Timnas Indonesia

Dua Pemain Keturunan Berpeluang Diproses Naturalisasi dalam Waktu Dekat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 03 April 2024
Dua Pemain Keturunan Berpeluang Diproses Naturalisasi dalam Waktu Dekat
Aksi Maarten Paes saat memperkuat FC Dallas. (Instagram.com/maartenpaes)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengabarkan bahwa akan ada dua pemain keturunan yang dinaturalisasi dalam waktu dekat. Namun, Arya belum bisa membuka nama keduanya ke publik.

PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir terus berupaya membuat Timnas Indonesia semakin kuat. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menaturalisasi para pemain keturunan.

Sebelumya, jelang menghadapi Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret 2024, PSSI merampungkan proses naturalisasi empat pemain keturunan, yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

"Sesuai kata pak ketum (PSSI, Erick Thohir-Red) mudah-mudahan akan ada dua pemain yang diproses dalam waktu dekat," kata Arya Sinulingga.

Namun, Arya belum bisa membuka dua nama pemain itu ke publik. Selain Maarten Paes yang sudah mengikuti proses naturalisasi di DPR, muncul nama bek kiri NEC Nijmegen Calvin Verdonk dan penyerang FC Utrecht Ole Romeny sebagai calon pemain Timnas Indonesia.

"Saya enggak mau ngomong (pemain yang dimaksud adalah) Calvin. Yang pasti kalau dia belum sampai ke Indonesia, kami enggak mau ngomong. Kami enggak mau janji karena ada prosesnya," ucap Arya.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Berharap Naturalisasi Calvin Verdonk Rampung sebelum Juni 2024

Erick Thohir Disebut Ingin Naturalisasi Penyerang FC Utrecht Ole Romeny, Exco PSSI Beri Tanggapan

Arya menjelaskan bahwa isu mengenai naturalisasi pemain harus disikapi hati-hati. Sebab, prosesnya tidak mudah.

"Pertama mereka harus datang ke sini dulu karena mereka harus pergi ke kedubes (negara masing-masing) untuk menyatakan ingin pindah kewarganegaraan. Yang kedua, harus tes kesehatan dan lain-lain. Setelah itu harus dicari waktu liburnya dia."

"Teman-teman tahu prosesnya (biasanya) saat FIFA Matchday. Kami sedang cari celahnya siapa tahu ada bulan-bulan tertentu dia bisa pergi dan ini yang sedang diusahakan pak Erick (Thohir) agar prosesnya jalan," ucap pelaksana tugas (plt) Ketua Asprov PSSI Sumatera Utara tersebut.

Timnas Indonesia Pssi Naturalisasi Maarten Paes Arya Sinulingga Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.271

Bagikan