Timnas Indonesia U-22 Diminta Waspadai Potensi Ancaman Kamboja

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 18 April 2023
Timnas Indonesia U-22 Diminta Waspadai Potensi Ancaman Kamboja
Selebrasi Beckham Putra dkk. usai membobol gawang timnas Lebanon U-22. (PSSI)

BolaSkor.com - Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, berharap penantian panjang terhadap prestasi tim nasional bisa diakhiri di SEA Games 2023 Kamboja yang akan digulirkan secara resmi pada 5-17 Mei mendatang.

Firman Utina berharap Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri bisa kembali membawa medali emas SEA Games ke Tanah Air, setelah terakhir kali dilakukan pada tahun 1991 di Manila oleh generasi Toyo Haryono dkk.

Namun, Firman mengingatkan Timnas Indonesia U-22 untuk tetap waspada. Menurutnya, semua tim yang tampil pasti sudah mempersiapkan diri dengan maksimal, salah satunya adalah tuan rumah Kamboja.

Kebetulan Indonesia dan Kamboja berada di grup yang sama, yaitu Grup A. Di grup itu juga terdapat Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Firman mengatakan Kamboja patut diberikan perhatian karena berstatus sebagai tuan rumah. Bermain di depan publik sendiri tentu akan menjadi tambahan kekuatan bagi Kamboja.

Baca Juga:

Marselino, Arhan sampai Witan Akan Gabung, Exco PSSI Yakin Timnas Indonesia U-22 Makin Kuat

Indra Sjafri Akui Timnas Indonesia U-22 Banyak Lakukan Kesalahan

Indra Sjafri Belum Dapat Kerangka Timnas Indonesia U-22 Usai Tiga Kali Uji Coba

Pada SEA Games 2021 di Vietnam, Kamboja juga tampil cukup baik meski tidak lolos ke semifinal. Sa Ty dkk. mampu menahan imbang Malaysia 2-2 dan hanya kalah tipis 0-1 dari Singapura di fase grup.

"Di SEA Games ini saya rasa semua tim sangat siap. Kamboja juga lagi bagus-bagusnya, dulu bisa kita kalahkan 6-0 sampai 8-0, tapi sekarang agak sulit. Ini yang harus jadi perhatian PSSI. Tim di PSSI jangan fokus ke tim sendiri, tapi juga ke tim lawan," kata Firman Utina.

"Tapi saya rasa kita masih bisa berbicara di SEA Games, ditambah dukungan dari pemerintah serta PSSI yang baru ini, otomatis ingin menggapai yang bisa kita kenang dengan menjuarai SEA Games," ujarnya menambahkan.

Perjuangan Timnas Indonesia U-22 merebut emas SEA Games 2023 akan dimulai pada 29 April dengan menantang Filipina. Setelah itu Rizky Ridho dkk. bertemu Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste (7/5) dan Kamboja (10/5).

Timnas Indonesia U-22 Firman Utina SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan