Tujuh Tahun Berlalu Sejak Terakhir Arsenal Bermain di Fase Gugur Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Februari 2024
Tujuh Tahun Berlalu Sejak Terakhir Arsenal Bermain di Fase Gugur Liga Champions
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal akan bertanding melawan FC Porto di leg satu 16 besar Liga Champions, Kamis (22/02) pukul 03.00 dini hari WIB di Estadio do Dragao. Berbeda dari Porto yang sudah sangat berpengalaman, The Gunners relatif 'anak baru'.

Arsenal kembali bermain di fase gugur setelah tujuh tahun lamanya, sedangkan Porto tampil konsisten selama enam kali dalam tujuh tahun terakhir.

Arsenal belum pernah memenangi Liga Champions dan capaian terbaik mereka adalah perempat final 2010. Terakhir kali ada di 16 besar, Arsenal selalu tersingkir pada tujuh kans beruntun pada medio 2011-2017.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, bermain di klub saat Arsenal tersingkir di lima kesempatan tersebut. Arteta juga tampil tiga kali saat melawan Bayern Munchen dan Barcelona.

Baca juga:

3 Alasan Real Madrid Ngotot Mendatangkan Kylian Mbappe

Prediksi dan Statistik Porto Vs Arsenal: Upaya Membendung Meriam London

Jadwal Siaran Langsung Liga Champions: Barcelona Bersua Napoli, Inter Tantang Atletico

Arsenal lawan Bayern Munchen pada 2017 (Twitter)

Satu-satunya penyintas dalam skuad Arsenal sejak kalah agregat gol 2-10 melawan Bayern pada 2017 adalah Mohamed Elneny. Arteta tahu akan catatan Arsenal di masa lalu, tetapi menurutnya itu irelevan jelang laga lawan Porto.

"Para pemain tahu bahwa kami sudah tidak mengikuti kompetisi ini selama tujuh tahun, tentu saja karena beberapa dari mereka ada di sini dan mereka tahu ceritanya," papar Arteta dikutip dari ESPN.

"Dan mereka tahu bahwa apa yang terjadi di masa lalu tidak relevan. Itu adalah tantangan dan ambisi yang harus kami lalui sekarang."

"Seseorang bernama (Lionel) Messi juga merupakan kendala lain (di tahun-tahun itu) dan Bayern Munchen, yang kami hadapi tiga kali."

"Kompetisi ini memang seperti itu. Kualitas individu sangatlah penting. Hal ini bergantung pada detail dan Anda membutuhkan pemain Anda dalam kondisi terbaik ketika ada kesempatan. Besok pastinya kami akan membutuhkannya," terangnya.

Arsenal memang tak berpengalaman saat ini di Eropa, tetapi Arteta melihat skuadnya antusias untuk melaju jauh. Terlebih dari segi performa saat ini, Arsenal dalam momentum bagus.

"Kami tidak memiliki pengalaman, itulah kenyataannya. Sembilan puluh lima persen dari para pemain ini belum pernah bermain di kompetisi ini, mereka belum bermain di babak 16 besar, saya belum (berhasil di tahap ini)," tambah Arteta.

"Tapi mereka punya begitu banyak energi dan antusiasme untuk bermain bagus, dan itulah keinginan kami dan bagaimana kami akan memainkan permainan ini," urainya.

Arsenal Liga Champions Porto Mikel Arteta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan