Tunggu PUPR, Persebaya Berharap Dua Laga Kandang Terakhir di Stadion GBT

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 31 Maret 2023
Tunggu PUPR, Persebaya Berharap Dua Laga Kandang Terakhir di Stadion GBT
Manajer Persebaya Surabaya Yahya Hasan Alkatiri. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pasca Piala Dunia U-20 2023 gagal digelar di Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah memberi lampu hijau terkait penggunaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Namun, Persebaya Surabaya enggan gegabah.

Status penggunaan Stadion GBT hingga kini masih di tangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Belum diserahkan kembali ke Pemkot Surabaya sebagai pemilik aset.

“Sejak November 2022 hingga hari ini, informasi yang kami dapat izinnya masih di PUPR. Semoga bisa segera dikembalikan ke Pemkot Surabaya,” ujar manajer Persebaya Yahya Hasan Alkatiri.

Baca Juga:

Raih Kemenangan Kedelapan, Persik Kediri Akui Dewa United sebagai Lawan Tangguh

Berhasil Menang Beruntun, Pelatih Persebaya Lempar Pujian Sekaligus Harapan


“Kami berterima kasih kepada Pak Wali (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) yang mengizinkan kami kembali ke Stadion GBT. Kami sangat berharap kami bisa bermain di Stadion GBT dengan penonton karena esensinya sepak bola itu untuk dilihat oleh semuanya,” tambah mantan manajer Persik Kediri itu.

Persebaya sejatinya tinggal menyisakan tiga laga kandang. Yakni melawan Persija Jakarta pada (5/4), Arema FC (11/4), dan Dewa United FC (15/4). Rencananya, laga melawan Persija digelar di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik.

Sedangkan saat menghadapi Arema FC, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memutuskan menggelar laga derby Jatim itu di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Kendati demikian, manajemen Persebaya, berharap dapat diselenggarakan di Stadion GBT.

Selain kendala status Stadion GBT yang belum diserahkan ke Pemkot, adanya aturan keamanan yang tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian (Perpol) 10/2022. Peraturan baru yang dikeluarkan pasca tragedi di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober 2022, menyebutkan bahwa permohonan izin penyelenggaraan kompetisi olahraga berskala nasional dilaksanakan paling lambat 21 (dua puluh satu) hari kerja sebelum pelaksanaan.

“Artinya, tidak mungkin lawan Persija bisa digelar di Stadion GBT meskipun mungkin besok pengelolaan (Stadion GBT) dikembalikan ke Pemkot Surabaya. Sebab ada aturan di perpol tersebut,” jelas Yahya Alkatiri.

“Tapi kami sangat berharap lawan Arema FC tetap bisa main di Stadion GBT. Kami ingin balik lagi ke home base, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa kembali lagi di sisa musim ini, semoga akan ada jalan segera,” tandas mantan Manajer EPA Persebaya tersebut. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News Stadion Gelora Bung Tomo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan