Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Imbang Tanpa Gol Lawan Vietnam

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 06 Januari 2023
Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Imbang Tanpa Gol Lawan Vietnam
Winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri ditekel pemain Vietnam, pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Leg satu semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1) sore WIB, berakhir sama kuat alias imbang tanpa gol antara Timnas Indonesia melawan Vietnam. Tuan rumah sedianya menciptakan cukup peluang untuk mencetak gol.

Penyelesaian akhir masih jadi pekerjaan rumah bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong, kendati demikian perjuangan belum berakhir karena masih ada leg dua semifinal yang akan dihelat di My Dinh National Stadium, Vietnam, pada Senin (9/1) pukul 19.30 WIB.

Jalannya Pertandingan

Shin Tae-yong menurunkan Dendy Sulistyawan sebagai penyerang tunggal di lini depan, didukung oleh pemain-pemain cepat dan lincah seperti Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan. Indonesia coba memanfaatkan status tuan rumah di leg pertama.

Kendati demikian tidak mudah merebut penguasaan bola dari pemain-pemain Vietnam. Alhasil tim besutan Park Hang-seo mendominasi permainan di bawah teriknya sinar matahari di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga:

PSSI Pastikan Pengamanan Timnas Vietnam di SUGBK Diperketat

Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam Ludes Terjual

Sekjen PSSI Menyayangkan Sikap La Grande Indonesia soal Boikot Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam

Vietnam mendominasi penguasaan bola, tetapi Indonesia bermain efisien dengan menciptakan banyak peluang berbahaya dan memanfaatkan celah di pertahanan Vietnam. Celah itu terbuka dari serangan balik atau umpan terobosan.

Indonesia punya cukup peluang mencetak gol tetapi peluang demi peluang yang datang tak dapat dikonversi jadi gol oleh Ferdinan, Sayuri, hingga Dendy. Kiper Vietnam, Dang Van Lam, juga tampil bagus menjaga gawang Vietnam.

Alhasil sampai paruh pertama berakhir dengan tambahan waktu dua menit, skor kacamata masih menghiasi laga leg satu semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam.

Jalannya pertandingan di babak kedua tak mengalami perubahan signifikan. Tidak ada pergantian pemain yang dilakukan di awal babak kedua. Indonesia coba meningkatkan intensitas permainan untuk mencetak gol.

Indonesia masih mengalami kesulitan yang sama seperti di babak pertama, yakni mengonversi peluang jadi gol. Pertahanan Vietnam sedianya tidak terlalu rapat tetapi penyelesaian akhir di garis pertahanan tim tamu masih jadi masalah untuk Indonesia.

Skor tanpa gol terus bertahan sampai laga berakhir. Shin Tae-yong melakukan empat pergantian pemain di 10 menit terakhir laga, termasuk tiga pergantian langsung di tambahan waktu. Mereka yang bermain adalah Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, dan Ilija Spasojevic.

Dengan skor tanpa gol tersebut Vietnam hanya butuh kemenangan 1-0 di leg dua untuk lolos ke final, sementara bagi Indonesia keunggulan satu gol (menang 1-0) atau imbang 1-1 bisa membawa mereka ke final.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata, Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Rachmat Irianto (Ricky Kambuaya 81'), Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Marselino Ferdinan (Saddil Ramdani 90+4'), Marc Klok, Yakob Sayuri (Witan Sulaeman 90+4'), Dendy Sulistyawan (Ilija Spasojevic 90+4')

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam: Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Vu Van Tanh (Ho Tan Tai 69'), Do Hung Dung (Nguyen Tuan Anh 75'), Phan Van Duc (Nguyen Van Toan 90'), Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh (Pham Tuan Hai 69')

Pelatih: Park Hang-seo

Breaking News Timnas Indonesia Piala AFF 2022 Timnas vietnam Vietnam
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.103

Bagikan