7 Catatan Emas yang Bisa Diukir pada Piala Dunia 2018

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 16 Juni 2018
7 Catatan Emas yang Bisa Diukir pada Piala Dunia 2018
Lionel Messi (Twitter/Argentina)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 sudah digelar. Pencinta sepak bola mulai disuguhi atraksi kelas dunia dari Rusia.

Banyak momen yang bakal tersaji. Pada dua hari pertama saja, drama sudah menghiasi ajang empat tahunan ini. Sebut saja gol telat dan gol bunuh diri telat.

Ukiran rekor pun tak ketinggalan diperkirakan bisa tercipta di Rusia 2018. Berikut rekor yang mungkin pecah pada Piala Dunia 2018 seperti dilansir situs resmi FIFA.


Total Usia Pelatih Tertua

Pada Piala Dunia 2018, total 135 tahun dan tiga bulan akan menjadi usia gabungan Oscar Tabarez dan Fernando Santos jika Uruguay dan Portugal bertemu pada babak 16 besar.

Ini merupakan usia gabungan tertua untuk dua pelatih dalam satu pertandingan Piala Dunia. Rekor saat ini adalah 133 tahun dan sembilan bulan saat Otto Rehhagel (Yunani) dan Lars Lagerback (Nigeria) bertemu di Piala Dunia 2010.


Pemain Tertua

Berusia 45 tahun dan lima bulan, Essam El-Hadary bakal memecahkan rekor pemain tertua bila diturunkan. Jika bermain di Rusia, dia akan memecahkan rekor Faryd Mondragon (43 tahun dan tiga hari). Namun pada laga pertama melawan Uruguay, El-Hadary tidak ditampilkan. Masih ada kesempatan pada dua laga grup tersisa.


Rangkaian Tak Terkalahkan

Saat in rekor tak terkalahkan beruntun masih menjadi milik Brasil dengan 13 pertandingan. Catatan itu dibuat usai kekalahan 2-4 dari Hungaria di perempat final 1954 hingga kekalahan 1-3 oleh tim yang sama pada babak penyisihan grup Piala Dunia 1966.

Kini Jerman berpeluang memecahkan rekor tersebut. Terakhir kali Die Mannschaft kalah adalah saat takluk 0-1 dari Spanyol pada semifinal 2010. Mereka akan memulai langkah di Rusia 2018 dengan modal delapan pertandingan beruntun tak terkalahkan di Piala Dunia.


Rekor Gol Kapten

Rekor gol terbanyak bagi seorang kapten tim di Piala Dunia masih dimiliki Diego Maradona. Namun, kapten Argentina saat ini, Lionel Messi cuma membutuhkan tiga gol lagi untuk mematahkan catatan mantan pelatihnya itu.


Penampilan di Piala Dunia

Rafael Marquez mengincar catatan menjadi pemain ketiga yang tampil dalam lima edisi Piala Dunia jika diturunkan membela Meksiko di Rusia. Antonio Carbajal (Meksiko) dan Lothar Matthaus (Jerman) sudah lebih dulu mencatatkannya.


Mencetak Gol di Empat Piala Dunia

Cristiano Ronaldo (Portugal) sudah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol dalam empat Piala Dunia berbeda. Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose adalah tiga orang yang mencetak gol dalam lebih dari tiga kali penyelenggaraan Piala Dunia.
Masih ada dua pemain lagi yang bisa mengikuti jejak Ronaldo. Mereka adalah Tim Cahill (Australia) dan Rafael Marquez (Meksiko).


Juara sebagai Pemain dan Pelatih

Didier Deschamps akan mengikuti jejak Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman) yang mencatatkan rekor meraih gelar juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018 Rekor
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.171

Bagikan