Nostalgia

4 Final ketika Liverpool dan Chelsea Bertemu

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 25 Februari 2024
4 Final ketika Liverpool dan Chelsea Bertemu
Didier Drogba dan Steven Gerrard di final Piala FA 2012 (twitter)

BolaSkor.com - Chelsea dan Liverpool akan berhadapan di laga Final Piala Liga yang akan dimainkan di Wembley, Minggu (25/02) pukul 22.00 WIB. Ini bukanlah kali pertama Chelsea dan Liverpool bertarung di partai puncak.

Melihat ke belakang, kedua kubu sudah empat kali bersua di laga pemuncak. Untuk final kali ini, kedua kubu memiliki misi berbeda.

Chelsea dapat meraih trofi perdana di musim pertama Mauricio Pochettino melatih klub, sekaligus pengobat luka dari buruknya performa mereka di Premier League. Untuk Liverpool, ini bisa menjadi awal di tengah pemburuan empat trofi musim ini.

Baca Juga:

3 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea dan Liverpool

5 Duel Kunci yang Dapat Jadi Penentu Laga Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga

Sederet Statistik Jelang Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga

Berikut empat final saat Chelsea dan Liverpool bertemu:


1. Final Piala Liga 2005: Chelsea 3-2 Liverpool

Trofi pertama Jose Mourinho di sepak bola Inggris datang saat melawan Liverpool setelah final Piala Liga yang dramatis di Cardiff.

The Reds memimpin hampir sepanjang pertandingan, John Arne Riise secara spektakuler melakukan tendangan voli yang membuat tim asuhan Rafael Benitez unggul, tetapi gol bunuh diri dari kapten Steven Gerrard membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Didier Drogba membawa Chelsea unggul dan Mateja Kezman menambahkan gol ketiga. Antonio Nunez mencetak gol hiburan bagi The Reds.


2. Final Piala FA 2012: Chelsea 2-1 Liverpool

Setelah mengalahkan Cardiff City di final Piala Liga, Liverpool ingin mendapatkan gelar ganda ketika mereka bertemu Chelsea asuhan Roberto Di Matteo di Wembley.

Namun mereka mengawali pertandingan dengan buruk, dengan Ramires membawa Chelsea unggul terlebih dahulu sebelum Drogba mencetak kedua setelah jeda.

Pemain pengganti Andy Carroll membalaskan satu gol, dan nyaris menyamakan kedudukan saat usahanya digagalkan oleh penyelamatan menakjubkan Petr Cech.

3. Final Piala Liga 2022: Liverpool 0-0 (11-10 pen) Chelsea

Setelah bertarung di waktu normal, kedua kubu gagal membuahkan gol. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Laga berjalan sengit, Liverpool sempat membobol gawang Chelsea, namun Joel Matip melihat golnya dianulir. Laga juga dihiasi aksi kedua kiper Edouard Mendy dan Caoimhin Kelleher yang melakukan serangkaian penyelamatan gemilang.

Drama berlanjut hingga adu penalti, dengan 21 tendangan penalti sukses berturut-turut, yang terakhir dicetak oleh Kelleher. Namun, Kepa Arrizabalaga yang masuk sebagai pengganti melepaskan tendangannya melewati mistar, memberi Liverpool kemenangan.

4. Final Piala FA 2022: Liverpool 0-0 (6-5 pen) Chelsea

Pertemuan di laga final terakhir antara Chelsea kontra Liverpool terjadi pada Mei 2022, dan berakhir dengan adu penalti yang menegangkan.

Kedua belah pihak memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan dalam 90 menit, pun dalam perpanjangan waktu. Tetapi setelah dua jam bermain tanpa gol, pertandingan kembali berakhir dengan adu penalti.

Setelah kegagalan Cesar Azpilicueta, Sadio Mane memiliki peluang untuk memenangkan Liverpool, tetapi usahanya digagalkan Mendy.

Namun, Alisson Becker menggagalkan upaya Mason Mount, sehingga Kostas Tsimikas bisa maju dan membawa Liverpool sebagai pemenang.

Piala Liga Liverpool Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan