Trivia Sepak Bola

3 Alasan Barcelona Keliru Mempertahankan Xavi Hernandez

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 27 April 2024
3 Alasan Barcelona Keliru Mempertahankan Xavi Hernandez
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona berhasil meyakinkan Xavi Hernandez untuk bertahan pada musim depan. Namun, keputusan itu bisa jadi langkah yang keliru. Sebab, setidaknya ada tiga alasan kenapa Barcelona mengambil pilihan yang salah dengan mempertahankan Xavi.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, melakukan berbagai upaya untuk membujuk Xavi bertahan. Laporta menegaskan manajemen Barca tidak ingin Xavi angkat kaki pada akhir musim ini.

Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil manis. Xavi akhirnya mengubah keputusannya dan akan bertahan setidaknya satu musim lagi.

Baca Juga:

PSG Datang dengan Tawaran Rp3,47 Triliun, Barcelona Terancam Kehilangan Lamine Yamal

Alasan Xavi Urung Tinggalkan Barcelona di Akhir Musim

Xavi Hernandez Batal Tinggalkan Barcelona

"Selamat pagi semuanya. Saya senang mengumumkan bahwa Xavi terus menjadi pelatih tim utama Barcelona," ungkap Laporta menurut laporan Football-Espana.

"Dia membuat beberapa pernyataan bahwa dia sempat mempertimbangkan untuk pergi. Namun, kemarin dia menyampaikan kepada saya antusiasme terhadap proyek dan tim untuk terus menang."

Akan tetapi, keputusan Barcelona melarang Xavi pergi bisa berdampak negatif. Berikut adalah ulasannya.

Gagal Manfaatkan Skuad Bintang

Alasan pertama adalah Xavi gagal memanfaatkan skuad bertabur bintang Barcelona secara maksimal. Tidak banyak pemain Barca yang menonjol pada era kepemimpinan Xavi.

Barcelona adalah tim yang punya banyak pemain bintang. Marc-Andre ter Stegen, Jules Kounde, Ronald Araujo, Joao Cancelo, Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Joao Felix, dan Robert Lewandowski adalah beberapa di antaranya.

Meski demikian, pemain-pemain tersebut terlihat kurang bisa dimaksimalkan Xavi. Bahkan, Barcelona dengan para pemain bertabur bintang sempat kalah saing dengan Girona di klasemen.

Kini, dengan jarak 14 poin dari Madrid yang ada di puncak klasemen, terlihat ada perbedaan kualitas yang jauh antara kedua tim. Padahal, materi pemain Barca tidak kalah dari sang rival.

Selain itu, kegagalan melaju jauh di Liga Champions dan Copa del Rey jadi indikasi lain Xavi tidak bisa memanfaatkan skuad Barcelona dengan baik.

Ada Banyak Opsi Menarik

Jika Xavi pergi, Barcelona punya banyak opsi menarik dengan kemampuan yang mumpuni. Oleh karena itu, Barca tidak perlu takut kehilangan Xavi.

Hansi Flick, Roberto De Zerbi, Jurgen Klopp, Mikel Arteta, dan Thomas Tuchel adalah beberapa opsi untuk Barcelona. Mereka adalah nama-nama yang sudah teruji kualitasnya.

Pelatih tersebut bisa memberikan warna baru untuk Barcelona. Jadi, bukan berarti jika Xavi pergi Barcelona akan terpuruk.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Komitmen Meragukan

Masalah lain adalah komitmen Xavi untuk Barcelona. Sebab, menilik pengalaman, pelatih 44 tahun itu bisa saja menyatakan hengkang pada tengah musim.

Dunia sepak bola dibuat kaget dengan keputusan Xavi angkat kaki dari Barcelona pada beberapa bulan lalu. Sebab, biasanya manajemen yang memutuskan berpisah ketika situasi sedang buruk.

Keputusan tersebut menjadi indikasi jika Xavi tidak punya komitmen yang kuat untuk Barcelona. Ia seolah menyerah dengan keadaan.

Xavi Hernandez Trivia Sepak Bola Barcelona LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.603

Bagikan