Tekel dan Kartu Merah Granit Xhaka yang Memicu Perdebatan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 30 Agustus 2021
Tekel dan Kartu Merah Granit Xhaka yang Memicu Perdebatan
Kartu merah Granit Xhaka (Twitter)

BolaSkor.com - Nestapa Arsenal berlanjut di awal musim Premier League 2021-2022. The Gunners menderita tiga kekalahan beruntun melawan Brentford (0-2), Chelsea (0-2), dan teranyar melawan juara bertahan Manchester City (0-5).

Kebobolan sembilan gol tanpa mencetak gol, berujung dasar klasemen dan ini akan bertahan setidaknya sepekan ke depan karena jeda internasional bulan September. Sorotan pun mengarah kepada manajer Arsenal Mikel Arteta.

Seakan memperparah situasi Arteta di Arsenal, gelandang asal Swiss Granit Xhaka menerima kartu merah kontra City yang semakin menyulitkan Arsenal (yang sudah kesulitan kala berhadapan 11 vs 11 kontra City).

Xhaka dengan ceroboh melakukan tekel keras dan tinggi kala coba merebut bola dengan Joao Cancelo. Tidak ada pemain Arsenal yang menerima lebih banyak kartu dari Xhaka, dia jadi pemain Arsenal paling banyak menerima kartu merah di satu musim (dua kali) plus 58 kartu kuning.

Baca Juga:

Manchester City 5-0 Arsenal: Derita The Gunners Berlanjut

Arsenal Terperosok di Urutan Buncit, Posisi Mikel Arteta Masih Aman

Dibantai Manchester City, Arsenal Torehkan Lima Rekor Buruk

Tekel keras Granit Xhaka kepada Joao Cancelo

Arteta sampai kesal dengan ulah pemain berusia 28 tahun tersebut. "Saya marah karena konsekuensi dari kartu merah itu kepada tim," kesal Arteta.

Memicu Perdebatan

Mantan manajer Arsenal selama 22 tahun, Arsene Wenger sudah lama melihat Xhaka - yang direkrut dari Borussia Monchengladbach pada 2016 - memiliki kekurangan dari segi melakukan tekel.

"Caranya (Xhaka) melakukan tekel tidak terlalu meyakinkan. Dia tidak menguasai teknik tekel dengan baik," terang Wenger dikutip dari Mirror.

"Saya pikir dia secara alami bukan penekel yang hebat. Saya lebih suka mendorongnya untuk tidak melakukan tekel, untuk tetap berdiri dan itulah cara terbaik untuk menghadapinya."

"Tekel adalah teknik yang Anda pelajari di usia muda. Anda dapat meningkatkannya tetapi ketika Anda berhadapan langsung dengan seseorang pemain, lebih baik Anda tetap bertahan."

Sementara pandit sepak bola, Alan Shearer melihat kartu merah Xhaka itu sudah tak bisa ditolerir lagi, sebab ia sudah sering ceroboh seperti itu dan terus mengulanginya.

“Itu 11 kartu merah dalam kariernya sekarang. Anda tidak bisa memaafkan ini. Yang dia katakan kepada rekan satu timnya adalah 'Maaf teman-teman, saya tidak suka ini hari ini," imbuh Alan Shearer.

"Siapa yang dia coba buat terkesan, saya tidak tahu. Anda tidak bisa mengatasi (seperti itu). Kita semua tahu hukumnya, Anda tidak bisa masuk seperti itu. Dia menempatkan lawannya dalam bahaya. Dia di luar kendali. Ini adalah keputusan yang tepat. Itu kartu merah."

Breaking News Premier League Arsenal Granit Xhaka
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan