5 Akademi Klub Paling Menguntungkan di Dunia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 02 Maret 2024
5 Akademi Klub Paling Menguntungkan di Dunia
Benfica Campus (slbenfica)

BolaSkor.com - Salah satu momen paling menggembirakan sebagai penggemar sepak bola adalah melihat seorang pemain muda datang dari akademi dan mulai mengukuhkan posisinya di tim senior. Bagi klub, kemunculan pemain akademi bisa berarti lain.

Selain menjadi bagian dari proses regenerasi tim, mencuatnya pemain akademi juga memilik dampak ekonomi bagi klub. Ya, bukan rahasia lagi, klub bisa meraup pendapatan dari penjualan pemain-pemain muda jebolan akademi mereka.

Berikut adalah lima akademi sepak bola paling menguntungkan dalam hal pendapatan yang dihasilkan selama sepuluh tahun terakhir dari transfer pemain yang menghabiskan setidaknya tiga musim antara usia 15 dan 21 tahun. Data berdasarkan laporan CIES Football Observatory di awal tahun.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

Jangan Bandingkan Era Xavi Hernandez dengan Pep Guardiola di Barcelona

Alasan Mengapa Barcelona Tidak Permanenkan Kontrak Joao Felix

1. Benfica (Benfica Campus) - 444 juta pounds

Akademi Benfica telah menghasilkan talenta terbaik selama bertahun-tahun. Klub ini berada di posisi yang sempurna karena Liga Primeira dihormati sebagai liga yang sulit dan seringkali tidak diperlukan transisi besar untuk berpindah dari Benfica ke tim elite Eropa.

Nilai penjualan terbesar yang pernah diterima Benfica yaitu saat melepas Joao Felix sebesar 113 juta pound ke Atletico Madrid pada 2019. Kemudian ada Ruben Dias (61 juta pound ke Man City) dan Goncalo Ramos (68 juta ke Paris Saint-Germain).


2. Ajax (Ajax Youth Academy) - 323 juta

Hanya sedikit klub yang memiliki identitas yang jelas dan tegas seperti Ajax. Salah satu bagian dari budaya tersebut adalah dengan menghasilkan pesepak bola muda yang luar biasa. Banyak di antaranya telah menikmati karier terbaik di luar Belanda.

Mereka mungkin berada di urutan kedua setelah Benfica dalam hal penjualan pemain, namun posisi mereka di puncak tidak pernah diragukan.

Biaya terbesar yang diterima Ajax dalam dekade terakhir untuk lulusan akademi adalah 65 juta pounds yang dibayarkan Barcelona untuk Frenkie de Jong pada 2019. Mereka juga menjual Matthijs de Ligt dengan biaya serupa di musim panas yang sama.

Sementara yang lain seperti Jurrien Timber dan Donny van de Beek telah menambah pendapatan keseluruhan.

Skala produksi Ajax juga ditunjukkan dengan berhasil menjual lulusan akademi terbanyak dalam daftar ini dengan 36, enam lebih banyak dari Benfica.


3. Lyon (Olympique Lyonnais Reserves & Academy) - 318 juta

Mengingat Lyon belum banyak tampil di sepak bola Eropa selama satu dekade terakhir, kecuali tampil di semifinal Liga Champions pada 2020, mungkin mengejutkan bahwa mereka masuk dalam daftar.

Transfer Alexander Lacazette senilai 46,5 juta pounds ke Arsenal adalah biaya terbesar yang diterima untuk salah satu produk akademi mereka. Sedangkan baru-baru ini mereka memperoleh sekitar 39 juta ketika Bradley Barcola pindah ke PSG dan 25,8 juta untuk transfer Castello Lukeba ke RB Leipzig.

Pemain lain yang pindah dalam beberapa tahun terakhir termasuk Malo Gusto ke Chelsea, Corentin Tolisso ke Bayern Munchen dan Samuel Umtiti ke Barcelona.


4. Real Madrid (La Fabrica) - 313 juta

Achraf Hakimi adalah ekspor akademi termahal Real Madrid dalam satu dekade terakhir, dengan biaya Inter 37 juta pounds pada 2020. Kepindahan Sergio Reguilon senilai 28,5 juta ke Tottenham juga ikut berkontribusi.

Sementara pemain seperti Marcos Llorente, Jese Rodriguez dan Alvaro Morata semuanya mendapatkan bayaran yang layak.


5. Chelsea (Chelsea FC Development Squad & Academy) - 299 juta

Chelsea berada di urutan berikutnya, dikalahkan tipis oleh Real Madrid meski kedua klub menjual 28 pemain. Menariknya, The Blues hanya menghasilkan 35 juta dari 2014 hingga 2018, tetapi kemudian meraup 264 juta dari 2019 hingga 2023.

Jelas terlihat ketika mereka mulai menjual bakat akademi untuk mengumpulkan dana bagi tim utama.

Biaya terbesar yang mereka terima untuk lulusan akademi adalah 55 juta yang dibayarkan Man Utd untuk Mason Mount pada 2023. Penjualan Tammy Abraham ke Roma seharga 34 juta juga membantu.

Trivia Sepak Bola Breaking News Benfica
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan