Timnas Indonesia Asah Taktik untuk Kurung Pertahanan Brunei Darussalam

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 16 Oktober 2023
Timnas Indonesia Asah Taktik untuk Kurung Pertahanan Brunei Darussalam
Para pemain Timnas Indonesia sedang melakukan pemanasan sebelum latihan di Stadion Pahang dan Belapan, Kompleks Olahraga Bandar Seri Begawan, Minggu (15/10). (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia terus melakukan persiapan untuk menghadapi Brunei Darussalam pada leg kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu digelar di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10).

Dalam sesi latihan yang berlangsung di Stadion Pahang dan Belapan, Kompleks Olahraga Bandar Seri Begawan, Minggu (15/10) malam waktu setempat, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mulai memberikan latihan taktik.

Berdasarkan game plan yang disiapkan, juru taktik asal Korea Selatan itu terlihat ingin tim asuhannya kembali mengurung pertahanan Brunei dan mendapatkan kemenangan telak lagi seperti di pertemuan pertama. Pada leg kesatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10), Tim Merah-Putih menang telak 6-0 dengan catatan 85 persen penguasan bola dan melepaskan 26 tembakan, 12 di antaranya on target.

"Kami latihan sedikit taktikal untuk game plan lawan Brunei. Mereka sangat drop di (lini) belakang, di kotak penalti. Kita (akan) lihat bagaimana kita bisa penetrasi (ke pertahanan) mereka, bisa cetak gol, dan sedikit (latihan) finishing (penyelesaian akhir)," kata gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok.

Baca Juga:

Marselino Ferdinan Absen di Laga Kedua, Rafael Struick dan Edo Febriansyah Ada Kans Main

Unggul 6-0 di Pertemuan Pertama, Marc Klok Ingin Timnas Indonesia Menang Lagi atas Brunei

Soal kemungkinan diistirahatkan untuk rotasi, Klok mengaku tidak terlalu memikirkannya. Dengan modal kemenangan 6-0, perubahan komposisi pemain mungkin saja dilakukan Shin Tae-yong.

Saat pertandingan di Jakarta, Klok dipercaya turun sebagai starter. Namun, di awal babak kedua, Klok digantikan oleh Ricky Kambuaya.

"Kita lihat nanti, siapa yang dimainkan (sebagai starter), siapa yang tidak. Tapi saya selalu siap beroperasi seperti biasa dan kita datang ke sini untuk menang," tutur Klok.

Klok menjelaskan, main atau tidaknya dia bukan sesuatu yang perlu dipersoalkan. Bagi Klok, siapa pun yang bermain, harus bisa mendapatkan kemenangan.

"Yang terpenting adalah tim harus main bagus, kita harus menang, itu sangat penting, siapa pun yang main, siapa pun yang cetak gol, kita lihat nanti. Yang penting kita datang untuk kemenangan, untuk negara supaya chemistry lebih baik, FIFA ranking juga lebih baik," ujar pemain asal Persib Bandung itu.

Timnas Indonesia Brunei darussalam Marc Klok Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan