Piala Asia U-23 2024

Analisis: Starter Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 06 April 2024
Analisis: Starter Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024
Aksi Arkhan Fikri saat Timnas Indonesia U-23 beruji coba dengan Arab Saudi U-23 jelang Piala Asia U-23 2024. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 bakal tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar yang berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Garuda Muda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Untuk menghadapi ajang tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyiapkan 28 pemain. Namun, tidak semua pemain bisa memenuhi panggilan tersebut, seperti Alfeandra Dewangga dan Nathan Tjoe-A-On.

Baca Juga:

Tak Ada Pergantian Pemain Lagi di Timnas U-23, Terakhir Kakang Rudianto

Shin Tae-yong Uji Starter Timnas U-23 di Uji Coba Lawan UEA

Dewangga batal bergabung karena harus menjalani operasi kecil, sedangkan Nathan tidak dilepas oleh klubnya, SC Heerenveen. Klub Liga Utama Belanda (Eredivisie) itu urung melepas Nathan karena Piala Asia U-23 bukan turnamen resmi FIFA.

Lantas, bagaimana prakiraan starter Timnas Indonesia U-23 pasca batalnya kedua pemain tersebut bergabung. Berikut prediksi BolaSkor.com.

Kiper

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memanggil empat pemain di posisi ini. Keempat pemain tersebut di antaranya Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Adi Satryo, Daffa Fasya, dan Erlangga Setyo.

Dari keempat nama itu, Ernando berpeluang menjadi kiper utama. Pengalaman atau jam terbang kiper Persebaya Surabaya itu tak perlu diragukan, karena kerap jadi pilihan Shin Tae-yong juga di Timnas Senior.

Jika tidak cedera atau sakit, sulit rasanya menggeser Ernando dari posisi inti. Sementara itu, Muhammad Adi Satryo dan Daffa Fasya akan bersaing sebagai pelapis utama Ernando.

Belakang

Satu nama yang pasti mengisi lini belakang adalah Rizky Ridho. Pemain asal Persija Jakarta itu pun berpeluang didapuk sebagai kapten tim.

Untuk menemani Rizky Ridho, Shin Tae-yong punya beberapa pilihan. Misalnya, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, dan yang terbaru adalah Kakang Rudianto.

Aksi Rizky Ridho saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho).

Jika menggunakan formasi tiga bek sejajar, artinya kita hanya perlu mencari dua nama sebagai pendamping Ridho. Diprediksi dua pemain tersebut adalah Ferarri dan Komang Teguh.

Tengah

Dengan formasi 3-4-3, Shin Tae-yong butuh dua gelandang kuat dan dua wingback yang sama-sama bagus dalam bertahan maupun menyerang. Jika melihat daftar pemain saat ini, pos wingback sepertinya akan ditempati oleh Bagas Kaffa dan Dony Tri Pamungkas.

Bagas akan ditempatkan sebagai wingback kanan, sedangkan Dony di kiri. Jika Pratama Arhan bergabung, posisi Dony bisa tergusur.

Sementara untuk dua gelandang bakal ditempati Justin Hubner dan Ivar Jenner. Justin dikabarkan bakal bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-23 pada 17 April, atau satu hari sebelum laga kedua Timnas Indonesia U-23 di Grup A melawan Australia.

Depan

Untuk lini depan, Shin Tae-yong sepertinya akan mengandalkan Rafael Struick sebagai ujung tombak. Pemain Ado den Haag itu bakal bersaing dengan Ramadhan Sananta sebagai bomber utama Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

Untuk dua penyerang sayap, Shin Tae-yong punya beberapa opsi. Namun, sepertinya pelatih asal Korea Selatan tersebut bakal memilih Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan.

Aksi Ramadhan Sananta saat Timnas Indonesia U-23 beruji coba melawan Arab Saudi U-23, Sabtu (6/4) dinihari WIB. (PSSI)

Shin Tae-yong juga masih mempunyai Jeam Kelly Sroyer, Dzaky Asraf, dan Hokky Caraka sebagai opsi berikutnya. Atau menempatkan Struick sebagai penyerang sayap dan memasang Sananta atau Hokky sebagai penyerang tengah dalam formasi tiga pemain depan.

Prediksi starter Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024:

(3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri; Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Justin Hubner/Arkhan Fikri, Dony Tri Pamungkas/Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Rafael Struick.

Timnas indonesia u-23 Tc timnas Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan