6 Hal yang Perlu Diketahui dari Rekrutan Anyar Liverpool Asal Jepang, Wataru Endo

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 18 Agustus 2023
6 Hal yang Perlu Diketahui dari Rekrutan Anyar Liverpool Asal Jepang, Wataru Endo
Wataru Endo (Laman Resmi Liverpool)

BolaSkor.com - Pencarian Liverpool dalam memburu gelandang bertahan menemukan hasil. Pasca dua buruan mereka direbut Chelsea, Moises Caicedo dan Romeo Lavia, The Reds mendapatkan pemain alternatif dari Bundesliga, Jerman.

Dia adalah pemain berusia 30 tahun asal Jepang, Wataru Endo. Liverpool merekrutnya sebesar 18 juta euro dari Stuttgart dan Endo dikontrak hingga 2026 (kontrak tiga tahun).

"Saya sangat senang. Wataru adalah pemain yang sangat bagus. Saya tahu di dunia sepak bola ini bagaimana kelanjutannya dan hal-hal seperti ini, tetapi lihatlah, karena dia adalah pemain yang sangat bagus," ucap Jurgen Klopp menyambut Endo, dikutip dari laman resmi Liverpool.

"Pemain berpengalaman, kapten Stuttgart, kapten Jepang, berbicara bahasa Inggris dengan baik, kawan yang baik, pria keluarga, mesin di lapangan, pesepak bola yang baik di atas itu, sikap sensasional. Jadi, saya sangat senang. Dia pesepak bola yang baik, sangat berpengalaman dan suka bekerja sangat keras."

Baca Juga:

Resmi, Wataru Endo Jadi Pemain Kedua dari Jepang di Liverpool

Chelsea 1-1 Liverpool: Kembali Tanpa Pemenang

Ditolak Moises Caicedo, Liverpool Pilih Putar Balik

Menilik informasi dari laman resmi Liverpool, berikut enam hal yang perlu diketahui mengenai Wataru Endo:

1. Punya Pengalaman Besar

Endo memiliki 400 penampilan lebih pada level klub, setelah sebelumnya bermain di empat tim (Shonan Bellmare, Urawa Red Diamonds, Sint-Truiden, dan Stuttgart). Dimulai dari perjalanan di dalam negeri, Endo mulai bermain di Eropa dengan Sint-Truiden pada 2018.

Sejak pindah ke Stuttgart sebagai pemain pinjaman pada 2019, Endo menjadi pemain permanen dan tampil 133 kali di sana. Dengan timnas Jepang, Endo punya 50 caps dan dua gol.

2. Pemimpin untuk Klub dan Negara

Sepanjang kariernya, Endo bertanggung jawab sebagai kapten. Dia kapten untuk Jepang pada Olimpiade 2016 dan memimpin tim senior, kapan pun ia dipanggil.

Pada Juli 2021, Endo jadi kapten Stuttgart pilihan Pellegrino Matarazzo.

"Penting bagi saya bahwa kapten kami dapat membawa semua orang bersamanya, bahwa dia mewujudkan nilai-nilai yang kami perjuangkan dan merupakan contoh untuk diikuti," kata Matarazzo.

"Saya memilih Wataru Endo karena dia juga seseorang yang memberikan ruang bagi pemain lain untuk bertanggung jawab."

3. Pemain Serba Bisa

Endo tidak hanya mengisi posisi gelandang bertahan yang dibutuhkan Liverpool, tetapi juga ia dapat bermain di peran lainnya alias sebagai pemain serba bisa. Endo juga bisa dapat bermain sebagai bek tengah.

"Dia salah satu jangkar ini, titik fokus dalam sistem kami," kata mantan Direktur Olahraga, Stuttgart Sven Mislintat. "Apakah dia bermain sebagai bek tengah atau sebagai gelandang bertahan, bagus dia ada di sana dan tampil bagus."

4. Statistik Tekel Bola

Dalam dua musim beruntun di Bundesliga, Endo pernah memimpin dalam statistik perebutan bola yang dimenangi. Total pada 2020-2021 ssebanyak 476 dan 448 pada 2021-2022. Musim lalu, Endo memenangi 439 tekel.

Mislintat melihat Endo sebagai 'bodyguard' dan juga 'jantung' dari tim Stuttgart.

5. Meninggalkan Stuttgart sebagai Legenda

Musim lalu, Endo berkontribusi penting dalam menjaga Stuttgart agar tetap sintas di Bundesliga dan itu jadi kenangan indah dari fans. Terlebih, Endo jadi pahlawan bagi Stuttgart kala ia mencetak gol kemenangan 2-1 atas Koln.

Itu membawa Stuttgart unggul atas Hertha Berlin pada perbedaan selisih gol, menghindari play-off degradasi. Kala ia kembali dari laga tersebut, ia menerima pesan yang dibaca sebagai 'Legendo'.

6. Pemain Kedua dari Jepang di Liverpool

Endo mengikuti jejak kompatriotnya, Takumi Minamino, yang gabung Liverpool pada 2020 dari RB Salzburg dan kini bermain di AS Monaco. Minamino pun telah memberi ucapan selamat kepada Endo.

"Ya, ya. Dia (Minamino) mengirimi saya pesan dan mengucapkan selamat. Saya memintanya untuk bercerita tentang Liverpool, jadi kami mengobrol," urainya.

Wataru Endo Liverpool Sosok Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan