Piala Asia U-23 2024

5 Pemain yang Bisa 'Gendong' Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 09 April 2024
5 Pemain yang Bisa 'Gendong' Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024
Aksi Marselino Ferdinan dalam laga Timnas Indonesia U-23 Vs Taiwan. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala Asia U-23 2024. Turnamen tersebut berlangsung di Qatar mulai 15 April sampai 3 Mei 2024.

Ini merupakan pertama kalinya Timnas Indonesia U-23 berlaga di Piala Asia U-23. Dari lima penyelenggaraan sebelumnya, atau sejak digulirkan pada 2013, Garuda Muda tidak pernah lolos.

Berstatus sebagai debutan, Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania, diberi target lolos dari fase grup. Bahkan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mematok target lebih tinggi, yakni meraih tiket semifinal.

Demi menggapai target tersebut, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain terbaik, termasuk beberapa pemain abroad, yakni Ivar Jenner, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, dan Rafael Struick.

Baca Juga:

Analisis: Starter Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Tempuh Waktu Penerbangan 7 Jam ke Dubai, Marselino Ferdinan Langsung Ikut Persiapan Timnas U-23

Namun, Nathan tidak dilepas oleh klubnya, SC Heerenveen, sedangkan Justin Hubner baru diizinkan bergabung pada 17 April, atau setelah Timnas Indonesia U-23 melakoni laga pertama di Grup A melawan Qatar, Senin (15/4). Dengan demikian, Justin diperkirakan baru tersedia saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Australia (18/4) dan Yordania (21/4).

Meski dihadapkan dengan kondisi seperti itu, Shin Tae-yong tidak perlu khawatir. Ia masih bisa mengandalkan sejumlah pemain sebagai tulang punggung Garuda Muda sepanjang turnamen.

Tanpa mengesampingkan pemain-pemain lainnya, nama-nama seperti Marselino Ferdinan dan Ramadhan Sananta diprediksi bisa 'menggendong' skuad Timnas Indonesia U-23. Selain mereka, masih ada tiga nama lagi. Siapa saja, berikut daftarnya.

5 Pemain yang Bisa 'Gendong' Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 versi BolaSkor.com:

Ernando Ari Sutaryadi

Nama pertama yang ada di daftar ini adalah seorang kiper, yakni Ernando Ari Sutaryadi. Pemain asal klub Persebaya Surabaya itu bahkan jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Senior.

Ernando Ari. (PSSI)

Ketangguhan Ernando di bawah mistar gawang akan diuji oleh tim-tim kuat seperti Qatar, Australia, dan Yordania, pada babak penyisihan grup. Jika ingin lolos ke babak berikutnya, peran Ernando supaya gawang Timnas Indonesia U-23 tidak gampang dibobol lawan menjadi sangat krusial.

Rizky Ridho

Rizky Ridho tidak hanya akan menjadi komandan di barisan pertahanan Timnas Indonesia U-23. Ridho diprediksi akan didapuk sebagai kapten tim di Piala Asia U-23 2024.

Aksi bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho, saat menghadapi Vietnam. (PSSI)

Ridho diharapkan bisa mengomandoi lini belakang Skuad Garuda Muda dengan baik bersama Muhammad Ferarri, Komang Teguh, dan Kakang Rudianto. Ketenangan dan kepemimpinan pemain Persija Jakarta akan sangat diandalkan Shin Tae-yong sepanjang turnamen.

Pratama Arhan

Nama berikutnya yang berada di dalam daftar ini adalah Pratama Arhan. Sama seperti Ernando dan Ridho, Arhan adalah pemain yang selalu masuk skuad Shin Tae-yong, baik di timnas kelompok umur maupun senior.

Aksi Pratama Arhan melawan Kamboja. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Arhan dikenal punya kecepatan, akselerasi, dan umpan terukur yang bisa memanjakan rekan-rekannya. Arhan juga punya satu senjata mematikan, yakni lemparan ke dalam.

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan akan menjadi motor serangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Pemain KMSK Deinze itu dianugerahi skill olah bola yang sangat mumpuni.

Marselino Ferdinan merayakan gol ke gawang Irak. (PSSI)

Marselino tidak hanya punya kemampuan menusuk pertahanan lawan, tetapi juga kerap menjadi pencetak gol. Salah satu gol Marselino yang pasti akan selalu diingat adalah ketika membobol gawang Irak di Piala Asia 2023.

Ramadhan Sananta

Pemain yang satu ini memang tidak selalu menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong. Namun, jika diberi kesempatan, Sananta akan membalasnya dengan gol demi gol.

Selebrasi Ramadhan Sananta usai bobol gawang Brunei Darussalam. (PSSI)

Sananta merupakan top skor Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan empat gol. Di Liga 1, Sananta juga gacor bersama Persis Solo dengan menorehkan delapan gol dari 23 penampilan.

Timnas indonesia u-23 Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Ernando Ari Sutaryadi Rizky Ridho Pratama Arhan Alif Marselino ferdinan Ramadhan Sananta Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.471

Bagikan