Tak Perlu Diperdebatkan, Nikmati Performa Ronaldo dan Messi Selagi Bisa

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 08 Desember 2020
Tak Perlu Diperdebatkan, Nikmati Performa Ronaldo dan Messi Selagi Bisa
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Sepak bola dunia selalu memiliki cerita setiap musimnya. Di antara banyak cerita yang masuk atau lewat di pikiran fans ada satu hal yang tidak pernah berubah, setidaknya dalam 15 tahun terakhir. Apa itu?

Satu hal itu adalah perdebatan siapa yang terbaik di antara dua megabintang, dua 'alien', Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Bahkan di saat usia keduanya sudah berumur 35 tahun (Ronaldo) dan 33 tahun (Messi) perdebatan itu masih ada.

Membandingkan keduanya seperti halnya di masa lalu membahas antara Pele dengan mendiang Diego Maradona, atau di dunia tenis seperti Roger Federer dan Rafael Nadal. Artinya pembahasan itu tak lekang oleh waktu.

Selama 15 tahun terakhir kisah Ronaldo dan Messi memang menjadi perdebatan di kalangan kedua basis fans, khususnya ketika Ronaldo masih bermain untuk Real Madrid dan Messi masih bertahan menjadi one man club dengan Barcelona.

Lima Ballon d'Or untuk Ronaldo dan enam untuk Messi, lima titel Liga Champions untuk Ronaldo dan empat untuk Messi, serta kesuksesan lainnya dari segi raihan trofi domestik atau Eropa.

Baca Juga:

Messi Imitasi Gol dan Skill Maradona, Bukan Gaya Hidupnya

Lionel Messi Tidak Miliki Passion yang Sama seperti Diego Maradona

750 Gol dalam Karier Cristiano Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Pertemuan keduanya relatif berkurang sejak Ronaldo pergi dari Spanyol pada 2018 dan membela Juventus. Bak rival yang saling memotivasi satu sama lain dengan hasrat tak mau kalah, perpisahan keduanya menjadi titik performa mereka.

Ronaldo dan Messi masih tetap sukses meraih trofi domestik, tetapi performa mereka di Eropa tidak lagi sama seolah mereka tidak lagi termotivasi meningkatkan penampilan karena tak lagi bersaing di liga yang sama dan juga membela tim rival.

Sudah banyak cerita di dunia mengenai rivalitas dua figur top yang bahasannya tidak berakhir. Dalam dunia fiktif (film) seperti misalnya Rocky Balboa vs Apollo Creed, Maverick vs Iceman, lalu di dunia olahraga dunia F1 ada Aryton Senna vs Alain Prost.

Semuanya saling menjatuhkan satu sama lain tapi tetap saling respek dan secara tak langsung memotivasi karena rasa tak mau kalah satu sama lain. Ronaldo dan Messi mempertegasnya.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

"Saya yakin bahwa persaingan antara kami akan memotivasi dia," tutur Ronaldo pada 2015 silam soal persaingannya dengan Messi.

"Ini baik untuk saya karena dia dan pemain lain sangat tertarik untuk berkembang. Messi punya empat trofi Ballon d'Or, saya punya tiga. Ini semua baik untuk dunia sepak bola."

Dua tahum silam Messi menuturkan hal yang sama mengenai Ronaldo. "Ada rasa saling menghormati. Saya melihat dia sebagai pemain hebat yang telah mencapai hal-hal besar," imbuh Messi.

Bersaing tapi tidak saling bermusuhan apalagi 'menghalalkan' segala cara untuk saling menjatuhkan. Persaingan Ronaldo dan Messi berlandaskan rasa respek, hal yang dapat menjadi panutan bagi para pesepak bola muda.

"Kami tidak memiliki hubungan di luar lapangan karena kami tidak saling mengenal, tapi setiap kali saya bertemu dengannya (Messi memberi nilai) 10 dari 10," imbuh Messi pada pertengahan 2020.

Nikmati Performa Ronaldo dan Messi Selagi Bisa

Musim ini di Liga Champions reuni Ronaldo dan Messi sudah dibahas semenjak hasil undian grup muncul. Juventus dan Barcelona ada di grup G, namun sayang di pertemuan pertama di Turin kala Juventus kalah Ronaldo absen bermain karena virus corona.

Masih ada kesempatan kedua. Pertemuan keduanya tak terhindarkan kala bermain di Camp Nou pada bentrok kedua tim di laga pamungkas. Ronaldo sudah dapat bermain dan Messi dipastikan bermain oleh Ronald Koeman.

Pertarungan kedua tim tak ubahnya formalitas karena sudah lolos ke-16 besar, namun gengsi dua klub besar Eropa beserta hasrat Barca menjaga rekor kandang dan Juventus yang ingin mengakhiri tren minor tetap ada.

Ronaldo dan Messi akan bertemu kembali sejak 2018. Menarik untuk dinanti apakah hasrat keduanya akan tetap sama atau tiba-tiba tampil mencapai batas kemampuan karena rivalitas mereka.

Duel Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo (BolaSkor.com / Aji Wandi)

Fans Ronaldo dan Messi sudah menghiasi media sosial dengan dukungan mereka, saling lempar ejekan mengenai GOAT alias Pemain Terbaik Dunia, membahas kekurangan dan kelemahan masing-masing pemain dan banyak lagi pembahasan yang tak pernah berakhir.

Akan tapi mengapa tak menyederhanakan segalanya? Simpel saja nikmati performa keduanya selagi bisa. Ingat, usia keduanya sudah berumur 35 dan 33 tahun.

Sepak bola sudah dihibur dengan persaingan keduanya dalam 15 tahun terakhir, jadi mengapa tidak mengambil popcorn kalian dan duduk santai di depan televisi menikmati permainan dua superstar dunia?

Komentar Ronald Koeman dan Andrea Pirlo di bawah ini sudah cukup menggambarkan bagaimana fans kedua figur - baiknya - menikmati permainan Ronaldo-Messi saat ini.

"Ronaldo masih termasuk di antara pemain elit, untuk cara dia bermain dan untuk gol yang dia cetak. Kami harus bertahan dengan baik karena dia bisa menyakiti kami, dia selalu menginginkan bola di kakinya, jika kami mempertahankannya, dia tidak bisa membuat masalah," tutur Koeman.

"Leo dan dia adalah pemain terbaik dalam 15 tahun terakhir tetapi mereka berbeda. Ini bukan tentang siapa yang terbaik, kita akan bersenang-senang besok."

Andrea Pirlo membalasnya dalam sesi konferensi pers.

"Koeman benar untuk mengatakan bahwa tidak adil untuk mengatakan siapa yang lebih baik," imbuh Pirlo. "Mereka telah menunjukkan kualitasnya dan telah melakukannya selama 15 tahun terakhir."

"Mereka telah berbagi Ballon d'Or selama 15 tahun terakhir. Sayang sekali untuk mengatakan jika yang satu lebih baik dari yang lain. Merkea adalah fenomena yang membuat jutaan penggemar bersuka cita setiap kali mereka turun bermain ke lapangan."

"Tidak adil untuk mengatakan siapa yang lebih baik. Kami harus berterima kasih kepada mereka karena mereka bagus untuk sepak bola."

Terima kasih untuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi karena menghibur penggemar sepak bola dunia selama 15 tahun terakhir. Persaingan keduanya akan jadi contoh ideal bagi pemain-pemain lainnya.

Karier mereka belum 'tutup buku' dan fans masih punya potensi melihat keduanya bersaing kembali di satu lapangan pertandingan (entah kapan). Setidaknya untuk saat ini ... nikmati saja permainan keduanya.

Breaking News Sosok Bartra sebut puyol sosok pemimpin besar barcelona Cristiano Ronaldo Lionel Messi Juventus Barcelona FC Barcelona Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan