5 Fakta Menarik dari Deadline Transfer 2023: Pecahnya Rekor hingga Kegagalan Berganti Klub

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 03 September 2023
5 Fakta Menarik dari Deadline Transfer 2023: Pecahnya Rekor hingga Kegagalan Berganti Klub
Moises Caicedo, transfer termahal Chelsea (Laman Resmi Chelsea)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas 2023 telah resmi ditutup di liga-liga top Eropa pada Sabtu (02/09) pagi WIB. Transfer masih dapat dilakukan di liga yang belum mencapai deadline atau terkait pemain tanpa klub (free agent).

Selayaknya cerita dari bursa transfer musim panas di edisi-edisi sebelumnya, musim panas 2023 juga menghadirkan beberapa cerita menarik, termasuk dengan hadirnya Arab Saudi sebagai 'pewarna' keseruan transfer musim panas 2023.

Baca Juga:

Rangkuman Deadline Bursa Transfer: Joao Felix ke Barcelona, Mason Greenwood Gabung Getafe

Prediksi Premier League 2023-2024: Tantangan Manchester City, Perebutan Empat Besar Memanas

Deadline Day: Sofyan Amrabat Gabung Manchester United, Liverpool Tidak Tergoda Jual Mo Salah

BolaSkor.com telah merangkum sederet fakta menarik dari deadline bursa transfer musim panas 2023. Menilik data dari BBC Sport, berikut lima fakta menarik tersebut.

1. Rekor

Klub-klub Premier League menghabiskan 2,36 miliar poundsterling untuk merekrut pemain-pemain baru. Dana akumulasi dari 20 klub itu sudah melewati rekor pada musim panas 2022, yakni sebesar 440 juta poundsterling menurut data dari Deloitte.

Bahkan pada deadline Premier League menghabiskan 255 juta poundsterling, dua kali lipat dari 120 juta poundsterling pada 2022. Artinya, musim 2023-2024 sudah jadi transfer paling banyak kedua tertinggi setelah 2,73 miliar poundsterling musim lalu, jangan lupa juga masih ada bursa transfer musim dingin 2024.

Ada juga rekor lainnya seperti berikut ini:

A. Transfer Premier League dinilai 48 persen dari total pembelanjaan di lima liga top Eropa: LaLiga, Serie A, Bundesliga, dan Ligue 1.

B. Klub-klub Premier League menerima 550 juta poundsterling biaya transfer dari klub luar negeri, lebih dari dua kali lipat rekor 210 juta poundsterling pada musim panas 2022.

C. Dengan pengecualian LaLiga Spanyol, transfer bersih yang dihabiskan meningkat di seluruh lima liga top Eropa.

D. Hanya dua dari lima liga top di Eropa yang melakukan lebih banyak transfer ketimbang menerima uang transfer lebih, yaitu Premier League dan Ligue 1.

E. Ada 13 transfer Premier League yang memiliki nilai 50 juta poundsterling plus, lebih dari dua transfer musim panas terakhir apabila dikombinasikan.

2. Chelsea, Klub Paling Sering Belanja Pemain

Chelsea jadi klub teratas dari sisi pembelanjaan pemain terbanyak dan terbesar. Belanja pemain The Blues era Todd Boehly berlanjut pada bursa transfer ketiga mereka dan tidak ada indikasi belanja pemain tersebut berakhir.

Klub asal London sudah menghabiskan lebih dari 380 juta poundsterling untuk 10 pemain di musim panas 2023, lebih dari tim mana pun di Eropa. Real Madrid jadi klub paling boros di musim panas sebelumnya, tepatnya pada 2019 setelah menghabiskan 292 juta poundsterling.

Kini, Chelsea sudah mendekati total pembelanjaan 1 miliar poundsterling di era Todd Boehly. Besarnya transfer yang mereka lakukan di musim panas 2023 juga tak lepas dari banyaknya pemain yang dilepas, seperti Kai Havertz, Mason Mount, Mateo Kovacic, dan lainnya.

3. Kekuatan Finansial Klub-klub Arab Saudi

Klub-klub Arab Saudi turut memanaskan bursa transfer musim panas 2023. Kekuatan finansial mereka pun tak main-main, dengan menawarkan gaji-gaji besar yang membuat para pemain dari Eropa bermain di sana.

Mengikuti Cristiano Ronaldo seperti Karim Benzema, Neymar, Sadio Mane, N'Golo Kante, Roberto Firmino, dan banyak lagi. Arab Saudi serius ingin menjadikan liga mereka sebagai salah satu yang paling kompetitif di dunia.

Menurut Deloitte, klub-klub Liga Pro Saudi sejauh ini menghabiskan 690,55 juta poundsterling (805 juta euro), 245 juta poundsterling darinya datang dengan merekrut pemain-pemain dari Premier League.

Itu sudah menjadikan Liga Pro Saudi sebagai liga terboros di dunia pada musim panas 2023, di belakang Premier League, Ligue 1, dan Serie A. Transfer di sana pun belum berakhir hingga 7 September dan drama transfer masih dapat terjadi.

4. Transfer Gagal

Cerita di setiap bursa transfer tidak akan menarik jika tidak membahas soal transfer gagal. Pada deadline, tiga kegagalan besar itu melibatkan Kylian Mbappe, Mohamed Salah, dan Joao Palhinha.

Paris Saint-Germain (PSG) terbuka menjual Kylian Mbappe dan Al Hilal bersedia membayar rekor transfer 259 juta poundsterling, tetapi sang pemain menolaknya dan memilih bertahan meski kontraknya habis pada 2024.

Pun demikian Mo Salah yang ingin bertahan dengan Liverpool, meski ditawar 150 juta poundsterling oleh Al Ittihad. Terakhir, adalah kegagalan Joao Palhinha pindah ke Bayern Munchen dari Fulham.

"Itu hari yang sulit bagi Joao Palhinha. Dia akan membutuhkan dukungan," ucap pelatih Fulham, Marco Silva, soal kegagalan transfer Palhinha ke Bayern.

"Dia mencintai Fulham dan suka ada di sini bersama kami. Dia selalu jadi pemain yang memberikan 100 persen kemampuan, tetapi dia juga punya kans besar gabung salah satu klub terbesar di dunia dan sangat dekat mewujudkannya."

5. Transfer pada Deadline

Tidak ada drama besar pada transfer yang benar-benar dilakukan pada deadline, khususnya yang melibatkan tim besar karena mereka sudah merampungkannya tepat sebelum deadline berakhir. Berikut transfer-transfer tersebut.

- Matheus Nunes dari Wolves ke Manchester City (55 juta poundsterling)

- Cole Palmer dari Manchester City ke Chelsea (40 juta poundsterling)

- Manchester United mendapatkan Sofyan Amrabat, Altay Bayindir, dan Sergio Reguilon

- Nottingham Forest merekrut Ibrahim Sangare, Callum Hudson-Odoi, dan Nicolas Dominguez

- Ryan Gravenberch dari Bayern Munchen ke Liverpool (34.3 juta poundsterling)

- Ansu Fati dari Barcelona ke Brighton (pinjaman)

- Brennan Johnson dari Nottingham Forest ke Tottenham (45 juta poundsterling)

- Alex Iwobi dari Everton ke Fulham (22 juta poundsterling)

- Clement Lenglet dari Barcelona ke Aston Villa (pinjaman)

- Albert Sambi Lokonga dari Arsenal ke Luton (pinjaman)

- Mason Greenwood dari Manchester United ke Getafe (pinjaman)

- Rob Holding dari Arsenal ke Crystal Palace (4 juta poundsterling)

- Luis Sinisterra dari Leeds ke Bournemouth (pinjaman)

Trivia Sepak Bola Premier League Bursa transfer Serie a LaLiga Chelsea Arab saudi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan