Timnas Indonesia

5 Fakta Menarik Calvin Verdonk, Pesaing Baru Arhan di Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 03 April 2024
5 Fakta Menarik Calvin Verdonk, Pesaing Baru Arhan di Timnas Indonesia
Aksi Calvin Verdonk bersama NEC Nijmegen. (Instagram Calvin Verdonk)

BolaSkor.com - Ada lima fakta menarik tentang Calvin Verdonk. Pemain yang pernah dibuat pusing Kylian Mbappe ini bakal menjadi pesaing baru Pratama Arhan di Timnas Indonesia.

Pratama Arhan menjadi pemain yang paling terancam tergusur dari skuat Garuda. Pasalnya, sektor bek kiri dihuni pemain-pemain berkelas yang berkompetisi di Eropa.

Pesaing Arhan tak sekadar Shayne Pattynama dan Nanthan Tjoe-A-On. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan Calvin Verdonk dalam proses naturalisasi.

Baca Juga:

Emil Audero Kirim Kode, PSSI: Belum Jadi Prioritas

Dua Pemain Keturunan Berpeluang Diproses Naturalisasi dalam Waktu Dekat

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Pernyataan Shin Tae-yong itu membenarkan pengakuan Calvin di channel youtube Yussa Nugraha. Calvin membuka diri untuk menyusul Thom Haye dkk. membela Timnas Indonesia.

"Kita sedang proses sekarang, dan kalau semua proses sudah selesai kita lihat kapan aku bisa bermain untuk Timnas Indonesia," kata Calvin saat ditanya Yussa Nugraha.

Jika PSSI sukses mengamankan bek 26 tahun ini, Timnas Indonesia bakal tambah kuat. Selain bisa berposisi sebagai bek kiri, Calvin bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang sayap kiri.

BolaSkor.com merangkum lima fakta menarik tentang Calvin Verdonk. Pemain NEC Nijmegen ini pernah menjadi salah satu talenta berbahaya milik tim muda Belanda.

1. Punya Darah Aceh

View this post on Instagram

A post shared by Calvin Verdonk (@c.verdonk)

Calvin Verdonk punya hak untuk membela Timnas Indonesia. Ternyata, Calvin memiliki darah Aceh. Sang ayah dan keluarganya berasal dari Meulaboh, Aceh Barat.

Hal ini diceritakan Calvin kepada Yussa Nugraha. Calvin juga mengaku pernah sekali ke Indonesia, tepatnya Bali, untuk menikmati liburan.

Calvin Verdonk pun menyebut "Nasi Goreng" sebagai makanan favorit dari Indonesia. Ia dengan mudah menjumpai rumah makan yang menjajakan nasi goreng saat pergi ke Bali beberapa tahun lalu.

2. Aset Penting Feyenoord

View this post on Instagram

A post shared by Calvin Verdonk (@c.verdonk)

Calvin Verdonk pernah jadi aset penting Feyenoord Rotterdam. Ia sudah menjalani debut di Eredivisie pada 8 Maret 2015 atau saat usianya masih 17 tahun.

Kala itu, pelatih Fred Rutten menurunkannya dalam pertandingan melawan NAC Breda. Calvin masuk menggantikan Lucas Woudenberg pada menit ke-73.

Kepercayaan itu diberikan Fred Rutten setelah Calvin tampil bagus di UEFA U-17 Championship 2014 bersama Timnas Belanda. Calvin pun naik kelas ke Timnas Belanda U-19 pada tahun berikutnya.

Sayangnya, Calvin Verdonk kesulitan menembus starting eleven Feyenoord Rotterdam. Setelah beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, Calvin keluar dari Feyenoord dan mengikat kontrak dengan NEC Nijmegen hingga sekarang.

3. Langganan Timnas Belanda

View this post on Instagram

A post shared by Calvin Verdonk (@c.verdonk)

Calvin Verdonk merupakan langganan Timnas Belanda pada usia muda. Statusnya sebagai pemain Feyenoord Rotterdam membuat Calvin terus dilirik dan rutin jadi andalan.

UEFA U-17 Championship 2014 merupakan panggung besar bagi Calvin. Dari catatan Soccerway, Calvin tak tergantikan dari fase grup hingga partai final. Calvin pun mencetak tiga gol dalam sebelas laga tersebut.

Performa ciamik itu membuat Calvin langsung naik kelas ke Timnas Belanda U-19. Ia diandalkan pada UEFA U-19 Championship 2015 dan 2016.

Calvin tetap menjadi pemain tak tergantikan di Timnas Belanda U-19. Sayangnya, prestasi secara tim gagal menyamai UEFA U-17 Championship 2014.

4. Pernah Hadapi Mbappe

Calvin Verdonk
Aksi Calvin Verdonk bersama NEC Nijmegen. (Instagram Calvin Verdonk)

Status sebagai langganan Timnas Belanda usia muda membuat Calvin Verdonk bisa menjadi rekan ataupun menghadapi bakat-bakat terbaik Eropa. Di Timnas Belanda U-19, Calvin satu tim dengan Donny van de Beek dan Frenkie de Jong.

Sementara sebagai lawan, Calvin pernah melihat dan merasakan sendiri kehebatan bintang PSG, Kylian Mbappe. Calon bomber Real Madrid menjadi salah satu momok menakutkan bagi Calvin dan Belanda.

Pada laga fase grup edisi 2016, Belanda dibantai Perancis 1-5 berkat dua gol Mbappe dan hattrick Jean Kevin Augustin. Di tim Perancis, ada pula nama Marcus Thuram yang kini jadi bomber ganas Inter Milan.

Dalam wawancara di youtube Yussa Nugraha, Calvin masih mengingat momen bersama Mbappe. Calvin menyebut nama Mbappe sebagai salah satu pemain yang pernah membuatnya kesulitan dalam pertandingan.

5. 100 Laga Bersama NEC Nijmegen

Calvin Verdonk
Aksi Calvin Verdonk bersama NEC Nijmegen. (Instagram Calvin Verdonk)

Calvin Verdonk punya tempat spesial di hati para fans NEC Nijmegen. Ia merupakan salah satu pemain yang sudah mencatatkan 100 penampilan bersama NEC Nijmegen.

Ia terus mendapat tempat bukan saja karena dia jago sebagai pemain belakang. Calvin juga rajin dalam membantu timnya melakukan serangan.

Salah satu spesialisasinya adalah tendangan bebas mematikan. Pada musim ini Calvin sudah mencetak dua gol dari tendangan bebas ke gawang Sparta Rotterdam dan Twente.

Hingga saat ini, bek berusia 26 tahun ini sudah tampil dalam 27 pertandingan di Eredivisie dan lima partai di KNVB Beker. Calvin masih punya kontrak satu musim bersama NEC Nijmegen. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Calvin Verdonk Timnas Indonesia Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.035

Bagikan