Suporter Persebaya Bonek Ikut Bersuara soal Kick Off Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 05 Agustus 2021
Suporter Persebaya Bonek Ikut Bersuara soal Kick Off Liga 1
Bonek saat mendukung Persebaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - PSSI telah melakukan konsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri. Hasilnya, federasi bakal menggelar kompetisi 2021/2022 di tengah pandemi COVID-19 pada 20 Agustus mendatang.

Keputusan PSSI sudah disepakati oleh klub Liga 1 dalam pertemuan manajer secara virtual, Rabu (4/8). Sementara itu, pendukung fanatik Persebaya Surabaya, Bonek juga menyambut antusias

Seperti diketahui, kompetisi di Indonesia sudah cukup lama terhenti. Terakhir kali digulirkan pada Maret 2020 lalu yang lantas dihentikan lantaran meningkatnya kasus positif COVID-19 di tanah air. Saat itu, kompetisi baru memainkan tiga pertandingan.

Menurut Devara Noumanto, koordinator Bonek Tribun Kidul, kabar ini patut direspons dengan baik oleh klub-klub dan suporter seluruh Indonesia. Kendati demikian, dia berharap adanya keseriusan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk bisa kembali menggulirkan kompetisi pada akhir Agustus 2021 mendatang.

"Kami berharap semoga tidak prank," tuturnya kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

PT LIB Umumkan Sponsor Liga 1 2021/2022 pada 12 Agustus

Kick Off Liga 1 20 Agustus, Pelatih Persib Singgung PPKM

Sayangnya, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Satgas COVID-19 dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) terkait kompetisi. Hal ini menjadi perhatian serius lantaran belum adanya dokumen izin Liga 1 yang resmi dari pihak-pihak terkait.

Hal senada disampaikan koordinator Bonek Gate Jhoner 21, Erik Wicaksana yang berharap segera dipublikasikan rekomendasi baik dari polisi, BNPB, Satgas COVID-19 yang juga direstui oleh kemenpora. Hal ini untuk mengatur tugas, tanggung jawab, prokes, sanksi selama kompetisi nanti.

"Melihat pengalaman kemarin-kemarin, bahwa PSSI kerap membuat keputusan yang sesudahnya dianulir. Saya pribadi berharap 20 Agustus itu benar-benar kick off kompetisi. Meski jadwal dan venue kompetisi belum ditentukan sampai hari ini," tegasnya.

"Yang pasti kami menyambut gembira. Kompetisi akan bergulir meski tanpa penonton. Karena kami yakin itu memang keputusan yang tepat di tengah pandemi yang masih belum usai ini," pungkas Erik.

Lebih lanjut, Sinyo, sapaan Devara Noumanto, mengatakan dengan bergulirnya kompetisi tersebut diharapkan dapat menjadi hiburan untuk masyarakat di tengah hantaman pandemi virus korona. Dia juga tidak mempermasalahkan jika nantinya kompetisi tidak dapat dihadiri langsung oleh suporter. Meski begitu, dia berharap agar kampanye dukung tim kebanggaan dengan tidak hadir langsung ke stadion tak hanya melibatkan suporter saja, namun juga klub, PSSI dan PT LIB hingga instansi terkait.

Seperti diketahui, PSSI melalui PT LIB bakal menerapkan format bubble to bubble dalam enam seri. Federasi juga menyebutkan bahwa Series 1 akan digelar di zona hijau. Demikian juga untuk series-series selanjutnya. Tentunya kompetisi sementara akan tanpa dihadiri penonton.

"Kalau benar-benar terjadi, suporter seluruh Indonesia wajib mendukung kebijakan LIB. Dan harus bekerjasama (dengan) semua instansi terkait. Memaksimalkan media sosial yang ada untuk memberikan edukasi. Terutama dukung dari rumah. Demi kesuksesan dan kenyamanan bersama," tandas Sinyo. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Bonek Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan