Timnas Indonesia U-17 Disiapkan untuk Tembus Piala Dunia U-20 2025

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 November 2023
Timnas Indonesia U-17 Disiapkan untuk Tembus Piala Dunia U-20 2025
Starting XI Timnas Indonesia U-17 saat menghadapi Maroko U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11). (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah menyiapkan rencana untuk Timnas Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti. Nantinya, selepas ajang Piala Dunia U-17 2023, kerangka tim kemungkinan besar akan dipertahankan.

Erick menutukan, PSSI menyiapkan tim tersebut untuk tampil di Piala Dunia U-20 2025. Sejauh ini, FIFA belum menentukan tuan rumah untuk kejuaraan yang digelar setiap dua tahun sekali itu.

"Tadi sudah saya sampaikan, 'kan ada Piala Dunia U-20 tahun 2025 yang kita harus persiapkan dari sekarang," kata Erick Thohir kepada awak media termasuk BolaSkor di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-17 Sudah Berjuang Maksimal, Bima Sakti dan Iqbal Gwijangge Minta Maaf

Timnas Indonesia U-17 Diambang Tersingkir dari Piala Dunia U-17 2023

Erick Thohir menjelaskan, PSSI di era kepemimpinannya tidak hanya fokus untuk Timnas Senior. Erick akan memberikan fasilitas yang setara untuk seluruh kelompok tim nasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mencontohkan soal pertandingan uji coba internasional. Jika selama ini hanya Timnas Senior yang rutin bertanding saat FIFA Matchday, maka ke depan akan disiapkan hal serupa untuk Timnas U-20 dan Timnas U-16. Pun dengan Timnas Putri.

Aksi pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim, di pertandingan ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 kontra Maroko, Kamis (16/11). (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

"Karena biasanya di FIFA Matchday selalu kita fokus tim nasional senior," ujar Erick Thohir.

"Tapi kalau di negara lain (saat FIFA Matchday itu) tim putrinya tanding, tim juniornya tanding. Ini yang harus kita ubah, persiapan kita di PSSI," tutur mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) tersebut.

Adapun dalam debutnya di Piala Dunia U-17 pada tahun 2023 ini, Timnas Indonesia U-17 harus puas dengan raihan 2 kali imbang dan sekali kalah di babak grup. Nasib Garuda Muda di ajang itu pun kini sedang berada di ujung tanduk.

Timnas Indonesia U-17 masih punya kans untuk lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, untuk sementara ini tim asuhan Bima Sakti itu masih menghuni posisi empat klasemen peringkat 3 terbaik.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, sedang memberikan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

Di atas Timnas Indonesia U-17 ada Uzbekistan U-17 (4 poin), Iran U-17 (3 poin), Jepang U-17 (3 poin). Namun, Meksiko U-17 (1 poin) atau Korea Selatan U-17 (0 poin), bisa menggeser Indonesia jika menang dalam laga terakhir.

Bahkan Meksiko bisa menggeser Indonesia andai hanya meraih hasil imbang dan mencetak gol. Meksiko unggul produktivitas gol, setelah selisih gol setara dengan Indonesia (-2).

Meksiko akan menghadapi Selandia Baru U-17, sedangkan Korea Selatan menantang Burkina Faso. Kedua laga itu sama-sama digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/11). '

Laga Meksiko kontra Selandia Baru digelar terlebih dulu pada sore harinya, yang dilanjutkan oleh duel Korea Selatan melawan Burkina Faso pada pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia U-17 Timnas indonesia u-20 Piala Dunia U-17 Piala dunia u-20 Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan