Tenis Putri Indonesia Kembalikan Emas SEA Games ke Tanah Air setelah 18 Tahun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Mei 2023
Tenis Putri Indonesia Kembalikan Emas SEA Games ke Tanah Air setelah 18 Tahun
Tim Tenis Putri Indonesia (BolaSkor/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Setelah menunggu 18 tahun, Timnas Tenis Indonesia pada kategori beregu putri akhirnya kembali menyumbangkan medali emas SEA Games. Dalam partai final SEA Games 2023 yang berlangsung di Tennis Arena, National Morodok Stadium, Selasa (9/5), Indonesia mengalahkan Thailand 2-1.

Di nomor tunggal putri yang diwakili Aldila Sutjiadi melawan Anchisa Chanta, Aldila kalah dua set dengan kedudukan 6-7(6-8) dan 3-6.

Namun, pada partai kedua di nomor yang sama, tunggal putri, Priska Nugroho berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai menang atas Lanlana Tararudee dengan skor akhir 3-6, 6-3, dan 6-3.

Baca Juga:

CdM Sebut Timnas Voli Putra Indonesia Perkasa di Asia Tenggara Usai Hattrick Emas SEA Games

Timnas Esports Crossfire Sumbang Satu Medali Perak untuk Indonesia

Tim Indonesia Tambah Medali Perak dan Perunggu dari Senam

Di laga penentuan, Aldila Sutjiadi dan Jessy Rompies yang turun di nomor ganda putri mengalahkan Luksika Kumkum dan Peangtarn Plipuech dua set langsung 6-3 dan 7-5.

Medali emas dari cabor tenis nomor beregu putri terakhir kali diperoleh pada SEA Games 2005 di Manila, Filipina. Ketika itu Indonesia diperkuat para petenis terbaik, seperti Wynne Prakusya, Romana Tedjakusuma, Ayu Fani Damayanti, dan Septi Mende.

Setelah itu prestasi terbaik tenis putri beregu Indonesia adalah medali perak SEA Games 2011 dan 2021. Pada SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar, cabor tenis tidak dipertandingkan. Kemudian pada edisi 2017 dan 2019, nomor beregu tidak dipertandingkan.

"Senang banget sih ya, kita sudah lama banget beregu tim Indonesia enggak pernah dapat emas. Kali ini bisa dapat emas tuh rasanya bangga banget pastinya. (Medali emas ini) buat Indonesia," kata Jessy Rompies.

Sementara itu Aldila Sutjiadi menyebut bahwa keberhasilan Tim Tenis Putri Indonesia di SEA Games 2023 tidak terlepas dari doa dan dukungan orang-orang terdekat seperti para pendamping dan orangtua.

"Pastinya dukungan mereka sangat berharga untuk kami. Kami sangat senang sekali bisa mempersembahkan emas di beregu putri ini," ucap Aldila.

Laporan Langsung Rizqi Ariandi dari Kamboja

SEA GAMES SEA Games 2023 Tenis Aldila Sutjiadi Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan