Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Momen Introspeksi, Bukan Saling Cari Kambing Hitam

BolaSkorBolaSkor - Senin, 10 Oktober 2022
Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Momen Introspeksi, Bukan Saling Cari Kambing Hitam

BolaSkor.com - Para pendukung klub sepak bola di Indonesia menggelar diskusi publik dengan tema 'One Love For Football: Solidaritas Suporter untuk Kanjuruhan'. Kegiatan yang diinisiasi Barito Mania Jabodetabek ini berlangsung di Sport Cafe, Jakarta Selatan.

Dalam diskusi ini para suporter dan sejumlah narasumber saling bertukar pikiran mencari solusi perbaikan sepak bola Indonesia ke depan pasca Tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa.

Acara ini dihadiri beberapa perwakilan kelompok suporter klub Liga 1. Hadir juga Wakil Ketua KPI Pusat Arya Sandhiyudha, pengamat sepak bola nasional Christopher Halolo dan Content Creator Geolive Chaha.

Baca Juga:

TGIPF Beberkan Temuan Terbaru, Stadion Kanjuruhan Tak Layak untuk Pertandingan Risiko Tinggi

Manajemen Arema FC Bersimpati kepada Abdul Haris

"Tragedi Kanjuruhan adalah tragedi kemanusiaan yang harus mendapat atensi semua pihak, agar para pemangku kebijakan segera menemukan solusi yang holistik dan menyeluruh, bukan sektoral," kata Lutfi Ramadan perwakilan dari Barito Mania Jakarta, Minggu (9/10).

Sementara itu, bagi Arya Sandhiyudha, insiden memilukan yang terjadi pascalaga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10), harus jadi momentum para stakeholder sepak bola untuk berbenah.

"Bukan waktunya untuk saling mencari kambing hitam, karena masyarakat sepakbola tanah air menanti reformasi dan perbaikan dengan segera, sehingga olahraga ini kembali menjadi primadona di tanah ibu pertiwi," tegas Arya Sandhiyudha.

Lalu, menurut Christopher Halolo, masyarakat saat ini sebaiknya mempercayakan kasus Tragedi Kanjuruhan kepada Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) yang dikomandoi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI), Mahfud MD.

"Sepakbola kita bisa berbenah selama kita mau bergotong royong. Selain pembenahan dr sisi aparat, mentalitas suporter jg harus atensi kita. Sudah ada langkah baik, sejumlah suporter fanatik menyurakan narasi damai," pungkas Christoper Halolo.

Sebagai penutup, Lutfi Ramadan perwakilan dari Barito Mania Jakarta mengajak semua semua suporter mendukung PSSI untuk melakukan perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia. Tujuannya agar tontonan olahraga paling populer di tengah masyarakat tersebut bisa bergulir kembali.

"Kita dukung PSSI untuk terus melakukan langkah kongkrit dan tranformatif, berkolaborasi dengan AFC, FIFA, Pemerintah, dan lembaga terkait. Mari sudahi kepentingan kelompok, baik suporter maupun klub. Kita kedepankan persaudaraan diantara kita," pungkas Lutfi Ramadan.

Pssi Liga 1 Suporter Breaking News
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan