Taktik Arsenal pada Situasi Bola Mati Dinilai Curang

Arief HadiArief Hadi - Senin, 06 Mei 2024
Taktik Arsenal pada Situasi Bola Mati Dinilai Curang
Arsenal berbahaya pada situasi bola mati (Foto: X)

BolaSkor.com - Sejak musim lalu bertarung merebutkan titel Premier League, Arsenal terus berkembang di bawah arahan Mikel Arteta dan musim ini kembali bertarung di dalamnya. Salah satu yang berkembang dari Arsenal adalah situasi bola mati.

The Gunners sudah mencetak 22 gol (tidak termasuk penalti) dari situasi bola mati musim ini, terbaik di Premier League. Itu semua terjadi sejak Arsenal merekrut Nicolas Jover, spesialis situasi bola mati pada 2021.

"Itu dia lagi. Guru bola mati. Dia (Jover) sedikit mengganggu, pelatih bola mati itu, tapi dia sangat bagus," ucap pandit sepak bola, Gary Neville, saat Arsenal unggul 3-0 atas Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu dari situasi bola mati.

Baca Juga:

Arsenal Akan Permanenkan David Raya Sebelum Euro 2024

Tekuk Bournemouth, Arsenal Catatkan Rekor Kemenangan

Mau Dijual Arsenal, Gabriel Jesus Ngotot Bertahan

Kekuatan Arsenal itu memperbesar kans mereka memenangi titel liga yang terakhir diraih pada 2004. Namun, tidak semua terkesima dengan betapa hebatnya Arsenal memanfaatkan situasi bola mati, salah satunya datang dari pandit sepak bola lainnya, Graeme Souness.

"Saya telah mendengar banyak pembicaraan tentang 'kejeniusan' dari apa yang disebut sebagai 'guru' bola mati Arsenal, dan kerja luar biasa yang dia lakukan dalam upaya tim untuk meraih gelar," terang Souness kepada Dailymail.

"Yah, maafkan saya karena telah memecahkan gelembung di sini, tetapi di tengah semua kegembiraan tentang gol yang kebobolan Tottenham dari sepak pojok minggu lalu, sesuatu yang sangat penting entah bagaimana terlewatkan. Dua dari gol tersebut seharusnya tidak dihitung."

"Kita menyaksikan strategi diam-diam dan sangat disengaja dari Arsenal – dan Ben White khususnya – untuk menghalangi penjaga gawang dengan cara yang menghindari deteksi wasit."

Souness bahkan tidak ragu mengatakan Arsenal 'curang' dengan cara mereka melakukan situasi bola mati. Ia mengacu pada aturan pertandingan sepak bola.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Bolehkah saya menyarankan agar wasit membaca buku peraturan FA mereka sendiri untuk mengetahui definisi istilah tersebut?" tambah Souness.

"Hukum 12 menyatakan, secara hitam dan putih, bahwa obstruksi adalah 'Bergerak ke jalur lawan untuk menghalangi, memblokir, memperlambat atau memaksa perubahan arah ketika bola tidak berada dalam jarak permainan salah satu pemain'."

"Jenius bola mati? Sebut saja saya kuno, tapi yang kita lihat di sini adalah kecurangan. Pemblokiran yang dilakukan oleh pemain saat bola mati lebih sering terjadi dibandingkan sebelumnya, sehingga memberikan tantangan bagi wasit."

"Tapi Arsenal melakukan ini di setiap pertandingan dan selalu dilakukan oleh White, jadi aturan seharusnya sudah ditegakkan sejak lama."

"Arsenal telah menggunakan pola pelanggaran ini sejak pelatih bola mati, Nicolas Jover, bergabung dengan Mikel Arteta di Arsenal."

"Itu terjadi dua musim lalu. Jangan sampai saya mulai dengan fakta bahwa kami juga memiliki petugas VAR, yang duduk di bilik hangat mereka, dilengkapi dengan kapasitas kamera yang seharusnya selalu menyorot Arsenal," pungkas Souness.

Arsenal Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.328

Bagikan