena sudah tidak menentukan apa-apa. Persebaya, Persik, dan Barito Putera sudah tertutup peluangnya ke championship series (empat besar), juga sudah aman dari ancaman degradasi.

Sedangkan, pada Selasa (30/4) akan digelar tujuh pertandingan yang sangat menentukan. Laga-laga itu melibatkan tim-tim sedang berebut satu tiket terakhir ke championship series, serta mencari satu klub lagi yang terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Adapun klub-klub yang masih bersaing merebut satu tiket terakhir ke championship series di antaranya Madura United (peringkat 4), PSIS Semarang (5), dan Dewa United FC (6).

Madura United akan menghadapi Arema FC di Bangkalan, PSIS bertandang ke markas Persija Jakarta, kemudian Dewa United FC menjamu Borneo FC Samarinda di Bali.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persija Kirim RANS Nusantara ke Zona Degradasi, Persita Menang di Kandang Persis

Hasil Liga 1: Persib Tekuk Borneo FC, Arema FC Menjauh dari Zona Degradasi

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Menang 5-1 atas Barito Putera, Dewa United FC Berbagi Satu Poin

Jika Madura United meraih kemenangan, mereka akan meraih 57 poin dan berhak untuk tiket terakhir ke championship series, tanpa harus bergantung dengan hasil yang diraih PSIS dan Dewa United FC.

Sementara itu, PSIS (53) wajib menang, sambil berharap Madura United kalah oleh Arema FC. Sebab, kalau Madura United imbang pun (poin 56), maka yang lolos adalah Laskar Sape Kerrab, karena unggul head to head dari PSIS.

Dewa United FC menjadi tim dengan poin terendah dalam kuda pacu ini. Namun, peluang Anak Dewa menyodok empat besar masih sangat terbuka. Anak Dewa unggul head to head dari Madura United dan PSIS.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persija Kirim RANS Nusantara ke Zona Degradasi, Persita Menang di Kandang Persis

Hasil Liga 1: Persib Tekuk Borneo FC, Arema FC Menjauh dari Zona Degradasi

Hasil Liga 1: Bali United ke Championship Series, Persik Lawan PSS Imbang Lewat Drama 8 Gol

Artinya, jika bisa mengalahkan Borneo FC Samarinda di laga terakhir, Dewa United FC akan mengumpulkan 54 poin. Dewa United FC akan lolos dengan poin tersebut kalau Madura United kalah dari Arema FC dan PSIS tidak meraih kemenangan atas Persija.

Beralih ke persaingan terhindar dari degradasi, di mana ada empat tim yang akan berjuang di laga terakhir untuk tetap bisa bermain di Liga 1 musim depan. Keempat tim itu adalah Arema FC (37 poin), PSS Sleman (36), Persita (36), dan RANS Nusantara (35).

Arema akan bertandang ke markas Madura United, PSS menjamu Persib Bandung di Manahan, Persita bermain di kandang sendiri melawan Bali United, dan RANS Nusantara dijamu PSM Makassar di Batakan.

Di antara keempat tim itu, peluang RANS untuk bertahan akan langsung tertutup jika tiga tim di atasnya, yakni Arema, PSS dan Persita meraih kemenangan di laga terakhir. RANS harus menang sambil berharap salah satu dari tiga tim tersebut ada yang tergelincir untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

Skema ke Championship Series:

Madura United

Menang atas Arema FC

Jika menang atas Arema FC, maka Madura United akan meraih tiket terakhir terakhir ke championship series, tanpa perlu bergantung dengan hasil yang diraih PSIS dan Dewa United FC. Pasalnya, jika menang, Madura United akan meraih 57 poin, sedangkan poin maksimal PSIS hanya 56, dan Dewa United FC 54

Imbang lawan Arema FC

Seandainya Madura United FC bermain imbang dengan Arema FC, mereka akan meraih 55 poin. Dengan poin tersebut, Madura United masih bisa lolos, asalkan PSIS tidak berhasil mengalahkan Persija. Sementara itu, hasil pertandingan Dewa United tidak akan berpengaruh apa-apa, karena poin maksimalnya adalah 54.

Kalah lawan Arema FC

Dengan skema ini pun, Madura United masih bisa melenggang ke championship series. Syaratnya, PSIS gagal mengalahkan Persija dan Dewa United FC tidak mampu menang atas Borneo FC Samarinda.

PSIS Semarang

Menang atas Persija Jakarta, Madura United Gagal Mengalahkan Arema FC

Satu-satunya syarat PSIS Semarang untuk lolos ke championship series adalah menang atas Persija Jakarta. Itu pun bergantung hasil Madura United melawan Arema FC.

PSIS harus menang, sambil berharap Madura United kalah atau ditahan imbang Arema FC. Jika skema ini terjadi, PSIS akan meraih 56 poin, sementara Madura United 55 poin (imbang lawan Arema) atau 54 (kalah lawan Arema).

Dewa United FC

Menang atas Borneo FC Samarinda, PSIS dan Madura United kalah

Dewa United FC (51 poin) masih bisa lolos ke championship series dengan cara mengalahkan Borneo FC Samarinda. Namun, kemenangan atas Borneo FC tidak cukup, karena nasib Anak Dewa ditentukan juga oleh Madura United dan PSIS Semarang.

Dewa United FC akan meraih 54 poin jika mengalahkan Borneo FC Samarinda. Mereka harus berharap Madura United (54) dan PSIS (53) kalah oleh Arema serta Persija.

Jika Dewa United FC dan Madura United mempunyai poin sama, 54, maka Dewa United FC akan unggul head to head. Musim ini, Dewa United FC menang 4-1 di kandang Madura United dan imbang 2-2 di Tangerang.

Namun, kalau PSIS bisa menahan imbang Persija dan mendapatkan 54 poin, maka mereka akan lolos berdasarkan klasemen mini.

Dalam klasemen mini, PSIS beserta Madura United dan Dewa United FC memiliki poin sama, lima, dari hasil pertemuan mereka. Namun, Mahesa Jenar lebih unggul dalam selisih gol.

Ditentukan melalui klasemen mini

Jika Madura United, PSIS, dan Dewa United FC meraih poin sama, 54, maka nasib ketiga tim ditentukan melalui klasemen mini. Dalam klasemen mini ini yang dihitung hanya poin yang diraih dari pertandingan yang melibatkan ketiga tim tersebut. Hitungan ini pun meliputi selisih gol dan jumlah gol memasukkan.

HASIL PERTEMUAN MADURA UNITED, DEWA UNITED, DAN PSIS

Madura United 1-4 Dewa United FC

Dewa United FC 2-2 Madura United

Madura United 1-0 PSIS

PSIS 2-2 Madura United

Dewa United FC 1-4 PSIS

PSIS 1-1 Dewa United FC

Klasemen mini tiga klub kandidat peringkat empat. (LIB)

Berikut Jadwal Pekan Terakhir (Pekan 34) Liga 1 2023/2024:

Minggu, 28 April 2024

Persebaya Surabaya Vs Persik Kediri, di Stadion Gelora Bung Tomo, kick off pukul 15.00 WIB

Senin, 29 April 2024

Persikabo 1973 Vs Barito Putera, di Stadion Sultan Agung, kick off pukul 15.00 WIB

Selasa, 30 April 2024

Persita Tangerang Vs Bali United, di Indomilk Arena, kick off pukul 15.00 WIB

Bhayangkara FC Vs Persis Solo, di Stadion PTIK, kick off pukul 15.00 WIB

Madura United Vs Arema FC, di Gelora Bangkalan, kick off pukul 15.00 WIB

Dewa United FC Vs Borneo FC Samarinda, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, kick off pukul 15.00 WIB

Persija Jakarta Vs PSIS Semarang, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kick off pukul 15.00 WIB

PSS Sleman Vs Persib Bandung, di Stadion Manahan, kick off pukul 15.00 WIB

PSM Makassar Vs RANS Nusantara, di Stadion Batakan, kick off pukul 15.00 WIB.

Dewa United FC Madura united PSIS Semarang Persija jakarta Persib Bandung Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan