5 Pelatih Terbaik dari Jerman Selama Sedekade Terakhir

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 19 Maret 2024
5 Pelatih Terbaik dari Jerman Selama Sedekade Terakhir
Jurgen Klopp dan Julian Nagelsmann (Twitter)

BolaSkor.com - Jerman memiliki tempat spesial di sepak bola Eropa dan merupakan salah satu kekuatan besar selain Inggris, Spanyol, Italia, dan juga Prancis. Salah satu yang terkenal dihasilkan Jerman adalah pelatih.

Fussball-Lehrer atau bisa dikenal dengan arti "Guru-Sepak Bola" merupakan kursus kepelatihan di Jerman, yang dibentuk oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Reputasinya di Benua Biru terkenal tidak mudah untuk masuk, terutamanya lulus dari sana. Kandidat dianalisa dan diwawancara secara mendetail, hanya mereka yang sesuai kriteria yang dapat mengikuti kursus.

Baca Juga:

Man United Vs Liverpool: Kalah, Jurgen Klopp Klaim The Reds Telah Berikan Segalanya

Ketika Nyali Besar dan Pertaruhan Ten Hag Berbuah Manis

5 Duel Man United Vs Liverpool Paling Menarik di Piala FA

Jangan lupa juga bahwa pada 2020, tiga pelatih dari Jerman mendominasi Eropa dengan mengirimkan perwakilan ke semifinal Liga Champions. Mereka adalah Thomas Tuchel, Julian Nagelsmann, dan Hans-Dieter Flick.

Tahun ini pun beberapa nama dari Jerman tetap menjadi perhatian di Eropa. Berikut BolaSkor.com menuturkan lima pelatih terbaik dari Jerman selama sedekade (10 tahun) terakhir:

1. Jurgen Klopp

Nama yang sudah pasti ada dalam daftar ini. Mulai melatih sejak 2001 dan kini menjalani musim terakhir bersama Liverpool. Jurgen Klopp (56 tahun), mantan pemain profesional yang pensiun karena cedera bersama Mainz.

Hanya ada tiga klub yang pernah dilatihnya yakni Mainz, Borussia Dortmund, dan Liverpool - semuanya dalam waktu singkat. Tapi, Klopp memiliki reputasi besar melalui skema gegenpressing yang mulai diterapkannya dari Dortmund dan kini Liverpool.

Heavy metal. Itulah gaya bermain yang identik dengannya. Klopp salah satu pelatih top yang melatih Liverpool karena ia membantu tim mengakhiri penantian titel liga selama 30 tahun, juga memenangi Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga.

2. Thomas Tuchel

Kendati belakangan pamornya menurun karena naik turunnya performa Borussia Dortmund, jangan lupa Thomas Tuchel pernah meraih sukses memenangi trofi bersama klub berbeda dari Chelsea, Dortmund, Paris Saint-Germain (PSG) hingga Bayern Munchen.

Taktiknya juga berdasarkan penguasaan bola dan tak bisa ditebak, sebab memiliki bermacam variasi formasi, namun Tuchel tidak 'kaku' seperti Pep Guardiola. Permainan operan bola timnya bisa terjadi cepat dan begitu ada celah di depan, permainan akan langsung terarah ke lini depan.

Selain itu, Tuchel juga dapat menerapkan taktik bertahan dan efisien layaknya sepak bola Jerman. Cara itu berguna ketika Chelsea juara Liga Champions dan mengalahkan Manchester City di final.

3. Julian Nagelsmann

Beradaptasi dan memanfaatkan ruang di pertahanan lawan. Julian Nagelsmann, seperti Tuchel juga lulusan Fussball-Lehrer, dan mengombinasikan kemajuan teknologi dalam metode kepelatihannya.

Pada usia 36 tahun yang masih sangat muda sebagai pelatih, Julian Nagelsmann memiliki pengalaman melatih klub seperti Hoffenheim, RB Leipzig, Bayern Munchen, dan kini membesut timnas Jerman.

4. Hans-Dieter Flick

Reputasinya juga tercoreng karena dipecat DFB menyusul hasil buruk melatih timnas Jerman, terutamanya setelah tampil buruk di Piala Dunia 2022. Kendati demikian, terlalu dini menilai Hans-Dieter Flick atau Hansi Flick sebagai pelatih yang buruk.

Jangan lupa, Flick pernah memenangi tujuh trofi dengan Bayern selama dua tahun melatih, meraih treble winners seperti titel Bundesliga (dua kali), Liga Champions, DFB Pokal, Piala Super Jerman, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

5. Joachim Low

Tidak sedang melatih pasca meninggalkan Jerman pada 2021 setelah membesutnya sejak 2006, memenangi satu Piala Dunia. Kariernya di level klub tak terdengar saat melatih Stuttgart, Fenerbahce, Karlsruher SC, Adanaspor, Austria Wien.

Tapi, Low layak diberi kans melatih klub besar di Eropa. Ia masih merupakan salah satu pelatih tersukses di Jerman, dengan rata-rata kemenangan mencapai 54,79 persen dalam 26 tahun kariernya sebagai pelatih.

Jerman Jurgen Klopp Thomas Tuchel Trivia Sepak Bola Hans Dieter Flick Julian Nagelsmann
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan