5 Calon Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 10 Maret 2021
5 Calon Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman
Joachim Low (Twitter)

BolaSkor.com - Tak ada angin tak ada hujan pelatih timnas Jerman Joachim Low membuat keputusan yang mengejutkan. Melalui situs resmi DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) Low memutuskan mundur sebagai pelatih timnas usai Piala Eropa 2020.

"Saya mengambil langkah ini dengan sangat sadar, dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur yang sangat besar, tetapi di saat yang sama terus menjadi sangat termotivasi ketika datang ke turnamen Piala Eropa mendatang," tutur Low.

"Saya bangga, karena itu adalah sesuatu yang sangat istimewa dan suatu kehormatan bagi saya untuk terlibat dengan negara saya. Dan karena saya telah dapat bekerja dengan pemain terbaik di negara ini selama hampir 17 tahun dan mendukung mereka dalam perkembangan mereka."

"Saya telah meraih kemenangan besar bersama mereka serta kekalahan yang menyakitkan, tetapi di atas semua itu, banyak momen indah dan ajaib - tidak hanya memenangkan Piala Dunia 2014 di Brasil."

Baca Juga:

Joachim Low Tak Lagi Melatih Jerman Selepas Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020 - Joachim Low Pertimbangkan Panggil 3 Veteran Jerman

Profil Jamal Musiala, Talenta Besar yang Lepas dari Genggaman Inggris

Joachim Low

Low (61 tahun) melatih timnas Jerman selama 15 tahun dari 2006 hingga 2021 ini. Kontraknya masih tersisa sampai Piala Dunia 2022 namun Low sudah mengambil keputusan. Menarik untuk dinanti siapa pelatih yang akan ditunjuk DFB menggantikan Low.

Jurgen Klopp sudah terang-terangan mencoret dirinya dari potensi pengganti Low di Jerman. Lantas siapa saja kandidat pelatih Jerman berikutnya?

1. Ralf Rangnick

Sempat dikaitkan dengan AC Milan. Ralf Rangnick sudah banyak melatih klub tapi tidak timnas. Pada usia 62 tahun tidak akan banyak kans lagi melatih timnas. Terlebih Ralf Rangnick sudah menjadi guru bagi banyak pelatih top Jerman.

Saat ini menjadi Direktur di Red Bull. Secara filosofi Rangnick juga cocok dengan pengembangan pemain muda di Jerman, namun di usia tersebut Rangnick bukan solusi ideal untuk jangka panjang.

2. Hans-Dieter Flick

Pernah menjadi asisten pelatih Low di Jerman kala menjuarai Piala Dunia 2014 dan telah meraih sukses besar sextuple dengan Bayern Munchen. Meski Hansi Flick baru melatih Bayern selama dua tahun kurang, potensi melatih Jerman terbuka.

Pemahaman soal kultur sepak bola Jerman dan filosofi timnas sudah dimiliki pelatih berusia 56 tahun tersebut. Akan tapi butuh usaha keras bagi DFB untuk meyakinkannya melatih Jerman.

3. Julian Nagelsmann

Pelatih dengan pemikiran sepak bola modern dan digadang-gadang punya potensi jadi pelatih top di masa depan. Usianya baru berumur 33 tahun dan telah membesut Hoffenheim serta RB Leipzig.

Melatih Jerman jadi tantangan tersendiri. Tapi pada usia yang masih relatif muda untuk karier kepelatihan bisa jadi melatih Jerman terlalu cepat baginya, meski segala kemungkinan masih bisa terjadi.

4. Stefan Kuntz

Kandidat kuat pengganti Low. Stefan Kuntz (58 tahun) selalu berdiskusi dengan Low untuk pengembangan pemain muda karena ia pelatih timnas Jerman U-21. Eks pemain timnas Jerman disinyalir tak perlu lama beradaptasi dengan kultur timnas senior Jerman.

Kuntz juga tidak asing dengan pemain-pemain yang kini memperkuat Jerman seperti Serge Gnabry, Robin Koch, dan Luca Wadschmidt. Jadi Kuntz bisa jadi opsi ideal pengganti Low.

5. Arsene Wenger

Tidak ada yang tidak mungkin terjadi dalam dunia sepak bola. Manajer berusia 69 tahun asal Prancis, Arsene Wenger juga bisa menjadi kandidat pelatih Jerman. Terlebih dia pernah mengutarakan hasratnya melatih timnas Jerman jelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Wenger juga dapat berbicara bahasa Jerman. Pengalamannya selama 22 tahun melatih Arsenal juga dapat berguna di level timnas. Metodenya dalam mengorbitkan pemain muda juga pas dalam pengembangan sepak bola Jerman.

Piala Eropa 2020 Breaking News Jerman Timnas Jerman Joachim Low Arsene Wenger Ralf Rangnick Julian Nagelsmann Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan