5 Momen Laga Paling Berkesan Sir Bobby Charlton di Man United dan Timnas Inggris

Arief HadiArief Hadi - Senin, 23 Oktober 2023
5 Momen Laga Paling Berkesan Sir Bobby Charlton di Man United dan Timnas Inggris
Sir Bobby Charlton mengangkat trofi Liga Champions (Twitter)

BolaSkor.com - Inggris dan sepak bola dunia berduka dengan kabar wafatnya Robert Charlton atau Sir Bobby Charlton. Legenda Manchester United dan juga sepak bola Inggris itu meninggal pada usia 86 tahun.

"Manchester United berduka atas meninggalnya Sir Bobby Charlton, salah satu pemain terhebat dan paling dicintai dalam sejarah klub kami," tutur pernyataan resmi Man United.

"Sir Bobby adalah pahlawan bagi jutaan orang, tidak hanya di Manchester, atau Inggris, tapi di mana pun sepak bola dimainkan di seluruh dunia."

Sir Bobby Charlton pensiun dengan 106 caps dan 49 gol untuk timnas Inggris, serta memainkan 748 laga plus torehan 349 gol bersama Man United (1956-1973). Di sana, Bobby Charlton meraih titel Divisi Satu (format sebelum Premier League), Piala Eropa dan Piala FA.

Baca Juga:

Legenda Manchester United dan Inggris Sir Bobby Charlton Wafat

Ucapan Belasungkawa Figur dan Sepak Bola Dunia untuk Sir Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton dan 10 Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Bobby Charlton berposisi sebagai gelandang serang yang bertransformasi jadi deep-lying forward (penyerang pengatur serangan), dinilai sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa Inggris dan sepak bola global.

Mengenang karier dan warisan yang ditinggalkannya untuk sepak bola dunia, berikut lima laga paling berkesan dari Bobby Charlton, baik itu dengan timnas Inggris atau di level klub.

1. Man United 4-1 Charlton Athletic (6 Oktober 1956)

Promosi dari akademi dan memainkan debut di tim utama Man United pada 6 Oktober 1956, melawan Charlton Athletic. Debutnya diwarnai dengan dua gol dan Man United menang 4-1.

Kala itu usia Charlton baru 18 tahun, bermain untuk klub di akhir pekan setelah ia menyelesaikan servis untuk negara di Kesatuan Royal Army Ordnance di Shrewsbury, bersama rekan setimnya Duncan Edwards. Charlton bermain 17 kali pada musim tersebut di seluruh kompetisi, mencetak 12 gol.

2. West Brom 2-2 Man United (1 Maret 1958)

Pasca selamat dari tragedi Munich kala kecelakaan pesawat menewaskan delapan rekan setimnya, serta total 23 orang meninggal dunia, Bobby Charlton jadi penyintas pertama yang meninggalkan rumah sakit setelah dirawat.

Bobby Charlton menjalani pemulihan di rumahnya di Ashington, kemudian memainkan laga pertamanya setelah tragedi itu di Piala FA melawan West Bromwich Albion (imbang 2-2). Umurnya baru 20 tahun.

3. Skotlandia 0-4 Inggris (19 April 1958)

Pertandingan pertama atau laga debut di level timnas selalu jadi impian bagi pemain mana pun, tetapi situasinya berbeda untuk Bobby Charlton pada April 1958. Momen itu terjadi setelah dua bulan sebelumnya Charlton jadi penyintas dari tragedi Munich (kecelakaan pesawat).

Tidak mudah bagi Charlton bermain dalam kondisi tersebut dan ia seyogyanya mencetak gol pada laga yang dihelat di Hampden Park, tetapi perasaannya hampa hingga Charlton tak bisa melakukan selebrasi gol - meski itu laga debut. Patut diingat, usianya saat itu baru berumur 20 tahun.

4. Inggris 4-2 Jerman Barat (30 Juli 1966)

Masih menjadi trofi Piala Dunia terakhir yang pernah dimenangi timnas Inggris. Terjadi pada 1966 saat Inggris menjadi tuan rumah. Bobby Charlton berada dalam skuad Inggris besutan Sir Alf Ramsey.

Pada semifinal, Bobby Charlton tampil gemilang dengan dua golnya ke gawang Portugal yang memiliki Eusebio (Inggris menang 2-1).

Di final, Bobby Charlton tak mencetak gol tetapi ia menjaga kekuatan lini tengah Inggris melawan Jerman Barat arahan Helmut Schon yang memiliki Franz Beckenbauer dan Uwe Seeler.

Inggris keluar jadi pemenang di waktu tambahan melalui hat-trick gol Sir Geoff Hurst dan Martin Peters, yang dibalas gol Helmut Haller dan Wolfgang Weber.

5. Man United 4-1 Benfica (29 Mei 1968)

Dua tahun setelah bermain di Wembley bersama Inggris, Bobby Charlton kembali bermain di sana dan kali ini bersama Man United di final Eropa pertama.

Bobby Charlton berperan penting bagi Man United dengan mencetak gol pembuka, juga kala ia menorehkan gol keempat pasca dua gol sebelumnya dicetak George Best dan Brian Kidd. Man United menang 4-1 dan menjadikan mereka klub Inggris pertama yang memenangi Piala Eropa (format lama Liga Champions).

Trivia Sepak Bola Sosok Bobby Charlton Sir Bobby Charlton Timnas Inggris Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.091

Bagikan