Terungkap, Zah Rahan Jadi Penyebab Firman Utina Tinggalkan Persija pada 2010

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 18 April 2023
Terungkap, Zah Rahan Jadi Penyebab Firman Utina Tinggalkan Persija pada 2010
Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, Firman Utina, saat ditemui di XXI Plaza Senayan, Jakarta. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, mengungkapkan sebuah fakta menarik tentang perjalanan kariernya saat masih aktif sebagai pesepakbola. Firman mengaku sebetulnya tidak ingin meninggalkan Persija Jakarta.

Firman Utina datang ke Persija pada pertengahan musim 2009/2010 dari Pelita Jaya. Namun, di akhir musim, Firman memilih untuk bergabung dengan Sriwijaya FC Palembang.

Saat menghadiri acara Diskusi Turun Minum bertajuk 'Refleksi 93 Tahun Perjalanan PSSI' yang diselenggarakan Koordinatoriat PSSI Pers di GBK Arena, Jakarta, Senin (17/4), Firman bercerita mengenai pengalamannya ketika 'dipaksa' meninggalkan Persija.

"Saya memulai karier profesional itu saat masih kelas 2 SMA, ketika itu Liga masih dibagi dalam dua wilayah, tahun 1999/2000. Saya masih di Persma Manado, waktu itu masih muda jadi belum diikat secara profesional," kata Firman Utina.

"Setelah lulus SMA, saya ke Persita tahun 2001 selama empat tahun sebelum ke Arema dua tahun lalu kembali lagi ke Persita. Setelah itu saya ke Pelita Jaya, lalu ke Persija. Setelah itu sebetulnya saya ingin menetap di Jakarta, tapi manajemen Persija ingin melihat dulu apa harus mempertahankan saya atau mendatangkan Zah Rahan."

Baca Juga:

Refleksi 93 Tahun PSSI: Dinamika Sepak Bola Indonesia dari Berbagai Zaman

Performa Persija di Liga 1 2022/2023 Mantapkan Keputusan Rizky Ridho

Persija Rekrut Akbar Arjunsyah dengan Kontrak Dua Tahun

"Saya tanya ke (manajemen) Persija, apa saya masih di sini, saya berharap banget sebetulnya (dipertahankan), tapi manajemen bilang nanti dulu. Kalau dapat Zah Rahan, Firman dilepas. Saya lebih memilih keluar," ungkap Firman Utina.

Selepas dari Persija, Firman Utina bergabung dengan Sriwijaya FC Palembang dan meraih gelar juara Liga Super Indonesia musim 2011/2012.

Dua tahun kemudian, Firman bergabung dengan Persib Bandung. Di Persib, pemain yang identik dengan nomor punggung 15 itu mendapatkan gelar Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Saat kompetisi tahun 2015 dihentikan akibat sanksi FIFA terhadap Indonesia (PSSI), Firman sempat istirahat sejenak dari sepak bola. Ia kemudian balik ke Sriwijaya FC pada 2016 sebelum memutuskan pensiun di Bhayangkara FC di akhir musim Liga 1 2017.

Persija jakarta Firman Utina Sriwijaya fc Persib Bandung Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan