Tanggapan Sandy Walsh dan Jordi Amat setelah Komisi III DPR Setuju Keduanya Dinaturalisasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 Agustus 2022
Tanggapan Sandy Walsh dan Jordi Amat setelah Komisi III DPR Setuju Keduanya Dinaturalisasi
Jordi Amat dan Sandy Walsh bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (PSSI)

BolaSkor.com - Dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh, turut menghadiri Rapat Kerja (Raker) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PSSI, serta Komisi III DPR-RI di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (29/8). Raker itu membahas pemberian status kewarganegaraan Indonesia terhadap Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Namun, Jordi dan Sandy tidak hadir secara langsung karena sedang disibukkan agenda dengan klubnya masing-masing di kompetisi. Jordi bersama Johor Darul Ta'zim (JDT) dan Sandy Walsh dengan KV Mechelen (Belgia)

Keduanya mengikuti rapat secara virtual. Sebelumnya, hal ini sudah mendapat persetujuan dari DPR.

Dalam raker itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh diberi kesempatan berbicara. Keduanya pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dari PSSI serta pemerintah dan Komisi III DPR dalam proses perpindahan kewarganegaraan mereka menjadi WNI.

"Hari ini kami senang menghadiri rapat ini. Jadi terima kasih atas undangannya," kata Jordi Amat, Senin (29/8).

Baca Juga:

Sah, Komisi III DPR Menyetujui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Persebaya Tahan Marselino Ferdinan ke TC Timnas untuk Kualifikasi Piala Asia U-20

"Terima kasih buat semuanya akhirnya saya mendapatkan kesempatan ini. Saya senang dan bangga akan mewakili Indonesia. Saya juga senang melihat semuanya yang hadir hari ini," timpal Sandy Walsh.

Sebelumnya, pimpinan rapat sekaligus Ketua Komisi III DPR-RI, Bambang Wuryanto, bertanya kepada para anggota Komisi III terkait permohonan naturalisasi terhadap Jordi Amat dan Sandy Walsh.

“Kita telah mendengarkan bersama penjelasan mitra kita, kali ini kita tawarkan sekali lagi, apakah Komisi III DPR dapat menyetujui pemberian WNI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk selanjutnya melalui proses perundang-undangan, setuju?” kata Bambang Wuryanto di ruang rapat Komisi III DPR, Senin (29/8).

“Setuju !!!,” jawab seluruh anggota Komisi III DPR yang ditutup ‘ketuk palu’ pimpinan rapat, Bambang Wuryanto.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali berterima kasih kepada Komisi III DPR yang menyetujui naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

“Bapak ketua dan bapak ibu anggota Komisi III yang terhormat, terima kasih atas rapat kerjanya, atas persetujuannya. Secara khusus saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pak ketua yang memimpin raker ini. Ini keputusan bersejarah yang ditonton seluruh rakyat Indonesia terutama penggemar sepak bola,” kata Zainudin Amali.

“Bapak ketua memberikan dukungan kepada sepak bola Indonesia. Untuk Komisi III keseluruhan memberikan dukungan, saya kira dukungan bapak dan ibu adalah dukungan buat Timnas,” tutupnya.

Selanjutnya, proses naturalisasi dilanjutkan dengan penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan dikeluarkan Sekretariat Negara. Lalu baru pengambilan sumpah janji setia kewarganegaraan di Kemenkumham.

Timnas Indonesia Pssi Naturalisasi Sandy Walsh Jordi Amat Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.502

Bagikan