VAR sampai Goal Line Technology Hadir di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 03 Oktober 2023
VAR sampai Goal Line Technology Hadir di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia
Indra Yudhistira (kedua dari kiri), CEO Visual Indomedia Produksi, saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (3/10). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ajang Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember mendatang akan menerapkan Video Assistant Referee (VAR) dan goal line technology atau teknologi garis gawang.

Hal ini ditegaskan oleh CEO Visual Indomedia Produksi (VIP), Indra Yudhistira. VIP merupakan anak perusahaan dari SCM (Surya Citra Media) yang akan memproduksi siaran pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Indra mengatakan tim produksi VIP sudah berkomunikasi dengan tim VAR dari FIFA. FIFA memberikan kepercayaan penuh kepada SCM untuk memproduksi sepenuhnya seluruh siaran pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

"Kita malah naruh kamera juga. Jadi tim VAR itu memang dari FIFA. Dibawa alat-alatnya semua. Terus nanti ditaruh di sebelah control room kita. Dan kita harus taruh satu kamera juga, jadi sudah syaratnya untuk itu. Jadi ada tim VAR dan tim produksi kita. Di stadion akan disediakan ruangan khusus (tim) VAR. Mereka juga melatih timnya," kata Indra Yudhistira di Jakarta, Selasa (3/10).

Baca Juga:

SCM Resmi Jadi Official Broadcaster Piala Dunia U-17 2023

Catat Tanggalnya! Trofi Piala Dunia U-17 2023 Akan Dipamerkan di 4 Kota Penyelenggara

Selain VAR, SCM juga akan menghadirkan goal line technology untuk menyukseskan perhelatan Piala Dunia U-17 2023. Teknologi ini sudah digunakan sejak Piala Dunia antarklub 2012 dan Piala Konfederasi 2013.

"Ada dong (goal line technology). Cuma beda sama (Piala Dunia 2022) Qatar. Kita tetap taruh 2 kamera khusus untuk goal line. Terus khusus ini, tim VAR-nya yang melakukan handle. Jadi si VAR itu termasuk teknologi goal line, cuma beda sama yang di Qatar. Kalau itu kan teknologinya udah canggih banget," ucap Indra.

Indra merasa terhormat dan beruntung tim produksi VIP dilibatkan dalam penggarapan VAR dan goal line technology ini. Sebab, biasanya FIFA hanya memberikan kewenangan itu kepada timnya sendiri.

"Biasanya acara-acara Piala Dunia itu tim luar negeri yang datang, tim lokalnya enggak dilibatkan. Baru kali ini. Jadi kita dikasih kepercayaan. Itu yang kita jadi merasa, satu kita belajar. Kedua, kita juga ahli teknologi. Oh harus pakai alat ini. Next-nya kita akan bikin dengan standar yang bagus. Kalau siaran-siaran bola masih banyak ini kan. Ada sebagian (operatornya) dari mereka, sebagian dari lokal juga. Mereka melatih, kan," tutur Indra.

Piala Dunia U-17 Fifa Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan